Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Akar Wangi

Diposting pada

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Akar Wangi – Tanaman akar wangi atau nama ilmiahnya adalah  Chrysopogon zizanoides, merupakan tanaman yang hampir mirip dengan tanaman rumput liar, namun yang membedakan adalah tanaman ini memiliki kandungan minya yang sangat berguna.

Banyak sekali beberapa industri yang memanfaatkan kandungan minyak  yang ada di tanaman akar wangi ini.

Seperti beberapa pengusaha yang memanfaatkan minyak dari tanaman ini untuk mengikat bau wangi pada parfum yang mereka produksi dan di jual di pasaran.

Juga minyak ini sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia dengan cara di buat sebagai obat luar anti reumatik.

Namun di luar hal tersebut ada yang lebih penting untuk kalian pahami sebelum menggunakan tanaman ini sebagai salah satu bahan produksi utama di produk-produk yang akan kalian jual di pasaran. Yakni dengan mengenal klasifikasi serta morfologi dari tanaman ini.

Jadi, apa saja sih klasifikasi serta morfologi dari tanaman akar wangi yang banyak kata orang bahwa tanaman ini sangat berguna bagi kehidupan?

KLASIFIKASI TANAMAN AKAR WANGI

Beberapa informasi yang di dapat, bahwa ada beberapa klasifikasi dari tanaman akar wangi ini, diantaranya adalah:

  • Regnum: Plantae
  • Divisio: Spermatophyta
  • Sub divisio: Monocotyledone
  • Ordo: Graminales
  • Family: Graminae
  • Genus: Vetiveria
  • Species: vetiveria zizaniode

MORFOLOGI TANAMAN AKAR WANGI

Untuk morfologinya sendiri, ada beberapa hal, diantaranya adalah:

1. Morfologi daun

Tanaman akar wangi, merupakan tanaman yang memiliki bentuk daun yang unik, serta mudah untuk diinisialisasi bahwa daun tersebut merupakan daun milik tanaman akar wangi.

Yakni ciri khas daun yang sangat sempit, serta ujung daun yang berbentuk runcing tersebut.

Hal ini juga menjadi pemicu beberapa ilmuwan, bahwa akar wangi ini memiliki daun yang hampir mirip dengan jarum yang begitu runcing, kaku, dan lebar yang sangat sempit.

Untuk bagian-bagiannya sendiri, tanaman akar wangi memiliki bagian yang spesial dalam daunnya.

Yakni bagian bawah daun tanaman yang mempunyai permukaan yang sangat licin. Tanaman akar wangi memiliki warna yang sama dengan tanaman yang lainnya. Hal ini juga sama warnanya ketika mereka akan siap untuk di panen oleh pemiliknya.

2. Morfologi akar

Akar merupakan poin penting untuk setiap tanaman yang ada di dunia ini untuk tetap tumbuh dan kuat dalam menghadapi segala hama ataupun lainnya yang membuat nasib mereka terancam. Begitu juga dengan tanaman akar wangi.

Dimana mereka memiliki jenis akar serabut yang tidak beraturan. Itu tandanya, mereka memiliki penyebaran akar yang kuat, sehingga mereka bisa bertahan dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Seperti erosi, serta lainnya.

Karena akar dari tanaman ini tumbuh serabut dan banyak, maka hal ini pun berimbas pada penyimpanan air yang banyak pula.

Secara tidak langsung mereka akan menyimpan air sebagai makanan mereka agar bisa tumbuh lebih optimal.

3. Morfologi batang

Seperti tanaman lainnya, tanaman akar wangi juga memiliki ciri khas batang jika mereka masih dalam usia muda. Yakni warna putih serta mempunyai banyak ruas di berbagai bagian yang ada di batang tersebut.

Selain itu, tanaman ini juga memiliki tinggi batang sekitar hampir 2 meter. Ini berarti mereka akan terus bertambah tinggi jika kalian terus merawat tanaman ini dengan baik, khususnya dalam pemberian nutrisi setiap harinya, seperti pupuk, air, dan sejenisnya.

4. Morfologi bunga

Bunga pada sebuah tanaman, standarnya memiliki keunikannya tersendiri, entah dari bentuk, warna, dan sebagainya. Seperti tanaman bunga mawar misalnya, dimana mereka memiliki bentuk yang sangat khas, serta warna yang memang merepresentasikan mereka.

Yakni warna merah merekah, serta harum bau bunga yang menyengat. Begitu juga dengan tanaman akar wangi. Mereka juga memiliki keunikan tersendiri pada aspek bunganya. Warna dari bunga tanaman akar wangi ini ada dua macam.

Yakni warna hijau serta ungu. Untuk bentuk dari bunga tanaman akar wangi, hampir mirip dengan tanaman daun telinga.

Dari beberapa tangkai bunganya, beberapa ilmuwan mengatakan bahwa tangkai bunga yang dimiliki tanaman akar wangi, seperti bentuk benang.

LAINNYA

Tanaman akar wangi, merupakan tanaman yang memiliki banyak sekali kandungan bahan kimia, dimana hal tersebut dimanfaatkan oleh beberapa pengusaha dalam berbagai aspek yang mereka geluti.

Sekitar hampir 100 jenis senyawa yang terkandung dalam tanaman tersebut. Dan hal itulah yang menjadi alasan mengapa tanaman ini sering dijadikan bahan utama dalam pembuatan sebuah produk, seperti parfum, kosmetik, dan sejenisnya.

Pasalnya, senyawa-senyawa yang ada di tanaman akar wangi, dapat mengikat wangi yang dicampurkan bersamaan dengan kuat. Jadi jangan heran jika kalian menggunakan parfum, wanginya bisa tahan lama sampai lebih dari 3 sampai 5 jam.

Dalam beberapa aspek lain seperti kesehatan misalnya, mereka juga sering di produksi sebagai obat luar untuk meredakan nyeri akibat reumatik, dan sebagainya. Sekian pembahasan kali ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *