Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Matahari

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Matahari – Jika kalian penikmat cemilan kuaci, pasti tidak akan asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Siapa lagi kalau bukan bunga matahari.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Matahari
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Matahari

Tanaman tersebut sangat terkenal dimana-mana, seperti dalam dunia industri perfiman/animasi anak-anak banyak yang menggunkan bunga matahari sebagai tokoh kartun serta tidak sedikit game yang pakai karakter bunga matahari seperti pada game Plant VS Zombie dan masih banyak lainnya.

Bunga matahari ini memiliki nama latin Helianthus Annuus L. Menurut sejarahnya, tanaman ini berasal dari Negara Amerika, Meksiko, Peru dan kini banyak tersebar diseluruh dunia.

Tanaman dapat tubuh tagak mencapai 1 sampai 2 meter dan memiliki sifat yang unik karena bagian kepala tanaman atau bunga akan mengikuti arah sorotan matahari lalu ketika menjelang malam bunga akan tertunduk kebawah.

Menurut kalender siklus kehidupan bunga matahari, tanaman ini memiliki bunga yang dapat tumbuh serta mekar dalam rentang waktu setahun sekali.

Habitat yang cocok untuk tanaman ini tumbuh subur adalah daerah yang memilki iklim subtropik meskipun tumbuh di wilayah tropik bunga matahari ini akan kurang begitu maksimal.

Bunga matahari akan sulit tumbuh jika berada di musim dingin dan gugur, sehingga jika negara yang memiliki 4 musim mereka sering membudidayakan bunga matahari saat musim semi dan panas saja.

Warna dari tanaman ini sangat khas, bagian yang indah dapat dilihat dari kelopak bunga berwarna orange ke kuning-kuningan dengan diamaeter bunga yang cukup lebar mencapai 30 cm, dan ditengahnya terdapat bulatan berwarna hitam yang isinya adalah biji bunga matahari.

Ternyata ada banyak jenis untuk tumbuhan ini, yang sering kita temui adalah bunga matahari big smile, ada juga bunga matahari autumn beauty yang memiliki corak kelopak berwarna merah di bagian tengah, kemudian jenis bunga matahari teddy bear dimana bentuknya lebih didominasi oleh bunga kelopak bunga, serta bunga matahari velvet queen yang mempunyai warna merah gelap.

Sebenarnya bukan hanya itu saja, jenis bunga matahari masih ada beberapa dan setiap jenis akan berbeda bentuk serta karakternya.

Selain memiliki bentuk bunga yang indah, tanaman ini ternyata banyak mengandung manfaatnya loh. Yang jelas selain bijinya dapat diolah sebagai cemilan kuaci, bunga matahari dapat berfungsi sebagai obat herbal seperti mengurangi tekanan darah, diabeter, menyembuhkan peradangan dan masih banyak lagi.

Untuk lebih lanjut, mari kita intip klasifikasi dari tanaman bunga matahari ini.

Klasifikasi Tanaman Bunga Matahari

Tanaman bunga matahari dapat diklasifikasikan seperti berikut :

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Magnolipyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Asterales
  • Famili : Astereceae
  • Genus : Helianthus
  • Spesies : Helinathus Annuus L

Morfologi Tanaman Bunga Matahari

Bunga matahari tumbuh tegak mencapai 1-2m, tanaman ini memiliki batang yang menyanggah bagian bunga dan batang tersebut berbentuk silindris serta berbulu halus.

Bunga tergolong majemuk, dan bagian bunga memiliki dua jenis yakni bunga tepi dan bunga lidah. Karakter yang sangat kuat pada bunga matahari ini adalah memiliki warna orang kekuning kuningan. Namun ada juga warna bunga yang gelap tergantung jenis dan speisesnya.

1. Morfologi Akar Bunga Matahari

Jenis akar bunga matahari ini adalah akar tunggang, bentuknya halus dan berdiameter kecil, dapat tumbuh mencapai 4 meter, tumbuh secara vertikal serta bisa horizontal, kemudian akar ini memiliki perakaran yang sangat kuat.

Akar tumbuhan ini mengelompok dalam jumlah yang cukup besar itulah mengapa sistem perakaran bunga matahari sangat kuat. Ternyata akar juga memiliki khasiat seperti penyembuhan maag.

2. Morfologi Batang Bunga Matahari

Batang bunga matahari tumbuh tegak keatas, bentuknya silindris serta memiliki bulu-bulu halus dibagian luar yang dipercaya digunakan sebagai alat pernafasan serta perlindungan dari serangga.

Batang ini memiliki diameter yang beragam tergantung dari tingkat kesuburan suatu tanaman tersebut. Rata-rata batang milik tanaman bunga matahari ini berwarna hijau muda.

Batang dapat bercabang namun sangat sulit ditemui kasus tanaman bunga matahari ini memiliki cabang. Karakter teksturenya sangat keras, sehingga hal ini yang dapat membuat batang tumbuh tinggi secara tegak.

3. Morfologi Daun Bunga Matahari

Tumbuhan bunga matahari memiliki jenis daun tunggal, sehingga tiap tangkai yang tumbuh dari batang akan mengeluarkan satu helai daun saja.

Umumnya, daun bunga matahari memiliki bentuk seperti hati, warnanya hijau sampai hijau tua, tepian daun biasanya berbentuk seperti gerigi, serta bagian ujung ada yang runcing ada juga yang tumpul.

4. Morfologi Bagian Bunga Matahari

Bentuk bunga akan selalu berbeda tergantung dengan jenis dan spesiesnya. Untuk biasa yang sering ditemui, bunga matahari jenisnya majemuk memiliki dua alat kelamin dalam satu tangkai, rata-rata ukuran diameter bunga dapat mencapai 30cm.

Dalam satu bunga terdapat 20 sampai 25 kelopak, bunga tumbuh berwarna kuning serta dibagian tengah berwarna hitam yang merupakan bijinya.

5. Morfologi Biji Bunga Matahari

Dibagian tengah bunga akan menghasilkan biji atau buah. Biji ini sering diambil dan dimanfaatkan sebagai cemilan kuaci. Bentuk dari bijinya sendiri mengerucut, oval dengan ujung yang runcing. Warna biji lebih dominan hitam dengan corak warna putih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *