Syarat Tumbuh Tanaman Kailan

Diposting pada

Tanaman Kailan (nama latin: nama latin : Brassica oleracea) merupakan tanaman yang berasal dari China dengan nama jielan, dan tanaman ini satu famili dengan tanaman brokoli dan juga tanaman kembang kol.

Syarat Tumbuh Tanaman Kailan
Syarat Tumbuh Tanaman Kailan

Oleh masyarakat China, tanaman kailan dapat dimasak dengan cara di rebus ataupun di tumis , dan batangnya pun bisa di makan, tetapi batangnya di potong kecil kecil terlebih dahulu sebelum di masak.

Selain sebagai sayuran yang di konsumsi, tanaman kailan juga berguna kesehatan  bagi tubuh anda.

Tanaman kailan terdapat kandungan, diantaranya adalah vitamin A  yang berguna untuk kesehatan mata, sedangkan kandungan vitamin C pada tanaman kailan sangat berguna untuk kesehatan kulit.

Syarat Tumbuh Tanaman Kailan

Tanaman Kailan merupakan tanaman yang mudah di tanam di rumah anda, dan anda bisa memanfaatkan tanaman kailan untuk di masak atau bisa digunakan untuk penyembuhan penyakit.

Berikut adalah hal yang harus anda perhatikan, mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Kailan, agar tanaman tumbuh dengan baik dan optimal :

1. Suhu

Tanaman Kailan memerlukan suhu sekitar 23-35 derajat celcius agar bisa tumbuh.

Baik di suhu panas ataupun dingin, tanaman kailan bisa tumbuh dengan baik, dan hal tersebut membuat tanaman kailan disebut dengan tanaman yang adaptif terhadap berbagai suhu udara.

Karena tanaman kailan yang adaptif dengan berbagai suhu udara, anda dapat menanam tanaman kailan di rumah anda, namun anda harus tetap memperthatikan perkembangan dari tanaman kailan yang anda tanam.

2. Ketinggian Tempat

Ketinggian tempat merupakan hal yang diperlukan bagi pertumbuhan tanaman kailan.

Ketinggian tempat yang diperlukan bagi tanaman kailan adalah sekitar 500-2.000 mdpl (meter dibawah permukaan laut).

Baik di daerah dataran rendah maupun daerah dataran tinggi, tanaman kailan dapat tumbuh dengan baik.

Dan karena sifatnya yang adaptif, tanaman kailan bisa anda tanam sendiri, dan anda bisa tidak perlu repot repot untuk membeli di penjual sayur.

3. Iklim

Tanaman Kailan dapat ditanam di iklim tropis seperti Indonesia, tetapi walaupun dapat tumbuh di daerah tropis, tanaman kailan hanya membutuhkan sedikit sinar matahari agar bisa tumbuh dengan baik, dan anda harus menyimpannya di tempat yang agak sejuk.

Selain itu, tanaman kailan juga memerlukan curah hujan sekitar 1.000-1.500 mm/ tahun, agar tanaman kailan memiliki kesediaan air dalam tanah.

Namun, curah hujan yang tinggi justru  membuat tanaman kailan pertumbuhannya menjadi terhambat, dan bahkan menjadi rusak.

4. Kelembaban Udara

Kelembaban udara merupakan salah satu hal yang diperlukan bagi pertumbuhan tanaman kailan.

Kelembaban udara yang dibutuhkan bagi pertumbuhan tanaman kailan adalah 80-90% (kelembaban udara tinggi).

Jika kelembaban udaranya kurang  80-90 % dari, maka tanaman akan terkena bakteri, dan tentunya akan mengganggu pertumbuhan dari tanaman kailan.

5. Media Tanam

Tanaman Kailan dapat di tanam dalam berbagai jenis tanah, namun tanaman kailan akan tumbuh dengan baik jika ditanam dengan tanah jenis tanah berlempung pasir, dengan keadaan  tanah yang gembur.

Semantara itu, keasaman tanah (pH) yang dibutuhkan bagi tanaman kailan adalah 5,5 – 6,5. Dengan pH yang sedikit asam, tanaman kailan akan tumbuh dengan baik.

Sedangkan jika keasamannya kurang atau lebih dari 5,5-6,5, maka tanaman kailan tidak akan tumbuh dengan baik, dan kandungan yang ada di dalam tanaman akan hilang.

Demikian informasi mengenai syarat tumbuh tanaman kailan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan berguna bagi anda sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *