31 Manfaat Buah Naga : Kandungan, dan Efek Samping Untuk Kesehatan

Diposting pada

Buah Naga sejak beberapa tahun lalu menjadi buah yang populer di Indonesia. Buah yang asalnya dari Meksiko ini kini bahkan sudah banyak dibudidayakan dan menjadi salah satu komoditas pertanian yang menjanjikan.

31 Manfaat Buah Naga  Kandungan, dan Efek Samping Untuk Kesehatan
31 Manfaat Buah Naga Kandungan, dan Efek Samping Untuk Kesehatan

Kulit buahnya yang unik seperti kulit naga nampaknya menjadi alasan buah ini dikenal dengan nama populer Buah Naga.

Di Indonesia sendiri, umumnya ada dua jenis buah naga yang terkenal yaitu yang berdaging merah dan daging putih.

Keduanya sama-sama bertesktur halus dan berair dengan bintik-bintik hitam kecil berupa biji yang tersebar di seluruh bagian daging buahnya.

Tak hanya enak dimakan langsung, buah naga juga enak dijadikan jus, sop buah, dan salad.

Selain itu, warna merah dari daging buahnya juga sering digunakan untuk pewarna alami makanan seperti kue dan cake.

Kesegaran buahnya dengan manis yang tidak begitu kuat menjadikan buah ini digemari oleh semua orang.

Sebagai buah tropis, Buah Naga kaya akan kandungan gizi yang cocok bagi penduduk di negara tropis seperti Indonesia.

Buah dengan segudang manfaat yang baik untuk tubuh ini ternyata juga kabarnya memiliki efek samping. Apa saja Manfaat Buah Naga : Kandungan, dan Efek Samping Untuk Kesehatan ? Berikut pembahasannya.

Kandungan Buah Naga

Berbagai manfaat kesehatan yang diberikan Buah Naga tentunya adalah karena kandungan buah naga yang terdapat di dalamnya.

Berdasarkan penelitian FatSecret Platform API dalam 100 gram buah naga, terkandung :

  1. Kalori = 51 kkal
  2. Lemak Jenuh = 0,051 g
  3. Lemak Tak Jenuh Ganda = 0,166 g
  4. Lemak Tak Jenuh Tunggal = 0,666 g
  5. Kolesterol = 0 mg
  6. Protein = 0,78 g
  7. Karbohidrat = 12,38 g
  8. Serat = 1,7 g
  9. Gula = 9,61
  10. Sodium = 2 mg
  11. Kalium = 192 mg

Serta kandungan nutrisi lain menurut Taiwan Food Insdustry Develop & Research Autorities

  1. Air = 82,5 – 83 g
  2. Vitamin C = 8 – 9 mg
  3. Vitamin B1 = 0,28 – 0,30 mg
  4. Vitamin B2 = 0,043 – 0,045 mg
  5. Tiamin = 0,28 – 0,30 mg
  6. Riboflavin = 0,043 – 0,044 mg
  7. Niasin = 1,297 – 1,300 mg

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Berdasarkan hasil penelitian di banyak tempat, manfaat buah naga bagi kesehatan bukan isapan jempol belaka.

Buah ini memiliki manfaat dari mengatasi masalah pencernaan hingga mencegah kanker.

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Serat dan air yang banyak terkandung dalam buah naga adalah alasan utama buah ini baik untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit.

Mengkonsumsi buah ini secara rutin setiap hari dengan jumlah terbatas, dapat melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sulit buah air besar.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Buah Naga kaya akan lemak tak jenuh ganda, omega 3, dan asam lemak omega 6 yang dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol tubuh.

Disisi lain, buah ini juga mengandung antioksidan yang membantu dalam proses perlawanan terhadap kolesterol jahat.

3. Mengurangi Risiko Hemoglobin Rendah

Kandungan zat besi dalam Buah Naga akan membantu dalam mengendalikan hemoglobin tubuh.

Kadar hemoglobin yang rendah bisa membahayakan kesehatan seperti menyebabkan anemia sehingga harus dihindari salah satunya dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Serangan bakteri dan virus bisa ditangkal dengan mengkonsumsi buah secara rutin setiap hari.

Salah satu  buah yang baik untuk menangkal ini adalah Buah Naga. Hal ini karena Buah Naga mengandung banyak Vitamin C, Vitamin B1, pytoalbumin, kalsium, fosofor, dan zat besi.

5. Menjaga Kekuatan Gigi dan Tulang

Buah Naga mengandung Kalsium yang sangat dibutuhkan bagi kekuatan gigi dan tulang manusia.

Selain itu, kandungan fosfor juga dapat membantu dalam melawan berbagai gangguan lainnya yang menyerang gigi dan tulang.

6. Menjaga Kesehatan Penglihatan

Beta Karoten yang sering diketahui ada di wortel juga terkandung dalam Buah Naga yang berjenis daging merah.

Selain itu, kolaborasi nutrisi dan vitamin lain juga menjadi alasan buah ini cocok untuk menjaga kesehatan mata dan penglihatan.

7. Baik Bagi Kesehatan Kulit

Berbagai masalah kulit yang sering ditakuti seperti keriput, kulit kendur, timbulnya garis halus, hingga kulit kusam bisa dicegah dengan pengkonsumsian Buah Naga.

Hal ini karena kandung Antioksidan yang ada pada buah naga cukup tinggi untuk menangkal radikal bebas ke kulit.

Tak hanya dikonsumsi, pemanfaatan buah naga dengan menumbuknya lalu ditempel pada kulit juga bisa dilakukan bagi yang ingin menghilangkan noda bekas kulit terbakar.

Selain itu, masalah jerawat juga bisa teratasi dengan masker buah naga ini.

8. Meredakan Nyeri Sendi

Buah Naga memiliki sifat anti-inflamasi yang artinya dapat membantu meringankan dan mengatasi sakit di persendian.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah Naga yang berperan dalam menjaga kolesterol dan stres oksidatif menjadi alasan buah ini juga beperan dalam meningkatkan kesehatan jantung manusia.

10. Mencegah Kanker

Enzim lycopene, Vitamin C, dan Karoten adalah kandungan yang terdapat pada Buah Naga yang berperan dalam mencegah terbentuknya tumor dan sel kanker.

Kandungan antioksidannya juga tinggi dimana hal ini merupakan salah satu zat penting dalam menangkal radikal bebas yang salah satunya menjadi penyebab kanker.

Efek Samping Buah Naga

Buah Naga terbilang sangat aman dikonsumsi selagi dalam jumlah wajar. Tak ada masalah serius yang ditimbulkan dari pengkonsumsiannya.

Namun sama seperti hal lainnya, Buah Naga yang dikonsumsi berlebihan juga tentunya akan memberi efek samping bagi kesehatan tubuh itu sendiri.

Beberapa efek samping buah naga yang bisa terjadi jika mengkonsumsi buah naga dalam kadar berlebihan adalah sebagai berikut.

1. Maag Menjadi Kambuh

Perlu diketahui bahwa Buah Naga mengandung asam yang cukup tinggi.

Mengkonsumsi buah ini secara berlebihan apalagi yang sudah mengalami penyakit maag tentu akan berdampak pada maag yang kambuh karena peningkatan kadar asam lambung.

Oleh karena itu, lebih baik memakan buah naga saat perut tidak kosong agar tidak memicu asam lambung.

2. Sakit Perut

Konsumsi buah naga berlebihan akan menyebabkan usus mengalami ketidakseimbangan kerja karena perut terlalu banyak menerima asupan makanan dari satu jenis buah.

Selain itu, efek lain berupa kembung dan mual juga bisa terjadi karena kandungan mineral yang masuk terlalu banyak.

3. Meningkatkan Risiko Diabetes

Kandugan gula pada buah naga yang cukup tinggi tentu akan berbahaya jika konsumsinya berlebihan.

Potensi risiko diabetes menjadi lebih tinggi selain ketika memakan buah naga berlebihan juga saat mengkonsumsinya berdampingan dengan makanan lain yang mengandung banyak gula.

Oleh karena itu lebih baik tidak mencampurkan gula ketika menjadikan buah ini sebagai jus atau olahan lain.

Demikianlah yang bisa kami bagikan mengenai Manfaat Buah Naga : Kandungan, dan Efek Samping Untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *