Software Adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contoh

Tak terasa pandemi covid 19 sudah hampir 2 tahun ada di muka bumi ini. Tentu saja ada hal yang merubah kehidupan kita. Di mana jika dulu orang itu harus bertemu secara langsung.

Software Adalah Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contoh
Software Adalah Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contoh

Namun di masa pandemi orang harus melakukan pekerjaannya secara online. Hal itu tentu saja tidak luput dari adanya penggunaan dan juga pemakaian gadget.

Bahkan pekerjaan sekarang yang tidak kegiatan online itu sendiri tak hanya berlaku dalam pekerjaan orang tua saja.

Namun  untuk melakukan proses belajar mengajar di sekolah pun anak-anak sekarang pun juga melakukannya secara online.

Dan  tentu saja di sini kita tahu bahwa di dalam gadget itu tentu kita sudah sering mendengar yang namanya software dan juga hardware.  Di mana selama ini kita sudah tidak asing lagi bahwa  software itu adalah perangkat lunak.

Namun bagi para orang awam tidak mengenal secara mendalam dengan apa itu software secara lebih detil. Atau mungkin saja di sini masih menimbulkan  rasa tanda tanya tersendiri.

Nah untuk menjawab rasa penasaran anda mengenai software secara lebih detil mengenai software. Penasaran kan? Maka dari itu yuk kita baca dan simak bersama-sama penjelasan yang akan kami uraikan seperti yang ada di bawah ini.

Apa itu software?

Apa itu sofware? pengertian Software adalah perangkat lunak yang ada dalam perangkat komputer.

Di mana dalam software itu sendiri di dalamnya terdapat beberapa perintah yang di eksekusi dalam komputer yang tentunya membantu kita dalam melakukan perkerjaan kita sehari-hari.

Di mana untuk bisa melakukan perintah itu maka dibuatlah suatu susunan logika.

Pada  logika yang sudah dirancang atau disusun ini kemudian diolah melalui perangkat lunak yang sering disebut dengan program dan data-data yang diolahnya.

Adapun software atau perangkat lunak ini sangat penting dalam suattu komputer karena berguna sebagai jembatan penghubung yang menghubungkan antara pengguna dengan hardware.

Maka dari software itu dapat melakukan suatu perintah tertentu.

Fungsi software (perangkat lunak)

Setiap jenis benda yang diciptakan untuk membantu kita dalam berkerja pasti mempuyai fungsi tertentu.

Begitu pula di sini dengan software itu sendiri juga mempunyai fungsi tertentu. Tentu saja beberapa orang awam akan bertanya sebenarnya  apa sih fungsi dari software.

Nah maka dari itu untuk menjawab pertanyaan anda mengenai apa fungsi dari software. Maka di sini kami akan memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat untuk anda semua fungsi dari software.

Penasaran kan? Yuk kita simak dan baca bersama  penjelasan yang ada di bawah ini.

  • Software berfungsi sebagai dasar untuk kebutuhan komputer yang bisa dibagi menjadi sistem operasi atau sistem pendukung.
  • Software juga berguna untuk mengatur aneka macam jenis hardware supaya bisa berkerja bersama-sama
  • Menjadi penghubung antara kumpulan software dengan hardware
  • Melakukan proses identifikasi

Baca Juga : Pengertian Hardware

Macam-macam software

Selama  ini mungkin orang itu berpikir dan beranggapan jika software itu hanya ada  1 macam saja. Nah rupanya hal itu kurang tepat.

Sebab rupanya di sini software itu mempunyai beberapa macam.  Lalu apa saja sih macam-macam software itu? Penasarankan ? Yuk kita baca bersama – sama penjelasan yang ada di bawah ini.

1. Program aplikasi

Adapun  di sini dengan adanya program aplikasi dirancang untuk  melakukan kerja pada program tertentu.  Dan bentuk contoh dari program aplikasi yaitu:

  • Program Database
  • Word Processing/Processor (Pengolah Kata)
  • Program Spreadsheet
  • Program CAD (Computer Aided Design)
  • Dan Program Layout Artikel (Publisher)

2. Program word processing

Selanjutnya adalah program word processing. Adapun program word processing ini sendiri berguna untuk membantu kita berkerja mengolah  kata. Di sini yang termasuk dalam word processing program yaitu:

  • Wordstar Profesional
  • Word Perfect
  • Chiwriter
  • Microsoft Word
  • Word Star

3. Program database

Berikutnya adalah program database. Adapun di sini program database itu berguna untuk merancang, membuat,  mengelola, dan menyimpan database. Dan di sini yang masuk contoh dalam program database yaitu:

  • Dbase
  • Foxpro
  • Microsoft Acces

Baca Juga : Pengertian Database

4. Program spreadsheet

Setelah itu jenis program lain yang biasa disebut dengan software adalah program spreadsheet.

Adapun yang dimaksud dengan program  spreadsheet ini biasa dipakai dalam menyelesaikan pekerjaan menghitung,  keuangan, pembukuan yang bisa dilakukan secara otomatis.

Adapun di sini yang merupakan contoh dari program spreadsheet adalah:

  • Lotus 123
  • Microsoft Excel
  • Quatro
  • Supercheck

5. Program CAD ( computer aided design)

Selanjutnya  adalah bentuk dari program lain yang merupakan contoh dari software adalah program  CAD.

Adapun program CAD itu sendiri merupakan kepanjangan dari computer aided design. Di mana dalam program CAD itu berguna sebagai media lukis.  Dan di sini yang merupakan contoh dari program CAD yaitu:

  • Lotus 123
  • Microsoft Excel
  • Quatro
  • Supercheck

6. Program layout article

Berikutnya jenis program lain yang merupakan bagian dari software adalah program layout article.

Adapun program ini mempunyai fungsi dan kegunaan untuk melakukan pengaturan pada tata letak obyek yang nanti  akan digunakan pada cover suatu media cetak/elektronik. Adapun di sini yang merupakan contoh dari program layout adalah:

  • Page Maker
  • Ventura
  • Harvard Publisher
  • Newmaster

Jenis software

Selama ini banyak orang awam yang kurang paham mengenai berapa jumlah jenis software.

Atau mungkin banyak orang yang menduga jika jumlah software hanya ada 1 jenis saja. Namun rupanya hal itu kurang  tepat sebab sebenarnya software itu sendiri mempunyai 3 jenis.

Mungkin saja di sini bagi para orang awam yang tidak paham pasti akan merasa penasaran dan juga bertanya berapa jumlah jenis software.

Nah untuk menjawab rasa penasaran anda maka dari itu di bawah ini kami akan memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat untuk anda mengenai jenis-jenis software.

Penasaran kan? Yuk kita baca dan simak bersama penjelasan yang ada di bawah ini.

1. Operating system (OS)

Untuk jenis software yang pertama adalah operating sistem. Adapun di sini pada operating sistem itu merupakan software dasar yang pertama kali harus ada dalam setiap komputer. Di sini OS itu sendiri mempunyai fungsi yaitu

  • Menjadi perantara antara aplikasi dengan hardware
  • Menjalankan operasi dasar
  • Mengatur kerja antara hardware dan juga software
  • Wadah aplikasi atau program
  • Menyajikan tampilan
  • Melakukan koordinasi kerja perangkat komputer
  • Mengoptimalan fungsi perangkat komputer
  • Mengawasi jalannya suatu fungsi program

Bentuk-bentuk software

Mungkin selama ini banyak orng yang menduga jika bentuk software itu hanya dibagi menjadi satu atau dua jenis.

Namun rupanya di sini software itu sendiri mempunyai beberapa bentuk.  Lalu pertanyaannya di sini adalah apa saja sih sebenarnya bentuk dari software.

1. Freeware

Freeware adalah bentuk perangkat lunak yang bisa dipakai kapanpun tanpa mengenal adanya batasan waktu.  Di mana pada freeware ini sebagian  besar merupakan sumbangan dari beberapa komunitas.

Dalam freeware ini pihak pemilik mempunyai melakukan pengawan dan juga pengembangan pada aplikasi perangkat lunak yang dibuatnya.

Dimana freeware ini mempunyai fungsi untuk: menggunakan tanpa biaya, memberikan fasilitas pada pengguna dengan aplikasi itu.

Adapun  contoh dari freeware yaitu: gom player, foxit reader, opera, free pdf composer, dev c++,  google chrome,  avira antivirus, dan masih banyak lagi

2. Sharewere

Sharewere merupakan salah satu bentuk aplikasi yang  sedang dilakukan uji coba.  Di mana pada saat masa uji coba itu sendiri para penggunanya bisa memanfaatkan fasilitas dari aplikasi software itu secara gratis walaupun terbatas.

Adapun cara ini sengaja dilakukan dengan tujuan untuk mengenalkan pada para khalayak umum mengenai aplikasi yang mereka buat.

Hal itu dilakukan sebagai cara memasarkan produk software yang mereka buat.

Adapun bentuk contoh dari aplikasi software shareware yaitu internet download manager, winrar, microsoft windows, cyberlink power dvd, norton antivirus, winRAR, corel draw,  IDM, NERO 7,  blue cloner, dvd cloner, ultra iso dan masih banyak lagi.

3. Freeware

Berikutnya untuk jenis software lain yang biasa dipakai dalam komputer adalah freeware.

Adapun yang dimaksud dengan freeware yaitu  di mana pada software ini dapat diutak atik dengan bebas dan dapat digunakan, disalin, diubah serta dimodifikasi dengan beberapa ketentuan yang dapat digunakan kembali oleh pengguna selanjutnya.

Setiap orang yang memakai dan memanfaatkan software ini bebas untuk melakukan modifikasi, mengomersilkan dan mengambil keuntungan dari proses distribusi itu.

Adapun di bawah ini yang merupakan contoh dari freeware adalah chrome, notepad, skype, smadav, avira, ccleaner, adobe flash player dan masih banyak lagi.

4. Open source software

Setelah itu adalah open source software. Adapun yang dimaksud di sini dengan open source software adalah jenis perangkat lunak yang kode sumbernya dapat dipelajari, diubah,  ditingkatkan atau bahkan disebar luaskan.

Karena open source software adalah jenis software yang terbuka  maka dari itu pihak lain pun bisa dengan mudah melakukan pengembangan  pada perangkat lunak tersebut secara terbuka.

Adapun di bawah ini yang merupakan contoh dari open source software adalah linux, fillezilla, thunderbird, ink space, notepad ++, pidgin, mplayer, GIMP, audacity, amarok, open office, dan masih banyak lagi jenis aplikasi freeware.

5. Malware

Kemudian untuk yang terakhir berbeda dengan software yang lain. Di mana pada malware ini tidak seperti software lain yang membantu kita dalam melakukan pekerjaan.

Namun pada malware ini dibuat dengan tujuan untuk  merusak sistem pada komputer dan jejaring komputer tetapi tanpa izin dari pemiliknya.

Dengan kata lain malware ini merupakan jenis virus yang cenderung merusak pada jaringan komputer.

Adapun yang termasuk dalam malware yaitu virus, keylogger, worm, wabit, grayware, dan lain-lain.

Nah itulah tadi informasi yang bisa kami bagikan untuk anda semua mengenai software secara lebih lengkap dan detil.

Semoga informasi yang telah kami bagikan dan uraikan tadi bisa berguna dan bermanfaat untuk anda semua. Terlebih di sini untuk anda para awam yang terlalu banyak bersinggungan  dengan dunia komputer.

Tinggalkan komentar