Komunikasi Daring Adalah : Pengertian, Jenis, Kekurangan, Kelebihan, dan Contoh

Komunikasi memegang peranan penting dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Nah, Komunikasi dipakai oleh seluruh umat manusia untuk mengutarakan isi pikirannya kepada lawan bicara dengan menggunakan bahasa maupun simbol-simbol tertentu yang dapat dipahami oleh kedua belah pihak.

Komunikasi Daring Adalah  Pengertian, Jenis, Kekurangan, Kelebihan, dan Contoh
Komunikasi Daring Adalah Pengertian, Jenis, Kekurangan, Kelebihan, dan Contoh

Jenis komunikasi sebenarnya dibedakan menjadi 2 yaitu komunikasi verbal dan non-verbal. Namun, selain kedua jenis tersebut, akhir-akhir ini penggunaan komunikasi lebih sering dilakukan secara daring atau dalam jaringan.

Mengingat jenis komunikasi cukup sering digunakan oleh masyarakat di era digital ini, maka penting pula bagi Anda untuk mengenal apa itu komunikasi daring.

Oleh karena itu, berikut sudah disajikan beberapa penjelasan terkait dengan komunikasi daring mulai dari pengertian hingga contoh-contohnya. Mari simak!

Pengertian Komunikasi Daring

Apa itu Komunikasi Daring? Istilah komunikasi dari sebenarnya mulai muncul saat internet dan jaringan komputer ditemukan.

Hal tersebut sesuai dengan pengertian dari Warschauer (2001) bahwa pengertian komunikasi daring adalah jenis komunikasi yang melibatkan atau menggunakan jaringan komputer.

Dalam pengertian lain, komunikasi daring adalah bentuk penyampaian pesan yang melibatkan jaringan komputer atau internet.

Selain disebut sebagai komunikasi daring, komunikasi jenis ini juga disebut dengan komunikasi virtual atau cyberspace.

Menurut sejarahnya, perkembangan komunikasi daring bermula pada sekitaran tahun 1960, peneliti dari Amerika melakukan pengembangan teknologi yang bisa digunakan oleh penggunanya untuk mengirim maupun menerima pesan dan informasi lewat komputer.

Mula-mulanya teknologi tersebut belum sempurna dikembangkan dan belum menjadi internet.

Baru pada tahun 1969, teknologi itu pun mulai menjadi internet dan perlahan-lahan mulai dipakai oleh masyarakat seluruh dunia.

Salah satu bidang yang cukup banyak memanfaatkan penggunaan komunikasi daring tidak lain adalah dunia pendidikan.

Pada tahun 1980, sejak penyebaran dan pengembangan personal computer atau PC semakin meluas, dunia pendidikan mulai sedikit demi sedikit menerapkan komunikasi daring salah satunya dengan bantuan world wide web.

Di era sekarang, penggunaan komunikasi daring juga semakin masif, apalagi semenjak adanya pandemi COVID-19.

Komunikasi daring menjadi alternatif terbaik bagi berbagai sektor mulai dari pendidikan, perkantoran, dan sektor lainnya. Ini membuktikan jika komunikasi daring memiliki peranan yang begitu penting bagi kelangsungan hidup manusia di era digital.

Jenis Komunikasi Daring

Komunikasi daring pada dasarnya dibedakan ke dalam dua kelompok yaitu komunikasi daring sinkron serta komunikasi daring asinkron. Anda dapat mengetahui perbedaan dari kedua jenis tersebut dalam penjelasan berikut ini.

1. Komunikasi Daring Sinkron

Komunikasi daring sinkron atau komunikasi daring serempak adalah jenis komunikasi daring yang memakai komputer dan dilakukan secara serempak atau secara real time.

Jenis komunikasi ini terbagi ke dalam beberapa bentuk seperti text chat dan video chat.

Text chatting merupakan program dan perangkat lunak yang ada dalam jaringan internet. Text chat ini mempunyai fungsi yang bisa Anda gunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan sesama pengguna jaringan internet.

Dalam komunikasi text chatting, Anda dapat mengirimkan atau membagikan pesan teks dan begitu pula dengan orang yang menerima pesan, dapat membalasnya dengan mengirimkan pesan chat pula.

Dengan begitu, akan terjadi imbal balik dalam komunikasi daring yang dilakukan.

Selain itu, ada pula jenis komunikasi daring sinkron yang berupa video chat yang mana memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan melakukan interaksi audio dan video.

Tentunya, interaksi komunikasi ini dilakukan secara real time atau secara langsung oleh kedua pihak. Komunikasi ini dapat dilakukan melalui PC maupun ponsel pintar, sehingga bisa dikatakan cukup fleksibel.

Beberapa orang kerap salah paham dengan arti video chat dan video conference, padahal keduanya merujuk ke pengertian yang berbeda. Video chat adalah jenis komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau disebut juga dengan point to point.

Sementara itu, video conference adalah komunikasi yang melibatkan 3 pihak atau bahkan lebih. Jenis komunikasi yang satu ini disebut dengan multipoint.

2. Komunikasi Daring Asinkron

Jenis selanjutnya dari komunikasi daring adalah komunikasi daring asinkron. Komunikasi satu ini terjadi tidak secara langsung atau real time.

Bentuk dari komunikasi ini bisa dilihat dengan saat seseorang mengirim pesan dari electronic mail atau e-mail.

Selain itu, juga bisa ditemukan pada saat seseorang menulis dan membaca dokumen atau tulisan dari satu laman world wide web.

Untuk mendukung proses komunikasi daring, ada beberapa komponen pendukung yang dibutuhkan yaitu komponen perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan perangkat nalar atau akal (brainware).

Komponen perangkat keras atau hardware adalah jenis komponen komunikasi yang bentuknya dapat dilihat serta diraba secara langsung. Bentuk atau contoh dari perangkat keras adalah komputer, ponsel, microphone, headset, dan lainnya.

Berbeda dengan komponen perangkat keras, komponen perangkat lunak tidak dapat dilihat dan maupun diraba.

Perangkat lunak ini mempunyai fungsi yang bisa dipakai untuk menjalankan berbagai perintah dan aktivitas yang berhubungan dengan komunikasi. Jenis ini juga menjadi perantara dari perangkat keras dan perangkat akal serta nalar.

Selanjutnya, ada perangkat nalar atau akal yang disebut dengan brainware yang mana merujuk pada manusia yang menggunakan perangkat lunak dan keras tersebut.

Bisa dikatakan kalau tanpa adanya perangkat nalar atau akal, perangkat keras dan lunak tidak akan bisa dijalankan. Sehingga, komponen satu ini menjadi komponen terpenting dalam komunikasi.

Kekurangan Komunikasi Daring

Hadirnya jaringan internet memang memberikan banyak manfaat termasuk untuk mempermudah komunikasi daring.

Namun, komunikasi daring sendiri juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya dapat Anda simak sebagai berikut.

1. Membutuhkan Perangkat Tertentu

Komunikasi daring tidak dapat dilakukan tanpa adanya perangkat tertentu, seperti komputer, ponsel pintar, maupun software-software pendukung.

Hal tersebut berbeda dengan komunikasi yang dilakukan secara konvensional yang tidak membutuhkan perangkat tertentu.

Sehingga inilah yang menjadi kendala bagi beberapa orang yang ingin melakukan komunikasi jarak jauh, namun ternyata tidak mempunyai alat-alat atau tools pendukung.

2. Kurang Mewakili Emosi dari Orang yang Terlibat Komunikasi

Komunikasi daring yang kebanyakan dilakukan lewat text chatting memiliki kekurangan dari segi penyampaian informasi atau pesan yang tak bisa mewakili emosi dari pengirim pesan secara penuh.

Ini membuat terjadinya kesalahpahaman pada beberapa komunikasi yang terjadi.

Berbeda saat komunikasi dilakukan secara langsung, setiap lawan bicara dapat melihat dan mengamati dengan jelas bentuk emosi yang disampaikan.

3. Menghilangkan Esensi Interaksi Sosial

Tidak dipungkiri, komunikasi daring memang bisa membantu banyak orang untuk berkomunikasi tanpa harus bertemu dengan penerima pesan, tetapi itu justru membuat esensi dari interaksi sosial menjadi berkurang.

Banyak masyarakat yang lebih memilih untuk berkomunikasi secara daring saja karena lebih praktis, tetapi karena tidak adanya interaksi secara nyata, maka interaksi sosial pun jadi terasa kurang maksimal.

4. Lebih Banyak Memakan Waktu

Berkomunikasi daring pun memiliki kekurangan lain dari segi konsumsi waktu.

Bagi orang yang ingin menyampaikan informasi secara mendetail, setidaknya butuh banyak waktu untuk melakukan komunikasi tersebut.

Kemudian, apabila ada kendala dari segi jaringan internet, maka jangka waktu komunikasi pun juga akan jadi lebih lama.

Kelebihan Komunikasi Daring

Bagi kebanyakan masyarakat, komunikasi daring dinilai memiliki manfaat yang cukup besar di era seperti sekarang ini.

Banyak aktivitas yang jadi lebih mudah untuk dikerjakan semenjak adanya komunikasi daring.

Untuk selengkapnya mengetahui kelebihan dari komunikasi daring, mari simak penjelasannya berikut.

1. Bisa Dilakukan Tanpa Batasa Waktu dan Tempat

Keunggulan pertama dari adanya komunikasi daring adalah bisa Anda lakukan tanpa adanya batasan waktu dan tempat.

Artinya, dengan komunikasi daring, Anda bisa melakukan interaksi dengan manusia lainnya di mana saja dan kapan saja.

Bahkan, komunikasi daring pun bisa dilakukan secara jarak jauh di tempat manapun asalkan terjangkau oleh jaringan internet.

Ini menjadi bentuk inovasi yang begitu berharga bagi masyarakat di seluruh dunia karena tak perlu lagi memikirkan jarak dan tempat saat melakukan komunikasi.

2. Lebih Efisien dari Segi Waktu dan Biaya

Kelebihan berikutnya dari komunikasi daring ada pada efisiensi biaya dan waktu. Bagi orang yang tinggal berjauhan, adanya komunikasi daring membuat mereka tidak harus bertemu tatap muka.

Cukup hanya bertemu lewat layar saja, mereka sudah bisa saling berkomunikasi. Dengan begitu, akan lebih menghemat dari segi biaya karena tak perlu mengeluarkan ongkos transportasi.

Selain lebih efisien dari segi biaya, komunikasi daring juga cenderung lebih efisien dari segi waktu.

Mengirim pesan maupun melakukan video chat bisa kamu lakukan dalam waktu yang singkat dan tak perlu membuang-buang waktu untuk mendatangi orang yang ingin kamu kirimkan pesan.

Tak heran jika komunikasi daring lebih disenangi oleh banyak orang karena memang manfaat efisiensi ini.

3. Meningkatkan Intensitas dalam Berkomunikasi

Salah satu kelebihan dari komunikasi daring yang begitu dirasakan oleh banyak orang adalah intensitas komunikasi yang menjadi lebih meningkat.

Ini tidak lain dikarenakan faktor komunikasi yang menjadi lebih mudah, sehingga tidak mengherankan kalau intensitas komunikasi pun jadi lebih meningkat.

4. Isi Pesan Terdokumentasi dengan Baik

Saat kamu melakukan komunikasi daring, ada keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari segi penyimpanan pesan.

Jika saat melakukan komunikasi secara langsung, isi pesan tidak akan terdokumentasi kecuali jika direkam dengan perekam suara.

Namun, berbeda saat melakukan komunikasi daring, berbagai pesan yang kamu terima bisa kamu baca ulang selama pesan-pesan tersebut tidak kamu hapus.

Bahkan, pada beberapa software atau aplikasi, pesan-pesan yang didapatkan juga bisa dicadangkan untuk tujuan keamanan.

Jadi, inilah salah satu untungnya ketika kamu memilih berkomunikasi secara daring dibandingkan secara konvensional.

Contoh Komunikasi Daring

Komunikasi daring pada era digital sudah cukup banyak dilakukan, contohnya pun bisa ditemukan pada beberapa kegiatan komunikasi berikut ini.

  • Komunikasi text chat dengan WhatsApp, Line, Telegram, Facebook, Instagram, dan Twitter.
  • Dan Komunikasi video chat dengan Skype, Zoom, Snap Chat, Google+ dan Hangout.

Selain itu, ada pula contoh komunikasi daring dengan e-mail yang termasuk dalam komunikasi asinkron.

Ini dikarenakan komunikasi dengan e-mail terkadang tidak dilakukan secara langsung atau real time, dan penerima pesan biasanya membutuhkan waktu yang agak lama untuk merespon.

Demikian untuk penjelasan mengenai komunikasi daring, sebuah inovasi dalam berkomunikasi di era digital yang bisa dilakukan tanpa batasan waktu dan tempat.

Dari penjelasan di atas, bisa diketahui kalau komunikasi daring mempunyai kelebihan dan kekurangan, namun secara umum sudah cukup membantu menunjang aktivitas masyarakat.

Tinggalkan komentar