Cara Pengendalian Penyakit Lodoh Pada Tanaman Kentang

Diposting pada

Penyakit Lodoh adalah salah satu penyakit yang menakutkan bagi para petani kentang, karena serangan penyakit ini dapat menjadikan produksi tanaman kentang menurun hingga 70 % bahkan karena penaykit ini juga gagal panen bisa terjadi.

Cara Pengendalian Penyakit Lodoh Pada Tanaman Kentang
Cara Pengendalian Penyakit Lodoh Pada Tanaman Kentang

Penyakit lodoh dapat dengan cepat menyerang tanaman kentang lainnya yang kondisinya masih sehat, apalagi ketika musim hujan tiba.

Penyakit lodoh disebabkan oleh cendawan Phytophthora Infestans yang merupakan salah sat patogen ganas.

Cendawan ini akan menyerang batang hingga umbi kentang dalam seluruh fase tanaman.

Akibat serangan dari penyakit lodoh ini menjadikan banyak tanaman kentang yang mati sedangkan hanya sebagain saja yang bisa bertahan hidup.

Cara penyebarannya bisa menggunakan perantara serangga, alat pertanian yang dipakai, terbawa oleh angin higga melalui percikan – percikan air hujan.

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang dapat menyerang berbagai macam tanaman terutama tanaman holikultura sehingga memiliki sifat polybag.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Kentang

Cara Pengendalian Penyakit Lodoh Pada Tanaman Kentang

Penyakit ini mampu menurunkan produktivitas kentang secara dratis bahkan bis amneyebabkan tanaman menjadi mati, oleh karena itu perlu dilakukan pengendalian.

Berikut adalah beberapa Cara Pengendalian Penyakit Lodoh Pada Tanaman Kentang yang harus dilakukan :

  1. Pilihlah bibit unggul yang memiliki toleran terhadap jamur Phytophthora infestans .
  2. Kelolalah lahan dengan baik.
  3. Ketika lahan memiliki pH rendah atau asam , maka spora jamur akan berkembang biak dengan baik, untuk itu lakukan pengapuran guna meningkatkan pH tanah.
  4. Pilihlah bibit yang bebas dari penyakit dan sehat.
  5. Agar air ketika musim hujan tiba tidak menggenang maka perbaikilah kondisi drainasenya.
  6. Lakukan pengaplikasian agen hayati Trichoderma Sp sebelum terjadinya penamanan bibit di proses.
  7. Bersihkan gulma yang ada di kebun ataupun sekitarnya, selain menjaga kebersihan kebun juga dapat menghindarkan inang untuk tempat tinggal penyakit.
  8. Guna mencegah terjadi serangan pada tanaman kentang, maka lakukan pemantauan pada tanaman kentang sejak dini dan secara berkala.
  9. Lakukan penanaman tanaman secara berotasi dengan tanaman jenis lainnya, sehingga dapat memutus siklus hidup dari sang jamur Phytophthora infestans .
  10. Guna menjaga kelembaban tanah agar stabil gunakanlah mulsa plastik.
  11. Lakukan kemusnahan kepada tanaman yang terinfeksi dengan cara mencabut dan membakarnya. Menggunakan cara ini dapat menghindari tersebarnya penyakit LODOH kepada tanaman yang masih sehat.
  12. Selalu bersihkan peralatan pertanian, tangan dan pakaian setelah digunakan di lahan pertanian.
  13. Lakukan penyemprotan fungisida secara bergilir, mulai dari Fluopikolid, Propineb, Difenokonazol atau Mancozeb . lakukan proses penyemprotan sesuai dengan kebutuhan, dosis. Anda dapat menyemprotnya ketika tanaman sudah menginjak usia 15 hari setelah tanam atau ketika awal – awal tanaman mulai terserang, selain itu perhatikan juga seberapa besar serangannya. Anda dapat menyemprotkan 3 kali dalam sehari, namun ketika musim hujan tiba, maka berilah perekat, perata dan pembasah agar si fungisida tidak mudah terbawa air hujan.

Gejala Serangan Penyakit Lodoh

Untuk mengetahui cara pengendalian yang tepat, yang harus diperhatikan pertama kali adalah gejalanya.

Dibawah ini adalah beberapa gejala serangan penyakit lodoh pada tanaman kentang :

  1. Pada permukaan daun timbul bercak basah berwarna cokelat kehitaman.
  2. Terdapat sporamhiu, berwarna putih di bawah permukaan daun tanaman kentang.
  3. Awalnya serangan penyakit lodoh akan menyerang dedaunan tua yang berada di bagian bawah dan selanjutnya serangan tersebut merambat ke atas daun muda hingga pucuk tanaman kentang.
  4. Daun yang terserang akan mengalami pembusukan dan akhirnya mati.
  5. Ketika menyerang batang tanaman kentang maka akan muncul bercak basah berwarna cokelat kehitaman juga seperti ketika menyerang daun dan saat di sentuh batang akan mengalami kemudahan mengelupas.
  6. Umbi yang sudah terserang lodoh akan menjadi melekuk dan berair, daging umbinya berwarna cokelat kehitaman dan akhirnya membusuk.

Demikianlah ulasan kali ini mengenai Cara Pengendalian Penyakit Lodoh Pada Tanaman Kentang. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *