Hardware Adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi, Spesifikasi dan Contoh

Dunia kita sekarang ini rasanya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya teknologi. Di  mana dengan adanya teknologi itu orang bisa dengan sangat mudah menyelesaikan pekerjaannya.

Hardware Adalah  Pengertian, Jenis, Fungsi, Spesifikasi dan Contoh
Hardware Adalah Pengertian, Jenis, Fungsi, Spesifikasi dan Contoh

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini banyak orang yang mau tidak mau harus melakukan pekerjaan di rumah.

Hal itu sengaja diambil oleh pemerintah dengan maksud dengan juga tujuan untuk menekan dan juga menurunkan jumlah angka pada penyakit corona.

Dan rupanya melakukan pekerjaan dari rumah itu  sendiri tak hanya berlaku di kalangan orang tua yang sudah berkerja saja. Namun rupanya hal itu juga terjadi di kalangan anak-anak.

Adapun sejak adanya pandemi hingga saat ini anak-anak yang sedang mengenyam pendidikan di sekolah juga harus melakukan proses belajar mengajar secara daring.

Tentu saja dalam melakukan  pekerjaan online orang itu perlu alat yang bisa dipakai dalam melakukan pekerjaan itu. Adapun alat itu bisa berupa hp, tablet, laptop, dan masih banyak lagi.

Dan tentu bagi orang jaman sekarang barang – barang yang semacam itu sudah  tidak asing.

Namun kendati sudah banyak  orang yang mengetahui namun tidak banyak yang paham secara detil. Nah untuk menjawab rasa penasaran anda maka dari itu di bawah ini kami  akan memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat  untuk anda semua.

Apa yang dimaksud dengan hardware?

Apa itu hardware? pengertian Hardware adalah kumpulan alat yang merupakan dari komputer yang terbentuk nyata bisa dilihat dan juga bisa disentuh dengan menggunakan tangan.

Dan hardware itu sendiri berfungsi  dan juga berguna untuk mendukung segala jenis proses dalam kompeterisasi yang berkerja sesuai dengan perintah dari pengguna.

Pengertian hardware dari para ahli

Nah setelah kita mengertian umum mengenai hardware tentu saja di sini kita juga perlu tahu tahu mengenai pengertian hardware dari para ahli.

Penasaran kan? Yuk kita baca bersama penjelasan yang akan kami uraikan seperti yang ada seperti di bawah ini

1. Ali Zaki

Menurut Ali Zaki hardware merupakan bagian fisik dari komputer termasuk juga sirkuit digital yang ada dalam komputer.

2. Joko Untoro

Menurut Joko Untoro hardware merupakan perangkat fisik berupa komputer dengan segala instumen pendukungnya.

3. Raya Fahreza

Berikutnya arti hardware menurut Raya Fahreza adalah bagian dari komputer yang berkerja sesuai dengan instruksi software.

4. Wijaya Ariyana

Berikutnya menurut Wijaya Ariyana hardware itu sendiri mempunyai makna yaitu komponen komputer yang dapat dirasakan secara fisik yaitu dapat diraba dan dilihat atau kasat mata.

5. R Wilman

Setelah itu arti hardware menurut R Wilman adalah serangkaian peranti elektronik yang tercompact pada ponsel yang berfungsi terkait piranti-piranti menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan.

Ciri-ciri hardware

Setiap jenis benda tentu saja mempunyai  ciri-ciri yang berbeda-beda. Begitu pula di sini  dengan hardware juga mempunyai ciri-ciri tertentu.

Bagi orang yang tidak pernah bersinggungan dengan dunia komputer pasti akan merasa penasaran dan juga bertanya mengenai ciri-ciri hardware.

Lalu  apa saja sih ciri-ciri dari hardware? Penasaran kan? Yuk kita baca  dan simak bersama-sama penjelasan yang ada di bawah ini

  • hardware dapat dilihat kasat mata
  • hardware itu disentuh dengan tangan
  • hardware itu mempunyai bentuk fisik
  • hardware itu bersifat keras
  • hardware itu terdapat pada bagian luar sebuah komputer
  • Dan hardware itu juga berguna sebagai penengah atau penyambung antara user dengan software

Baca Juga : Pengertian dan Contoh Software

Fungsi pada hardware

Setiap jenis benda yang dibuat oleh manusia pasti mempunyai fungsi tertentu. Begitu pula di sini dengan hardware itu sendiri juga mempunyai fungsi tertentu.

Lalu pertanyaannya di sini  adalah apakah fungsi dari hardware. Penasaran kan? Yuk kta baca bersama-sama penjelasan yang akan kami uraikan di bawah ini.

1. Menerima input

Adapun yang dimaksud dengan menerima input yang dikirim oleh pengguna

2. Mengolah data

Selain itu hardware juga berguna untuk mengolah data yang diterima untuk diolah menjadi informasi yang mudah untuk dipahami dan dimengerti oleh manusia.

3. Memberikan output

Fungsi lain yang ada pada hardware adalah memberikan output. Adapun di sini berguna untuk memberikan output pada pengguna setelah pengolahan input selesai

4. Menyimpan data

Fungsi terakhir yang dimiliki oleh hardware adala menyimpan data. Di mana hardware menyimpan data output yang  dihasilkan dan biasanya tersimpan dalam perangkat sekunder yang ada dalam komputer.

Jenis Hardware

Mungkin saja selama ini bagi para orang awam yang berpikir dan juga beranggapan jika hardware itu hanya mempunyai 1 jenis saja. Namun rupanya hal itu kurang tepat.

Sebab hardware itu mempunyai 3 jenis. Mungkin saja di sini bagi para orang awam yang tidak terlalu paham untuk itu pasti akan merasa penasaran dan juga ingin tahu.

Apa saja jenis hardware itu.? Nah maka dari itu untu menjawab rasa penasaran anda di bawah ini kami akan memberikan informasi untuk anda.

1. Perangkat masukan

Yang pertama di sini adalah perangkat masukan. Adapun perangkat masukan itu sendiri adalah jenis perangkat keras yang bertujuan dan juga berguna untuk memasukkan data atau informasi ke dalam komputer.

Adapun data yang dimasukan itu bisa berupa gambar, teks, video, audio.  Dan yang termasuk dari jenis hardware perangkat masukan yaitu meliputi:

  • Keyboard  berfungsi untuk memasukkan perintah pengguna berupa huruf dan angka.
  • Mouse berfungsi untuk menggerakkan kursor
  • Microphone berfungsi untuk memasukkan perintah berupa suara
  • Webcam  berguna untuk memasukkan perintah yang berupa gambar atau video

2. Perangkat memproses

Selanjutnya untuk yang kedua adalah perangkat memproses atau yang biasa dimaksud dengan process device.

Yang dimaksud di sini dengan perangkat memproses beberapa data dan juga informasi yang dimaasukkan dalam komputer. Adapun yang masuk dalam contoh hardware process device yaitu:

  • CPU (Central Processing Unit)

Berfungsi untuk mengatur seluruh proses kerja dalam komputer

  • VGA (Video Graphics Adapter)

Berguna untuk mengolah informasi yang berupa data grafis

  • RAM (Random Access Memory)

Berguna untuk melihat dan juga menentukan kecepatan akses yang ada dalam komputer.

3. Perangkat keluaran

Perangkat keluaran ini berfungsi dan juga berguna untuk menghasilkan data-data dari dalam komputer yang kemudian dikeluarkan oleh perangkat lain yang juga terhubung oleh komputer.

Adapun data yang dikeluarkan itu bisa berupa gambar, teks, video, audio. Dan untuk hardware yang biasa dipakai untuk perangkat keluaran yaitu:

  • Monitor berfungsi untuk menampilkan yang baru setelah diproses sebelum sehingga para pengguna komputer bisa melihatnya
  • Proyektor berfungsi menampilkan apa yang ada dalam monitor sehingga bisa dilihat oleh banyak orang
  • Printer berfungsi mencetak tulisan atau gambar yang sudah diproses oleh komputer.
  • Speaker berfungsi untuk mengeluarkan data berupa suara sehingga pengguna bisa mendengarnya.

4. Perangkat penyimpanan

Perangkat penyimpanan ini berguna dan juga bermanfaat untuk melakukan penyimpanan informasi atau data yang ada di dalam komputer maupun  yang ada di luar komputer.

Dan dalam melakukan penyimpanan itu sendiri tak hanya bisa dilakukan dalam komputer namun juga bisa dilakukan melalui hardware. Adapun di sini yang merupakan contoh  dari perangkat penyimpanan yaitu:

  • Hard disc drive

Untuk yang pertama adalah hard disc drive. Adapun hard disc drive ini berfungsi untuk melakukan penyimpanan file untuk  sistem operasi dan program perangkat lunak, serta dokumen pengguna, seperti foto, file teks, dan audio.

  • Floppy disc

Kemudian yang kedua adalah floppy disc. Adapun floppy disc itu sendiri merupakan salah satu alat yang biasa dipakai untuk  melakukan penyimpanan dalam komputer yang dipakai pada pertengahan tahun 1970 an hingga awal abad 21. Floppy disc ini sendiri hadir dalam bentuk disket.

  • CD / Compact disc

CD ini sendiri salah satu alat  yang dipakai untuk melakukan penyimpanan data pada komputer.

Adapun CD itu sendiri merupakan teknologi yang menggunakan laser dan lampu yang dipakai untuk membaca dan menulis data.

Pada awal kemunculannya CD itu  berguna untuk menyimpan audio musik. Namun seiring berjalannya waktu atau lebih tepatnya tahun 1980 CD berguna untuk menyimpan data dalam bentuk dokumen.

  • USB Flash drive

Kemudian untuk alat penyimpanan data lain yang biasa dipakai adala USB Flash drive.

USB Drive itu sendiri perangkat penyimpanan data memori flash yang menggabungkan antarmuka USB terintegrasi. Dalam USB drive itu sendiri tak hanya bisa menyimpan data dalam bentuk file, audio, gambar, dan lain-lain.

  • SD Card (secure digital)

Lalu kemudian adalah SD Card. SD Card adalah alat yang dipakai untuk penyimpanan data yang bisa dipakai untuk menyimpan data pada hp atau camera digital.

SD Card ini sendiri tak hanya bisa menyimpan data dalam bentuk gambar saja namun juga menyimpan data file, video, musik, dan lain – lain.

5. Perangkat tambahan

Perangkat tambahan yaitu perangkat ini berguna untuk membantu komputer dalam menjalankan perintah yang diberikan  oleh para pengguna komputer.

Adapun salah satu bentuk contoh dari perangkat tambahan adalah modem. Di mana modem itu sendiri berguna untuk menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan internet.

  • Mother board

Untuk contoh perangkat tambahn yang pertama adalah mother board. Adapun mother board ini sendiri merupakan bagian terpenting dalam komputer. Di mana tanpa adanya mother board sebuah komputer itu tidak bisa beroperasi dengan baik.

  • Monitor

Monitor merupakan salah satu jenis alat yang merupakan bagian dari komputer yang bisa dipakai untuk menampilkan gambar pada layar supaya bisa tahu apa yang dilakukan.

  • Mouse

Mouse merupakan suatu alat yang biasa dipakai untuk menggerakkan kursor pada komputer.

  • Keyboard

Kemudian adalah keyboard. Adapun di sini keyboard merupakan  salah satu bentuk perangkat komputer yang berguna untuk memasukkan teks, simbol atau angka sebagai media masukan ke komputer supaya nantinya bisa ditampilkan di layar monitor.

Nah itulah tadi informasi yang bisa kami bagikan untuk anda semua mengenai hardware.

Semoga informasi yang sudah kami bagikan tadi bisa berguna dan bermanfaat untuk anda semua. Terlebih untuk  anda yang  merasa ingin tahu lebih mengenai hardware.

Tinggalkan komentar