Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kesemek

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kesemek – Tanaman kesemek adalah salah satu jenis tanaman yang berasal dari negara China dan telah menyebar ke negara Sakura, dimana tanaman kesemek ini akan dikembang biakan dengan cara yang baik.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kesemek
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kesemek

Tanaman kesemek ini langsung menyebar secara cepat di tahun 1980-an dan dikembang biakan di benua Eropa Selatan serta Amerika.

Hingga saat ini tanaman kesemek ini menjadi salah satu tanaman yang paling banyak dikenal di wilayah Asia Tenggara khusunya di Tanah Air atau Indonesia.

Berdasarkan berbagai jenis sumber yang ditemukan, klasifikasi dan morfologi tanaman kesemek ini hal-hal yang berbeda dengan beberapa jenis tanaman lainnya. Berikut dibawah inilah yang menjadi klasifikasi dan morfologinya.

Klasifikasi Tanaman Kesemek

Klasifikasi tanaman ini memiliki keunikan tersendiri bagi tanaman kesemek. Nah, menurut berbagai informasi atau sumber yang kami dapatkan, klasifikasi dari tanaman kesemek akan tersusun sebagai berikut.

  • Kingdom – Plantae
  • Sub Kingdom – Tracheobionta
  • Divisi – Magnoliophyta
  • Super Divisi – Spermatophyta
  • Kelas – Magnoliopsida
  • Ordo – Ericales
  • Famili – Ebanaceae
  • Genus – Diospryros
  • Spesies – Diospryros kaki Lf.

Morfologi Tanaman Kesemek

Tanaman kesemek menjadi salah satu tanaman yang termasuk pada tanaman subtropis dan dapat bertumbuh dengan baik di daerah yang berbagai musim, mulai dari musim dingin hingga sedang dan panas ringan.

Pada saat musim dingin telah mencapai -3 derajat celcius, maka daun kesemek akan mengalami berguguran dan hal ini dinamakan sebagai masa domain. Tanaman kesemek ini dapat bertahan dengan suhu yang mencapai -17 derajat celcius.

Pada tanaman kesemek ini terdapat kemampuan hidup yang kuat di daerah tropis dengan ketinggian yang mencapai 1000 mdpl.

Pasalnya, di ketinggian tersebut akan membuat sifat-sifat agroklimat tanaman kesemek ini menjadi mirip dengan keadaan subtropis.

Akan tetapi, apabila tanaman kesemek ini ditanam dengan ketinggian dibawahnya, maka tanaman kesemek tidak bisa menghasilkan sebuah buah walaupun dapat bertumbuh dengan cara yang baik.

Tipe tanah yang cocok untuk menanam tanaman kesemek ini merupakan salah satu jenis tanah yang bertipe solid dan dalam, tapi tidak berat. Sebab sistem perakaran dari tanaman kesemek ini membutuhkan dranaise yang baik dengan tingkat keasaman pH 6,6-7,5.

Pembahasan yang sudah dibahas ini menjadi salah satu ciri-ciri dari habitanya. Nah, jika anda ingin melihat pembahasan yang lebih lengkap tentang morfologi tanaman kesemek. Maka anda dapat melihat dan membacanya pada ulasan berikut ini.

1. Batang Tanaman Kesemek

Tanaman kesemek ini termasuk pada jenis tanaman yang berukuran kecil serta sedang, dimana ini tanaman ini mencapai 5 meter atau kurang.

Tentunya batang-batang yang dimilikinya akan menjadi relative pendek. Selain itu, batang tanaman kesemek ini akan bengkok-bengkok dan memiliki sistem percabangan yang banyak.

2. Daun Tanaman Kesemek

Daun tanaman kesemek ini termasuk pada jenis daun yang cukup unik dan menarik. Dimana daun tanaman kesemek ini akan tersusun dengan cara yang berselang-seling. Selain itu, tanaman kesemek ini memiliki daun yang berbentuk bulat memanjang.

Pada umumnya, daun tanaman kesemek ini memiliki tangkai yang relative pendek dan disertai dengan warna yang menarik dan berbeda dengan beberapa jenis tanaman lainnya.

Jika tanaman lain memiliki daun yang berwarna domain hijau, maka tanaman kesemek mempunyai daun yang berwarna hijau kekuningan.

3. Bunga Tanaman Kesemek

Umumnya, bunga yang berasal dari tanaman kesemek ini memiliki ciri-ciri yang khas tersendiri dari bunganya. Yang pastinya bunga tanaman kesemek ini sangat berbeda dengan beberapa jenis tanaman yang lainnya.

Bunga tanaman kesemek ini hanya bisa mekar dengan baik apabila berada di bulan mei hingga sampai dengan bulan Juni. Bunga kesemek ini terdapat dua jenis kelamin, yakni jantan dan juga betina.

Bunga jantan dari tanaman kesemek ini memiliki malai yang berukuran pendek ataupu kecil dan berisi 3 hingga sampai dengan 5 kuntum.

Sedangkan, bunga betina dari tanaman kesemek ini termasuk jenis kelamin bunga yang soliter.Bunga tanaman kesemek ini bertumbuh dengan baik dan akan muncul pada ketiak daun yang dimiliki oleh tanaman kesemek. Dan, hal ini juga akan membentuk bunga yang seperti berbilangan empat.

4. Buah Tanaman Kesemek

Buah tanaman kesemek merupakan salah satu jenis buah tanaman yang berbentuk bulat hingga oval dan memili berat yang berkisaran 500 gram.

Perlu diketahui oleh anda kalau berat tersebut merupakan ukuran berat rata-rata dari buah tanaman kesemek. Jadi, biasanya ada yang bisa lebih dari itu dan ada juga yang kurang dari itu. Kulit buah yang dimiliki oleh tanaman kesemek ini cukup halus.

Selain halus, kulit buah tanaman kesemek ini juga akan terlihat seperti cerah yang mengkilap dan tipis. Warna buah yang dimiliki oleh tanaman kesemek ini memiliki warna yang bervariasi, dimana buah tanaman kesemek ini akan menampilkan buah dengan warna kuning, dan adapun warna yang orange serta merah. Secara umum, buah tanaman kesemek ini disertai dengan ukuran yang berdiameter berkisaran 2 hingga 8 cm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *