Perbedaan Homozigot dengan Heterozigot

Diposting pada

Perbedaan Homozigot dengan Heterozigot – Gen merupakan sifat yang diwariskan oleh orang tua yang akan mengontrol semua perilaku dan karakter makhluk hidup.

Perbedaan Tanaman Homozigot dengan Tanaman Heterozigot
Perbedaan Tanaman Homozigot dengan Tanaman Heterozigot

Sebagian besar sel uekariotik mempunyai dua jenis gen yang disebut gen ayah dan gen ibu yang ditunkan langsung dari orang tuanya.

Dua jenis gen ini kemudian disebut sebagai diploid atau dua set kromosom. Namun gen-gen ini kadang bisa bersifat dominan dan kadang bersifat regresif. Inilah gambaran sifat dari homozigot dan heterozigot.

Pengertian Homozigot

Homozigot merupakan salah satu bentuk genotip yang mempunyai sifat identik dengan aslinya. Gen yang homozigot biasanya harus terdiri oleh gen ayah dan gen ibu yang berkarakter sama.

Meskipun begitu, karakter gen yang dominan dan karakter gen yang resesif juga harus dipertimbangkan. Dalam beberapa pengecualian, genotype homozigot dapat mempunyai sifat dominan dua dan sifat resesif dua, atau ganda.

Contoh sederhana, bunga berwarna merah disilangkan dengan bunga berwarna putih. Setelah mempunyai keturunan, ternyata bunga yang tumbuh berwarna dominan yang merah.

Homozigot bisa dikatakan sebagai spesies yang kromosomnya mempunyai dua gen identic. Spesies homozigot hanya bisa membuat satu jenis gamet saja.

Oleh karena itu, spesies homozigot selalu bereproduksi secara alami. Dengan demikian, homozigot berarti spesies tertentu mempunyai dua alel tertentu sehingga mempunyai karakter genetic tertentu. Dua gen ini akan bergabung dan akan menutupi gen lain yang bersifat resesif.

Sebagai contoh, orang tua homozigot dominan pasti akan mempunyai anak dengan warna mata coklat, tidak tergantung warna mata pasangannya. Ini dikarenakan orang tua yang homozigot hanya mempunyai gen dominan. Gen dominan ini akan selalu mendominasi apapun gen yang dipunyai oleh pasangannya.

Orang tua dengan gen heterozigot kadang dapat mempunyai anak dengan warna mata biru jika berpasangan dengan orang yang mempunyai alel warna mata coklat dan biru. Pada keadaan ini, warna orang tua dari pasangannya tidak mempunyai peran untuk menentukan warna mata.

Dari contoh di atas dapat diambil kesimpulan bahwa homozigot adalah sifat suatu spesies yang genotipnya terdiri dari gen yang sama di dalam tiap jenis gen.

Pengertian Heterozigot

Heterozigot adalah spesies yang kromosomnya mempunyai gen yang berbeda dari pasangannya. Spesies yang heterozigot bisa membentuk labih dari satu jenis gamet.

Gen heterozigot bersifat tertutup, dalam arti gen ini akan tertutup atau sifatnya tidak akan terlihat. Contoh sedehana, seorang ibu mempunyai hidung yang mancung. Ternyata, tidak seorangpun anaknya yang mempunyai hidung mancung. Dari contoh dapat diambil kesimpulan bahwa gen pembentuk hidung mancung merupakan gen heterozigot.

Singkat kata, heterozigot adalah spesies diploid yang mempunyai dua gen tertentu pada alel yang berbeda. Spesies yang mengembangkan gen ini bisa disebut juga heterozigositas.

Dalam heterozigot, terdapat bermacam-macam komponen penyusun gen, dan gen ini pun ada yang dominan dalam satu wadah. Selain itu, heterozigot berarti sifat suatu spesies yang struktur genotipnya tersusun dari gen yang berbeda pada setiap jenis gennya.

Perbedaan homozigot dangan heterozigot

  • Gen homozigot akan selalu diwariskan pada spesies selanjutnya dan akan terlihat. Sedangkan gen heterozigot akan diwariskan dan hanya akan muncul pada spesies tertentu saja.
  • Gen homozigot akan muncul pada keturunannya, sedangkan gen keterozigot tidak akan muncul pada keturunannya bahkan bisa menghilang.
  • Homozigot akan bertindak sebagai dominan dan heterozigot bertindak sebagai tertindas.
  • Alel homozigot dapat mengekspresikan sifatnya, sementara alel heterozigot tidak bisa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *