Cara Mengolah Daun Beluntas Menjadi Obat Herbal

Diposting pada

Tahukah Anda bagaimana Cara Mengolah Daun Beluntas Menjadi Obat Herbal? Daun beluntas dikenal sebagai daun yang bisa dijadikan sebagai obat herbal, atau dapat juga disebut dengan obat tradisional.

Cara Mengolah Daun Beluntas Menjadi Obat Herbal
Cara Mengolah Daun Beluntas Menjadi Obat Herbal

Beberapa manfaat daun beluntas untuk obat herbal antara lain menyembuhkan gangguan sistem pencernaan, mempertajam daya penglihatan mata, meringankan sakit tenggorokan dan panas dalam, antioksidan alami, menjaga sistem kekebalan tubuh, memperlancar menstruasi pada wanita, mencegah hipertensi, meningkatkan selera makan, menyembuhkan demam, dan masih banyak lagi.

Bahkan, daun ini juga dapat digunakan sebagai anti kuman dan bakteri yang berguna untuk menjaga tubuh tetap dalam keadaan sehat.

Cara Mengolah Daun Beluntas Menjadi Obat Herbal

Cara mengolah daun beluntas menjadi obat herbal pun sangat mudah dan tidak memakan banyak waktu, sehingga semua orang bisa meraciknya tanpa perlu khawatir salah olah. Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

1. Penggunaan obat herbal daun beluntas secara umum

Jika Anda akan menggunakan daun beluntas untuk pengobatan secara umum atau penyakit-penyakit biasa yang dapat disembuhkan dengan cara meminum obat herbal, maka Anda bisa membuat daun beluntas menjadi jamu, yaitu dengan menyiapkan beberapa lembar daun beluntas, bisa 3 hingga 5 lembar daun, lalu cuci semua daun tersebut hingga bersih.

Setelah itu, rebus daun beluntas yang telah dicuci dengan menambahkan kurang lebih 2 gelas air. Setelah matang, angkat rebusan daun beluntas tersebut, dan tuang dalam gelas hingga menjadi minuman hangat.

Untuk hasil maksimal, Anda harus meminum daun beluntas tersebut secara rutin pagi dan sore hari hingga penyakit Anda sembuh.

2. Obat herbal daun beluntas untuk gangguan pencernaan

Cara mengolah daun beluntas yang akan digunakan untuk obat gangguan pencernaan pada anak, yaitu dengan memasak daun beluntas sebagai campuran bubur tim atau makanan kesukaan anak Anda yang lain.

3. Obat herbal daun beluntas untuk TBC

Jika daun beluntas akan digunakan sebagai obat TBC, maka Anda harus menyiapkan daun dan batang beluntas yang diekstrakan, lalu dicampur dengan gelatin kulit sapi dan rumput laut yang kemudian diolah dengan cara ditim hingga lunak.

Makan bubur tim daun beluntas ini setiap hari hingga penyakit TBC tersebut semakin membaik.

4. Obat herbal daun beluntas untuk menghilangkan bau badan

Daun beluntas yang akan diolah menjadi obat herbal untuk menghilangkan bau badan sebenarnya bisa dikonsumsi dengan cara membuatnya menjadi minuman.

Namun, jika Anda tidak suka dengan minuman rebusan daun beluntas tersebut, Anda juga bisa membuatnya menjadi lalapan.

Caranya sama seperti membuat lalapan yang lain, yaitu Anda hanya perlu menyiapkan beberapa daun beluntas yang telah dibersihkan, dan mencampurkannya dengan makanan yang lain sebagai lalapan.

5. Obat herbal daun beluntas untuk rheumatik

Terakhir, daun beluntas yang akan dijadikan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan rheumatik, dapat diolah dengan cara merebusnya menjadi minuman seperti teh.

Yang Anda perlu lakukan adalah membersihkan kurang lebih 15 gram daun beluntas, lalu remus  menambahkan air secukupnya.

Setelah matang, angkat dan tiriskan daun beluntas hingga terpisah dari airnya. Minum air tirisan daun beluntas tersebut secara rutin sampai nyeri rheumatik itu sembuh.

Demikian cara-cara pengolahan daun beluntas yang digunakan sebagai obat herbal. Meskipun cara pengolahannya tidak sama, hal tersebut tidak membuat khasiat daun beluntas berubah.

Akan tetapi, pengolahan yang mudah dan bisa digunakan untuk menyembuhkan semua penyakit adalah pengolahan yang pertama, yaitu membuatnya menjadi minuman herbal.

Baca Juga : Pengertian Daun Adalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *