Pengertian Kromosom Adalah : Ciri, Bagian dan Macam-macamnya

Diposting pada

Pengertian Kromosom Adalah : Ciri, Bagian dan Macam-macam Kromosom – Secara sederhananya, satuan terkecil dari makhluk hidup adalah sel.

Pengertian Kromosom Adalah : Ciri, Bagian dan Macam-macam Kromosom
Pengertian Kromosom Adalah : Ciri, Bagian dan Macam-macam Kromosom

Segala aktivitas sel diatur oleh inti sel (nukleus). Sementara itu, di dalam nukleus, terkandung substansi genetik yang terdapat dalam kromosom.

Zat penyusun kromosom disebut sebagai kromatin, yaitu jalinan benang-benang halus di dalam plasma inti.

Pengertian Kromosom

Kromosom merupakan pembawa gen yang terdapat di dalam inti sel (nukleus). Kromosom diserap dari bahasa Yunani yaitu Chrome yang berarti warna dan Soma yang berarti badan.

Kromosom terdiri dari DNA, RNA, dan protein. Setiap organisme memiliki macam kromosom, yaitu kromosom seks (gonosom) yang menentukan jenis kelamin, dan kromosom tubuh (autosom) yang tidak menentukan jenis kelamin.

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, sel tubuh manusia memiliki 46 buah kromosom. Sebanyak 23 kromosom berasal dari Ayah, dan 23 kromosom lainnya berasal dari Ibu.

Seorang anak yang lahir akan memiliki sifat gabungan dari sifat-sifat yang dimiliki oleh Ayah dan Ibunya. Kromosom tersebut merupakan hasil dari proses fertilisasi yang berasal dari sperma dan ovum.

Ciri-Ciri Kromosom

  1. Kromosom adalah pembawa gen/genetik yang terdapat di dalam inti sel setiap organisme. Kromosom berbentuk batang pendek atau panjang yang lurus atau bengkok.
  2. Kromosom tersusun dari molekul DNA, yang merupakan persenyawaan kimia yang membawa keterangan genetik. Oleh karena itu, kromosom membawa arti dan peran penting dalam proses genetika.
  3. Di dalam kromosom, ada sebanyak 35% DNA dari keseluruhan kromosom. DNA adalah molekul hidup yang dapat melakukan replikasi. Karena kromosom mengandung molekul DNA, maka kromosom juga dapat menggandakan diri.
  4. DNA adalah tempat penyimpanan informasi genetika yang akan diwariskan pada anak atau keturunan. Kromosom disebut sebagai benang pembawa warisan sifat, karena sifat organisme pada dasarnya tersimpan di dalam DNA yang terdapat di dalam kromosom.

Bagian-Bagian Kromosom

Kromosom terdiri dari beberapa bagian. Di antaranya adalah Kromatid, Kromomer, Sentromer atau Kinetokor, Satelit, dan Telomer. Berikut adalah penjelasan masing-masing bagian Kromosom:

  • Kromatid

Kromatid merupakan  salah  satu  bagian dari  total dua  lengan  hasil  replikasi  kromosom. Kromatid masih melekat satu dengan lainnya pada bagian sentromer.

Kromatid memiliki nama lain lain yaitu Kromonema. Kromonema adalah filament tipis yang terlihat selama tahap profase, yang sebenarnya adalah istilah untuk tahap awal pemintalan kromatid.

Dengan demikian, kromatid dan kromonema merupakan dua istilah untuk struktur yang sama.

  • Kromomer

Kromomer merupakan penebalan-penebalan yang terjadi pada kromonema.  Kromomer memiliki struktur berbentuk manik-manik, berupa akumulasi dari materi kromatin yang terlihat saat interfase.

Kromomer dapat jelas terlihat   pada kromosom politen (kromosom dengan DNA yang direplikasi berkali- kali tanpa adanya pemisahan, terletak berdampingan sehingga bentuknya seperti kawat).

  • Sentromer atau Kinetokor

Sentromer adalah daerah konstriksi (sebuah lekukan primer) di sekitar area pertengahan kromosom. Di dalam sentromer terdapat kinetokor.

Kinetokor merupakan bagian kromosom berupa tempat perlekatan benang spindel selama pembelahan inti dan merupakan tempat melekatnya kromosom.

  • Satelit

Satelit merupakan bagian dari kromosom yang bentuknya bulat dan terletak di ujung lengan kromatid. Satelit dapat terbentuk karena adanya kontriksi sekunder di sekitar daerah tersebut. Sebagai informasi, tidak semua kromosom memiliki satelit.

  • Telomer

Telomer adalah istilah yang menunjukkan daerah terujung pada sebuah kromosom. Telomer memiliki fungsi untuk menjaga stabilitas bagian terujung kromosom agar DNA pada daerah tersebut tidak terurai.

Karena pentingnya telomer, sel yang telomer kromosomnya mengalami kerusakan umumnya akan segera mati.

Macam-Macam Kromosom

  • Metasentrik

Kromosom metasentrik berciri-ciri memiliki sentromer di tengahnya, sehingga kedua bagian memiliki panjang yang sama. Dua lengan kromosom hampir sama panjangnya. Kromosom 1 dan 3 manusia adalah metasentris.

  • Submetasentrik

Kromosom submetasentrik memiliki sentromer yang sedikit menjauh dari pusat yang mengarah ke asimetri sedikit di sepanjang dua bagian.

Dua lengan kromosom memiliki panjang yang tidak sama. Kromosom 4 sampai 12 manusia adalah submetasentrik.

  • Akrosentrik

Kromosom akrosentrik diketahui memiliki sentromer yang cenderung sedikit menjauh dari pusat, yaitu mengarah ke satu bagian yang sangat panjang dan salah satu sangat pendek.

Letak sentromer berada hampir di ujung kromosom, sehingga mempunyai lengan pendek hampir setengah dari lengan panjang. Kromosom manusia 13,15, 21, dan 22 adalah akrosentrik.

  • Telosentrik

Kromosom telosentrik memiliki sentromer pada ujung kromosom. Kromosom jenis telosentrik hanya memiliki satu lengan kromosom, sehingga menyebabkan sentromer berada di ujung lengan kromosom.

Sebagai informasi tambahan, manusia tidak memiliki kromosom telosentrik. Namun demikian, mereka ditemukan pada spesies lain seperti tikus misalnya.

Kromosom memiliki beberapa bagian di dalamnya yang memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing. Kromosom pun terdiri dari beberapa macam dan jenis yang berbeda-beda, tentunya memiliki karakteristik yang berbeda pula.

Demikianlah penjelasan dan ulasan mengenai pengertian, ciri-ciri, dan macam-macam kromosom. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan bermanfaat bagi Anda para pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *