Syarat Tumbuh Tanaman Akar Wangi

Diposting pada

Tanaman Akar Wangi atau Narwastu (nama latin: Chrysopogon zizanioides)  merupakan sebuah rumput yang berasal dari india.  Tanaman ini dapat tumbuh sepanjang tahun, dan tumbuhan ini digunakan sebagai wangi wangian.

Syarat Tumbuh Tanaman Akar Wangi
Syarat Tumbuh Tanaman Akar Wangi

Tanaman Akar Wangi merupakan tanaman yang termasuk dalam family Poaceae , yang dimana tanaman akar wangi masih memiliki kekerabatan dengan tanaman serai dan juga dengan  tanaman padi.

Tanaman Akar Wangi dapat menghasilkan minyak astiri,  dimana didalamnya terdapat  sebuah kandungan Metabolit.  Minyak Astiri ini digunakan untuk membuat parfum dan juga untuk membuat kosmetik.

Selain digunakan untuk membuat parfum dan juga kosmetik, tanaman akar wangi dapat digunakan untuk mengobati kolestrol, mengobati depresi dan juga mengatasi kram saat menstruasi.

Syarat Tumbuh Tanaman Akar Wangi

Tanaman akar wangi merupakan tanaman yang bisa ditanam di pekarangan rumah, dan tanaman ini bisa hidup di daerah  dataran tinggi maupun daerah dataran rendah.

Berikut ini adalah Syarat Tumbuh Tanaman Akar Wangi yang harus anda perhatikan jika ingin menanam tanaman Akar Wangi, sehingga bisa anda manfaatkannya untuk penyembuhan penyakit:

1. Suhu

Tanaman Akar Wangi sangat membutuhkan suhu untuk pertumbuhannya. Suhu yang cocok bagi pertumbuhan tanaman akar wangi adalah 17-27 derajat celcius, dan suhu yang di perlukan bagi pertumbuhan tanaman akar wangi tidak boleh kurang ataupun lebih.

Anda juga perlu mengontrol tanaman akar wangi yang anda tanam,  agar suhu yang di dapat oleh tanaman akar wangi bisa tepat. Dengan anda rutin mengontrol, tanaman akar wangi dapat tumbuh dengan optimal.

2. Ketinggian Tempat

Ketinggian tempat yang cocok untuk tanaman akar wangi bisa tumbuh adalah 300- 2.000 mdpl (meter di bawah permukaan laut) , sedangkan untuk reproduksinya, tanaman akar wangi bisa bereproduksi di ketinggian 600-1.500 mdpl.

Baik di daerah dataran tinggi ataupun dataran rendah, tanaman akar wangi bisa tumbuh dengan baik tergantung pemeliharaannya, dan tanaman akar wangi ini dapat di tanam di kebun atau pekarangan rumah anda.

3. Iklim

Iklim di Indonesia sangat cocok bagi pertumbuhan tanaman akar wangi.  Dengan curah hujan 1.500 -2.000 mm/ tahun atau curah hujan yang merata, maka tanaman akar wangi akan tumbuh .

Sinar matahari secara langsung juga baik bagi pertumbuhan tanaman akar wangi. Dengan dikenai sinar matahari seccara langsung pada saat pagi hari, tanaman akar wangi bisa tumbuh dengan baik.

4. Media Tanam

Tanaman Akar Wangi cocok menggunakan jenis tanah berpasir (antosol) atau jenis tanah abu vulkanik.  Tanaman Akar Wangi dapat di tanam dengan di tanah  liat dengan tanah yang banyak mengandung air, namun hasilnya tidak akan sebaik saat di tanam dengan tanah jenis berpasir (antosol) atau abu vulkanik .

Dengan menggunakan jenis tanah berpasir (antosol) atau abu vulkanik, tanaman akar wangi akan tumbuh dengan lebat, serta akarnya akan mudah untuk di cabut.

Keasaman tanah untuk tanaman akar wangi juga sangat membantu pertumbuhan tanaman akar. Dengan pH sekitar 6-7 atau  tingkat keasamannya netral, pertumbuhan tanaman akar wangi akan menjadi baik.

Namun, jika tingkat keasaman pada tanah (pH) di bawah 5,5, tanaman akar wangi nantinya  tidak akan tumbuh dengan baik, dan hal tersebut akan membuat tanaman akar wangi menjadi kerdil.

Demikian informasi yang mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Akar Wangi. Semoga informasi ini bisa berguna dan juga bermanfaat bagi anda semuanya.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Akar Wangi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *