Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kiwi

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kiwi – Bagi anda penggemar buah-buahan tentu tidak asing dengan buah kiwi, bukan? Buah yang berasal dari daerah Cina ini, tepatnya di daerah sungai Yang-Tze, pada tahun 1600-an, memang merupakan buah yang sangat populer dan digemari oleh masyarakat.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kiwi
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kiwi

Pada sejarah awalnya, buah kiwi ini pernah disebut dengan nama Yang Tao, dimana nama ini merupakan pemberian dari seorang Kaisar semasa zaman Dinasti Khan, karena buah kiwi sendiri yang memiliki cita rasa yang tinggi.

Di tahun 1900an, baru lah tanaman kiwi ini menyebar ke beberapa daerah. Pada tahun 1904 mulai menyebar ke daerah Islandia baru, dan di tanam di daerah dataran tingginya.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Kiwi

Seiring perkembangannya, tahun 1959 baru lah buah ini dikenal dengan nama buah kiwi, dimana juga sebagai symbol dari Selandia Baru. Kiwi sendiri menurut Liang dan Ferguson di tahun 2010, memiliki 2 jenis kategori, kiwi berwarna hijau dan kiwi berwarna emas.

Klasifikasi Tanaman Kiwi

Tanaman kiwi sendiri merupakan tanaman yang memiliki nama latin Actinidia Deliciosa. Berikut akan dijabarkan lebih detail mengenai klasifikasi dari tanaman kiwi itu sendiri:

  • Kingdom (Kerajaan) : Plantae
  • Division (Divisi) : Magnoliophyta
  • Class (Kelas) : Magnoliopsida
  • Ordo  : Ericales
  • Famili : Actinidiaceae
  • Genus : Actinidia
  • Spesies : Actinidia Deliciosa (A. Chev)

Morfologi Tanaman Kiwi

Setelah anda mengetahui klasifkasi dari tanaman kiwi sebagaimana telah dijabarkan diatas, selanjutnya akan dibahas ciri-ciri morfologi penyusun tanaman kiwi itu sendiri, diantaranya:

1. Akar

Tanaman kiwi sendiri memiliki jenis akar semua atau tunggang. Akar kiwi ini memiliki akar yang panjangnya bisa mencapai 1 – 2 meter lebih di dalam tanah.

Selain memiliki akar tunggah yang masuk ke bagian dalam tanah, juga terdapat akar serabut yang tumbuh disamping-sampingnya dan menyebar ke permukaan tanah.

Akar tanaman kiwi ini memiliki fungsi untuk menyerap air, unsur hara serta nutrisi yang terdapat dalam tanah, yang digunakan untuk kebutuhan tanaman sendiri. Selain itu, akarnya juga berfungsi untuk menyokong pertumbuhan batang tanaman kiwi.

2. Batang

Pada tanaman kiwi, batangnya berbentuk bulat dan memanjang. Batangnya ini memiliki warna yang berbeda, ada batang yang berwarna cokelat, ada yang berwarna abu-abu, bahkan ada yang memiliki warna kehijauan.

Untuk ukuran panjang batangnya sendiri bisa mencapai sekitar 6 – 10 meter dan menjalar tergantung dari pertumbuhannya. Batang tanaman kiwi juga memiliki banyak sekali percabangan dari setiap sisi batangnya, dan memiliki panjang yang bervariasi.

Batang kiwi memiliki lapisan bagian kulit yang tipis, dan memiliki batang yang lunak di bagian dalamnya. Namun batangnya ini tetap mampu menyokong pertumbuhan tanaman, buah, bunga dan lainnya.

3. Daun

Daun pada tanaman kiwi memiliki ukuran yang lumayan besar, bentuknya oval melingkar. Permukaan daunnya agak kasar dan memiliki panjang daun sekitar 7 – 12 cm.

Tanaman kiwi sendiri memiliki daun yang berwarna hijau, dengan tangkai daunnya berwarna merah. Pada daun muda tanaman kiwi, akan dilapisi bulu halus berwarna kemerahan.

Untuk daun yang usianya sudah tua, memiliki warna yang hijau gelap serta terdapat bulu halus di bagian atas permukaan daunnya.

4. Bunga

Bunga pada tanaman kiwi memiliki warna putih kekuningan, memiliki aroma yang harum dan pada bunganya terdapat 5 – 6 kelopak bunga. Kelopaknya sendiri memiliki ukuran sekitar 2 – 5 cm luasnya.

Bunga jantan dan bunga betina pada tanaman kiwi yang berbeda, bisa akan melekat menjadi satu, dan membantu terjadinya proses penyerbukan tanaman kiwi tersebut.

Proses penyerbukan tanaman kiwi ini juga biasanya dibantu oleh adanya angin, atau hewan penyerbuk yang ada di sekitar tanaman.

5. Buah

Anda tentu tidak asing dengan rupa buah kiwi. Buah yang pada umumnya memiliki bentuk agak oval, dengan panjang buah sekitar 5 – 8 cm dan diameter buahnya sekita 4 – 5 cm. Buah kiwi sendiri, di bagian kulitnya memiliki warna hijau yang gelap dan sedikit keemasan.

Sedangkan di bagian dalamnya, memiliki daging buah yang berwarna hijau terang atau kuning emas, dengan bagian tengah buahnya memiliki warna hitam, mengeliling di bagian pusat.

Tekstur dari buah kiwi sendiri sangat lembut dan memiliki aroma yang khas. Pada bagian kulit luar buahnya, ada yang terdapat bulu-bulu halus, ada pula yang tidak memiliki bulu.

Tanaman kiwi sendiri memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena banyak mengandung vitamin C, menjaga kesehatan mata, mengendalikan tekanan darah, mengobati penyakit asma dan mampu menjaga kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi kiwi tentu akan berdampak baik bagi kesehatan kita.

Demikian itulah beberapa ciri morfologi dari organ-organ tanaman kiwi dan klasifikasi dari tanaman kiwi, serta sudah dibahas pula mengenai manfaat kiwi itu sendiri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semakin menambah pengetahuan kita terkait tanaman kiwi.

Baca Juga : Syarat Tumbuh Tanaman Tanaman Kiwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *