Pengertian, Syarat, Tujuan dan Contoh Taman Hutan Raya

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Pengertian, Tujuan dan Contoh Taman Hutan Raya? Dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 disebutkan bahwa Taman Hutan Raya merupakan bagian dari hutan konservasi yang ada di Indonesia layaknya cagar alam, taman nasional dan lainnya.

Pengertian, Syarat, Tujuan dan Contoh Taman Hutan Raya
Pengertian, Syarat, Tujuan dan Contoh Taman Hutan Raya

Hal ini berarti dalam pengelolaannya, Taman Hutan Raya sendiri dikelola langsung oleh Pemerintah Indonesia khususnya dibawah naungan Kementerian Kehutanan yang mana berupaya untuk melindungi berbagai keanekaragaman hayati yang terdapat di dalamnya termasuk habitat dan ekosistemnya.

Pengertian Taman Hutan Raya

Taman hutan raya adalah sebuah kawasan pelestarian atau kawasan hutan alam yang didalamnya terdapat banyak sekali berbagai jenis tumbuhan dan hewan baik yang tumbuh dan hidup secara alami maupun bukan alami, baik yang berjenis asli maupun tidak, yang mana kawasan tersebut dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan.

Kepentingan umum yang biasa dimanfaatkan dari adanya taman hutan raya ini biasanya digunakan untuk sarana pendidikan dan penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan, dan juga melindung flora dan fauna yang ada di Indonesia.

Selain sebagai kawasan budidaya flora dan fauna, kawasan taman hutan raya sendiri juga dimanfaatkan sebagai fasilitas pariwisata dan rekreasi.

Syarat Taman Hutan Raya

Dalam prosesnya, sebuah kawasan dapat dijadikan sebagai taman hutan raya haruslah memiliki beberapa kriteria tertentu, diantaranya:

1. Memiliki ciri khas tertentu

Salah satu ciri utama sebuah kawasan untuk dapat menjadi taman hutan raya adalah dengan memiliki ciri tersendiri.

Ciri khas yang dimiliki kawasan ini bisa karena buatan atau memang kawasan tersebut memiliki ciri khas asli secara alami yang tidak dimiliki kawasan lain.

Keunikan-keunikan ini bisa berada pada suatu ekosistem yang masih utuh dan alami atau bisa juga dari ekosistem yang sudah berubah atau ekosistem buatan.

2. Memiliki keindahan alam

Kriteria lain untuk dapat menjadikan sebuah kawasan menjadi taman hutan raya adalah dengan memiliki keindahan alam sendiri.

Misalnya saja kawasan tersebut memiliki sumber air panas tersendiri, atau memiliki mata air sendiri yang sulit ditemukan di kawasan lainnya dan keindahan alam lainnya.

3. Memiliki ukuran yang luas

Taman hutan raya akan dimanfaatkan sebagai habitat dan ekosistem oleh para fauna dan flora yang akan hidup didalamnya.

Sehingga kawasan tersebut haruslah merupakan kawasan yang sangat luas, yang dapat menampung berbagai macam tumbuhan dan ekosistem lainnya agar mahluk hidup tersebut dapat hidup dengan baik di habitat tersebut.

Tujuan Taman Hutan Raya

Pembentukan taman hutan raya sendiri tentulah bukan tanpa tujuan.

Di Indonesia, selain memang membantu melindungi habitat para flora dan fauna agar bisa hidup di lingkungan yang baik, pemerintah sengaja membentuk taman hutan raya juga agar dapat menunjang berbagai program-program pemerintah dan sebagai sarana rekreasi dan pariwisata.

Beberapa tujuan dari dibentuknya taman hutan raya antara lain:

1. Menjamin kelestarian hutan dan ekosistemnya

Taman hutan raya yang difungsikan sebagai kawasan konservasi sebagaimana diatur dalam undang-undang, menjadikan tujuan utama dibentuknya adalah untuk dijaga kelestariannya dan ekosistem yang terbentuk di dalamnya.

Tujuan ini seolah-olah menjadi tujuan utama dibentuknya taman hutan raya.

Berbagai jenis flora dan fauna di dalamnya harus dilindungi dan dijaga dengan baik agar kelestariannya tetap terjaga, tidak punah dan pastinya dapat terhindar dari berbagai macam perburuan liar.

2. Terbinanya koleksi flora dan fauna

Dengan dibentuknya taman hutan raya, artinya koleksi dari berbagai jenis flora dan fauna juga akan dapat dipantau dan diperbanyak.

Sehingga kelestariannya pun akan tetap terjadi, terlebih Indonesia sendiri merupakan salah satu Negara yang kaya akan biodiversitasnya.

3. Menunjang berbagai macam program

Dibentuknya taman hutan raya akan sangat bermanfaat untuk berbagai macam kegiatan dan kebutuhan manusia, terutama dalam bidang pendidikan seperti dapat dimanfaatkan untuk penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan seputar flora dan fauna yang ada.

Selain itu bagi masyarakat sekitar tentunya dapat meningkatkan sosial ekonominya secara tidak langsung, karena taman hutan raya ini dapat dimanfaatkan pula sebagai sarana rekreasi, kebudayaan, yang tentunya bisa menarik para wisatawan.

4. Sebagai potensi sumber daya alam

Karena taman hutan raya memiliki banyak sekali flora dan fauna yang berada didalamnya, maka sumber daya alam ini akan dapat terus dijaga, dikembangkan serta diperbarui.

Sebagaimana kita tahu bahwa beragam tanaman dan satwa memiliki banyak sekali manfaat dan fungsi tersendiri, sehingga semakin banyak jumlahnya dan apabila terus dilestarikan, maka akan menjadi potensi sumber daya alam yang besar untuk Indonesia.

Contoh Taman Hutan Raya

Salah satu contoh Taman Hutan Raya yang cukup terkenal adalah Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda yang berada di daerah kota kembang, Bandung.

Luas dari taman hutan raya djuanda ini mencapai 590 hektar dan berada pada ketinggian 770 – 1330 meter diatas permukaan laut.

Di taman hutan raya ini terdapat sekitar 2500 spesies tanaman yang biasa dimanfaatkan sebagai objek wisata edukasi dan wisata alam.

Taman hutan raya di Bandung ini bisa dikunjungi mulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore dan selalu ramai dengan para wisatawan.

Selain flora, beberap spesies satwa seperti musang, tupai, kera dan berbagai macam jenis burung ada di taman hutan raya djuanda ini.

Di Indonesia sendiri taman hutan raya tersebar diberbagai macam pulau, seperti di Pulau Sumatera terdapat Taman Hutan Raya Cut Nyak Dien di Aceh, Tahura Bukit Barisan di Sumatera Utara, Tahura Sultan Syarief di Riau dan lainnya.

Untuk di Pulau Jawa sendiri, selain Tahura Djuanda, ada pula Tahura Pancoran Mas Depok, Tahura R.Soeryo di Jawa Timur dan sebagainya.

Begitu pula di Pulau Sulawesi, Kalimantan terdapat berbagai contoh taman hutan raya tersendiri.

Demikianlah artikel kali ini tentang Pengertian, Syarat, Tujuan dan Contoh Taman Hutan Raya, semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita tentang taman hutan raya itu sendiri.

Baca Juga : Pengertian Hutan Kemasyarakatan dan Hutan Rakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *