10 Manfaat dan Khasiat Padi Untuk Kesehatan

Diposting pada

Manfaat dan Khasiat Padi – Padi (Oryza sativa L.) merupakan salah satu budidaya tanaman paling penting di dunia, seperti di negara-negara tropis Asia dan khususnya Indonesia.

10 Manfaat dan Khasiat Padi Untuk Kesehatan
10 Manfaat dan Khasiat Padi Untuk Kesehatan

Beras, yang merupakan bagian bulir padi yang telah dipisah dari sekam, merupakan makanan pokok dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia (nantinya, beras tersebut akan dimasak dan berubah menjadi nasi).

Padi atau nasi berfungsi sebagai sumber utama kalori yang nantinya akan dibakar oleh tubuh menjadi energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Tanaman padi dapat menghasilkan beras yang beraneka ragam seperti beras putih, beras merah, beras coklat, dan beras hitam. Masing-masing jenis dari padi tersebut tentu memiliki manfaat dan khasiat.

Baca Juga : Jenis-jenis Varietas Padi

Selain itu, beras juga memiliki lapisan luar yang utuh sehingga mengandung banyak serat dan baik untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah ulasan mengenai manfaat dan khasiat padi yang umumnya untuk menjaga kesehatan tubuh:

Manfaat dan Khasiat Padi Untuk Kesehatan

1. Sebagai Sumber Energi

Sebagai informasi, padi merupakan tanaman pangan jenis serealia yang dapat digunakan sebagai sumber makanan yang dapat dikonsumsi oleh manusia.

Mengonsumsi makanan sangatlah penting bagi manusia untuk memperoleh energi. Selain itu, padi juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi.

Karbohidrat merupakan sumber energi tercepat yang dapat mempengaruhi otot manusia yang sedang bekerja atau beraktivitas.

2. Sebagai Sumber Protein

Padi dan tanaman pangan jenis serealia lainnya memiliki kandugan protein cukup tinggi. Protein berguna bagi tubuh dalam proses pembentukan otot, tulang, kulit, maupun sel darah.

Terlebih lagi, protein dapat meningkatkan fungsi otot dan tenaga manusia.

3. Sebagai Obat dan Bahan Kosmetik

Padi diambil berasnya, direbus, dikeringkan, dibiarkan agar mendingin, lalu ditumbuk sehingga menjadi pasta yang dapat dioleskan ke kulit.

Campuran tepung beras dan madu kerap digunakan oleh sejumlah wanita agar kulit wajah menjadi lebih cerah.

Ekstrak padi juga diyakini dapat menambah volume dan ketebalan rambut, serta digunakan menjadi krim untuk melembabkan dan menjadi krim antipenuaan pada kulit wajah.

4. Kaya Nutrisi

Salah satu jenis beras yaitu beras merah, memiliki banyak sekali nutrisi. Beras merah mengandung sejumlah vitamin seperti B kompleks, B1, B3, asam folat, kolin dan betaine.

Berbagai jenis mineral juga terkandung di dalamnya, yaitu kalsium, zat besi, magnesium, natrium, kalium, dan lain sebagainya.

Beras merah sering dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang melakukan diet penurunan berat badan karena beras merah memiliki kandungan kalori yang lebih rendah daripada beras putih.

5. Mengobati Berbagai Penyakit

Beberapa hasil uji klinis menunjukkan bahwa ekstrak beras merah efektif untuk mengobati kanker payudara.

Diperkirakan, beras merah dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga mencegah penyakit jantung dan arteriosclerosis lainnya.

Selain itu, beras merah juga dapat membantu menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Beras merah juga memiliki kandungan selenium dan antioksidan yang tinggi. Hal ini dapat membantu mengurangi gejala asma dan rasa sakit peradangan arthritis.

6. Menguatkan Tulang dan Gigi

Salah satu jenis beras, yaitu beras coklat, memiliki banyak kandungan mangan dan mineral yang berperan penting dalam mempertahankan struktur tulang dan gigi agar menjadi lebih kuat.

Selain itu, magnesium yang terkandung di dalamnya juga berperan penting dalam mineralisasi tulang untuk melindungi dari arthritis.

7. Meringankan Sembelit

Beras coklat dipercaya memiliki kandungan serat yang tinggi. Oleh karena itu, beras coklat dapat mengatasi masalah sembelit karena dapat melancarkan pencernaan.

8. Mengandung Antioksidan

Salah satu jenis beras yaitu beras hitam (berwarna hitam atau ungu gelap), memiliki sifat antioksidan yang tinggi, sama kandungannya dengan buah-buah yang berwarna mirip yaitu blueberry, raspberry, dan cranberry.

Kandungan antosianin dalam beras hitam lebih tinggi daripada biji-bijian lainnya seperti beras merah, beras coklat, atau varietas gandum berwarna lainnya.

Antosianin tersebut membantu mencegah penyakit kardiovaskular, melindungi dari kanker, meningkatkan fungsi otak, serta mengurangi peradangan.

Berhas hitam juga memiliki kandungan vitamin e, yang berguna dalam menjaga mata, kulit, dan kekebalan tubuh.

9. Melindungi Kesehatan Jantung

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa beras hitam dapat mengurangi pembentukan plak aterosklerosis yang berbahaya bagi arteri.

Anthocyanin fitokimia yang terkandung di dalamnya dapat menjaga kadar kolesterol, mengurangi jumlah kolesterol jahat, dan mengurangi konsentrasi triasilgliserol.

10. Mendetoksifikasi Tubuh

Beberapa hasil penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi beras hitam dapat membantu untuk mendetoksifikasi tubuh, yaitu membersihkan hati dari racun yang berbahaya karena beras hitam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Penelitian yang dilakukan terhadap kelinci menunjukkan bahwa kelinci yang diberi beras hitam menunjukkan tingkat stres oksidatif yang berkurang.

Fitonutrien yang ditemukan pada beras hitam membantu tubuh untuk mengurangi peradangan dan membersihkan tubuh dari zat-zat berbahaya.

Demikianlah penjelasan dan ulasan mengenai berbagai macam manfaat dan khasiat padi. Semoga info yang disampaikan dapat bermanfaat bagi Anda dalam menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga : Cara Pengendalian Penyakit Tanaman Padi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *