Cara Merebus Daun Kersen Untuk Kolesterol Diabetes Dan Stroke

Diposting pada

Cara Merebus Daun Kersen Untuk Kolesterol Diabetes Dan Stroke  – Masyarakat saat ini terutama yang di daerah pedesaan masih banyak yang menggunakan tanaman kersen sebagai salah satu sumber kayu bakar.

Cara Merebus Daun Kersen Untuk Kolesterol Diabetes Dan Stroke

Kayunya yang berukuran besar digunakan untuk pembuatan konstruksi pedesaan, dan kulit kayu dimanfaatkan untuk membuat tali.

Sedangkan buahnya yang sudah matang di pohon dapat diolah menjadi selai dan manisan atau dimakan begitu saja sebagai buah meja untuk kudapan ringan bagi anak – anak.

Beberapa metode tradisional memaksimalkan daun kersen untuk mencegah sekaligus mengobati beberapa jenis penyakit dengan cara merebus daun kersen untuk penyakit kolesterol, terutama pembuatan teh herbal.

Pengobatan tradisional seperti ini menggunakan daun kersen untuk mengatasi sakit kepala, masalah prostat, atau mengurangi tukak gastrik.

Tanaman ini di Indonesia telah lama dikenal sebagai salah satu herba tradisional, manfaat daun kersen yang paling mujarab adalah digunakan untuk mengobati diabetes, stroke dan kolestrol.

Adapun pengaplikasian dengan cara merebus daun kersen untuk kolesterol menurut tradisional akan dijelaskan lebih lengkap di bawah ini.

Kersen disebut juga dengan nama ilmiah Muntingia Calabura L, merupakan salah satu tanaman buah – buahan berbuah kecil dan manis berwarna merah cerah, dimana warga Jepang lebih mengenalnya sebagai buah ceri.

Cara Merebus Daun Kersen

Tanaman kersen di ladang sering disinggahi oleh berbagai spesis burung karena dianggap sebagai sumber makanan, sumber nektar dan serbuk sari untuk perkembangan lebah. Kersen berpotensi sebagai spesies tanaman buah yang bermanfaat untuk pemulihan daerah yang terganggu dan menghentikan erosi tanah.

Maka dari itu di desa – desa yang berlokasi di sekitar kaki bukit merupakan tempat strategis untuk membudidayakan tanaman kersen yang bermanfaat bagus untuk menjaga kondisi tanah tetap padat di lingkungan sekitarnya, dimana kersen sangat berguna sebagai salah satu pohon perlindungan karena bentuknya yang kokoh dan teduh.

Tidak begitu banyak dikenal manfaat daun kersen yang ternyata berguna sebagai obat herbal. Adapun manfaat daun kersen dalam herba tradisional adalah sebagai berikut :

  1. Dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi penyakit diabetes,
  2. Daun kersen sangat berguna sebagai anti – hipertensi, anti – inflamasi, dan anti – septik,
  3. Daun kersen juga bermanfaat untuk mencegah kolestrol.

Cara merebus daun kersen untuk kolesterol dan diabetes adalah sebagai berikut:

  1. Manfaat daun kersen untuk pengobatan diabetes mellitus : ambil 10 lembar daun kersen yang masih segar. Rebus ke dalam air 200 ml selama 15 menit hingga berwarna kuning. Untuk daun kersen yang sudah kering, dapat langsung anda seduh hingga air berwarna kemerahan. Saring dan dinginkan, lalu minum ramuan ini sehari sekali secara rutin selama anda merasa kurang enak badan hingga terjadi penurunan kadar gula.
  2. Untuk pengobatan kolestrol, gunakan ramuan di atas dan minum air rebusan daun kersen tiga kali sehari.

Beberapa orang yang baru memanfaatkan cara ini untuk pengobatan mungkin akan merasakan efek samping dari air rebusan teh daun kersen, diantaranya adalah akan mengalami alergi, gangguan pada ginjal, mual dan muntah.

Manfaat daun kersen tersebut di atas mungkin tidak begitu banyak dikenal oleh orang awam sebagai herba.

Tetapi menurut pengobatan tradisional, kulit kayu tanaman kersen bermanfaat sebagai antiseptik. Bunga kersen digunakan sebagai antiseptik, mengurangi pembengkakan, dan antispasmodik. Manfaat Buah Kersen untuk mengatasi masalah pernafasan dan antidiarrheic.

Selamat mencoba !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *