Syarat Tumbuh Tanaman Brokoli

Diposting pada

Tanaman Brokoli (nama latin : Brassica oleracea)  merupakan tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis kubisan atau Brassiscacaeae, dan tanaman brokoli satu famili dengan tanaman kembang kol.

Syarat Tumbuh Tanaman Brokoli
Syarat Tumbuh Tanaman Brokoli

Tanaman brokoli berasal dari daerah Laut Tengah, dan mulai di budidayakan saat zaman Yunani kuno.  Di Indonesia sendiri tanaman brokoli mulai di kenal sejak tahun 1970, dan tanaman brokoli  digunakan sebagai bahan pangan.

Tanaman Brokoli memilik banyak kandungan,  yakni kandungan serat, kandungan vitamin A, kandungan vitamin C.

Kandungan kandungan tersebut  sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah, untuk menjaga kesehatan mata , untuk merawat kesehatan kulit, dan juga untuk mencegah radikal bebas.

Tanaman Brokoli juga memiliki kandungan nutrisi di dalamnya, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil, dan juga bermanfaat bagi  balita.

Syarat Tumbuh Tanaman Brokoli

Tanaman Brokoli yang kaya manfaat bagi kesehatan anda,  sangat mudah untuk anda tanam di rumah anda.

Berikut ini adalah Syarat Tumbuh Tanaman Brokoli yang harus anda ketahui :

1. Ketinggian Tempat

Ketinggian tempat merupakan hal yang terpenting bagi pertumbuhan tanaman brokoli.

Tanaman Brokoli sangat baik jika di  tanam di ketinggian 1.000-2.000 mdpl (daerah dataran tinggi).

Jika tanaman brokoli di tanam di bawah 1.000 mdpl, atau daerah dataran rendah, maka tanaman brokoli akan terhambat pertumbuhannya, karena tanaman brokoli memiliki sifat  lebih menyukai daerah sejuk.

2. Suhu

Karena di haruskan di ketinggian 1.000 mdpl, maka suhu yang di butuhkan tanaman brokoli juga harus sejuk, yakni sekitar 18 derajat celcius- 20 derajat celcius.

Dengan suhu yang sejuk, maka tanaman brokoli akan tumbuh dengan baik.

Jika anda menanam brokoli pada suhu di bawah 20 derajat, maka tanaman brokoli akan terhambat pertumbuhannya.

3. Iklim

Ilkim tropis di Indonesia sangat baik bagi pertumbuhan tanaman brokoli,  dan dibutuhkan curah hujan sekitar 1.000- 1.500 mm/tahun.

Dengan curah hujan  sekitar 1.000- 1500 mm/ tahun,  tanaman brokoli akan sangat baik pertumbuhannya.

Walaupun bisa hidup di daerah tropis seperti di Indonesia, tanaman brokoli hanya butuh sedikit sinar matahari.

Hal ini disebabkan karena tanaman brokoli tidak terlalu toleran dengan sinar matahari, dan dibutuhkan daerah yang sejuk bagi pertumbuhannya.

4. Kelembaban Udara

Kelembaban udara juga hal terpenting dalam pertumbuhan tanaman brokoli. Kelembaban  yang diperlukan bagi pertumbuhan tanaman brokoli adalah 60-70%,  sehingga tanaman brokoli akan terhindar dari bakteri dan juga virus, dan tanaman brokoli menjadi tumbuh dengan baik.

Jika kelembaban udaranya kurang atau lebih dari 60-70%, tanaman brokoli akan terkena virus, dan virus tersebut akan membuat penyakit bagi tanaman brokoli sehingga membuat tanaman brokoli tidak bisa tumbuh dengan baik.

5. Media Tanam

Jenis tanah yang di butuhkan bagi pertumbuhan tanaman brokoli adalah jenis tanah liat berpasir dan juga tanah yang mengandung bahan organik.

Tanah yang gembur humus, dan juga porus juga sangat baik bagi pertumbuhan tanaman brokoli.

Keasaman tanah (pH) yang dibutuhkan bagi pertumbuhan tanaman brokoli adalah pH 6-7 atau netral.

Jika tingkat keasamannya (pH)  kurang atau lebih dari 6-7 , maka akan merusak kandungan yang ada di dalam tanaman brokoli.

Itulah informasi mengenai  Syarat Tumbuh Tanaman Brokoli. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan berguna bagi anda sekalian.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Brokoli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.