Syarat Tumbuh Tanaman Bunga Asoka

Diposting pada

Tanaman yang di keramat kan oleh Agama Hindu ini memiliki harum yang memancar pada bulan April dan Mei di malam hari. Tanaman ini biasanya berbunga saat musim hujan akan tiba dan bunganya bertahan 3 – 4 bulan.

Syarat Tumbuh Tanaman Bunga Asoka
Syarat Tumbuh Tanaman Bunga Asoka

Bunga Asoka dengan nama latin Saraca Indica ini dapat digunakan sebagai obat peneratur haid, mengobati kram betis  dan juga mengobati luka-luka karena memar. Dengan tinggi yang bisa mencapai 7 meter dan bunga berwarna khas kuning, jingga atau merah.

Syarat Tumbuh Tanaman Bunga Asoka

Nah, sudah tahukah kamu jika bunga Asoka juga bisa hidup di Indonesia? Berikut Syarat Tumbuh Tanaman Bunga Asoka :

1. Pembibitan

Kamu bisa melakukan dengan 2 cara untuk pembiakan bunga Asoka, yakni dengan setek dan cangkok. Tanaman induk yang digunakan adalah tanaman yang subur, sehat dan berbunga bagus agar anakan yang dihasilkan nanti tidak jauh berbeda dengan induknya bahkan lebih baik lagi.

Perkembangbiakan dengan setek, pilihlah batang yang sudah tua dengan ukuran sekitar 15 cm. Buatlah rempalan dan masukkan segera dalam air agar terjaga kesegarannya.

Perkembangbiakan dengan cangkok juga membutuhkan batang yang berusia tua. Lakukan kupasan pada kulit batang sampai menyentuh bagian dalam cambium, lalu tutuplah dengan tanah yang dicampur pupuk kendang. Lapisi tanah tadi dengan sabut kelapa dan ikat agar tidak terjatuh. Sirami air secara cukup.

Kedua cara diatas tetap membutuhkan persemaian pada langkah selanjutnya, dimana bibit tidak langsung ditanam di lahan namun harus lebih dulu ditanam pada wadah tertentu seperti polybag.

Sebagai syarat tumbuh tanaman bunga asoka yang baik, lakukan penyiraman pada setiap pagi atau setiap sore saja dan tambahkan pupuk setiap sebulan sekali setelah munculnya bunga.

2. Pangkas Batang

Pemangkasan sebaiknya dilakukan setelah tanaman disiram dan ditambahkan pupuk. Pemangkasan ini akan mempercepat pertumbuhan bunga Asoka.

Lakukan juga penyiangan agar lingkungan bunga Asoka bersih dari tanaman liar. Tempatkan bunga pada daerah dengan matahari cukup.

3. Suhu dan Kelembapan

Suhu di sekitar bunga Asoka tidak boleh lebih dari 45 derajat celcius dengan kelembapan udara berkisar 70%.

4. Intensitas Cahaya

Bunga Asoka membutuhkan daerah dengan sinaran matahari secara langsung namun juga di beberapa waktu membutuhkan daerah yang lembab.

5. Tanah

Tanah sebagai media tanam haruslah kaya akan humus dan telah digemburkan. Tanah dengan air resapan yang baik dan juga tercukupi kebutuhan organik nya bagi tanaman bunga Asoka.

6. Ketinggian Tanam

Daerah tanam memiliki ketinggian 0 – 400 m diatas permukaan air laut.

7. Curah Hujan

Tanaman bunga Asoka menyukai daerah yang memiliki curah hujan rata namun tidak sampai membuat genangan di sekitar tanaman.

8. Penanaman

Media tanah yang digunakan merupakan campuran antara tanah pekarangan dengan pupuk kompos perbandingan 1 : 1 dengan kedalaman 5 – 10 cm. bibit ditanam secara hati-hati dan tegak.

Sebaiknya menanam dilakukan pada sore hari karena matahari tidak bersinar secara terik sehingga tanaman tidak akan mudah layu.

9. Penyiraman

Air yang digunakan haruslah bersih dari bahan kimia yang kemungkinan akan mematikan tanaman. Syarat tumbuh tanaman bunga Asoka adalah dengan melakukan fotosintesis, penyiraman dengan cukup sangat penting bagi tanaman ber-kambium ini. Proses penyiraman sebaiknya hanya dilakukan sekali dalam sehari yakni setiap pagi atau setiap sore saja.

Beberapa hal diatas adalah syarat untuk menghasilkan bunga Asoka yang baik. Pastikan juga untuk terus melakukan pengawasan secara teratur berkaitan hama hewan yang mungkin akan merusak tanaman, seperti: semut, kutu perisai, ulat dan belalang.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Asoka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *