Perbedaan Sel Eukariotik dan Sel Prokariotik

Diposting pada

Sel adalah bagian terkecil dalam tubuh semua makhluk hidup. Sel yang ada dalam semua makhluk hidup selalu berbeda satu sama lain.

Perbedaan Sel Eukariotik dan Sel Prokariotik
Perbedaan Sel Eukariotik dan Sel Prokariotik

Namun pada dasarnya tiap sel terbagi dalam dua jenis, yaitu sel eukariotik dan sel prokariotik. Sel prokariotik yang tidak mempunyai inti dan organel lain, sedangkan sel eukariotik mempunyai inti sel dan ribosom.

Terdapat banyak perbedaan antara sel eukariotik dan sel prokariotik. Perbedaan ini lebih terlihat pada struktur penyusunannya.

Kedua sel mempunyai DNA dan RNA dan disimpan dalam polipeptida. Perbedaan yang paling mendasar adalah sel eukariotik kadang bersifat uniseluler dan multiseluler juga mempunyai organel lainnya.

Sedangkan sel prokariotik hanya bersifat uniseluler dan hanya memiliki membran.

Sel eukariotik memiliki DNA yang terletak pada nucleus dan proses penyimpanan terdapat dalam satu sel serta memiliki organel lengkap.

Sedangkan sel prokariotik tidak memiliki nukelus atau organel lainnya sebagai tempat penyimpanan. Nukelus merupakan inti sel yang terdapat pada tiap sel.

Sel eukariotik

Jenis sel ini mengandung nucleus dan organel lainya secara lengkap sehingga bentuknya lebih besar daripada sel prokariotik.

Sel eukariotikdapat ditemukan pada organisme multisel, dan organisme yang meiliki sel eukariotik disebut dengan eukariota. Kelompok sel ini akan berevolusi dari jamur hingga manusia.

Organel dalan sel eukariotik bisa melakukan pekerjaan yang spesifik. Salah satu organel adalah mitokondria mempunyai tugas untuk menyediakan energi.

Sedangkan organel lain seperti zat vakuola mempunyai tugas sebagaia temat penyimpanan energy. Dengan adanya organel ini, pembagian tugas lebih jelas dan spesifik.

Susunan dasar dari organel inti sel berbentuk seperti cairan jeli, membaran plasma diisi sitoplasma.

Sitoplasma juga memiliki berbagai struktur seperti nukelus. sel eukariotik juga mempunyai membrane lain dengan fungsi berbeda, dan bersifat komplek.

Pada intinya, sel eukariotik bisa melakukan berbagai fungsi daripada sel prokariotik.

Sel prokariotik

Tidak seperti sel eukariotik, sel prokariotik tidak mempunyai nukelus, dan termasuk dalam golongan jenis bersel tunggal layaknya bakteri.

Organisme yang tumbuh dengan sel prokariotik disebut prokariota. Kebanyakan organisme yang masih berkembang sampai sekarang adalah dari golongan ini.

Prokariota merupakan organisme yang tidak mempunyai inti dan terikat oleh membrane. Prokariota hanya mempunyai ribosom namun tidak dilindungi oleh membrane.

Sel prokariotik melakukan metabolisme bertempat di sitosol dalam ribosom. Ukuran terkecil dari Sel prokariotik sekitar 2-5 skala micron.

Dengan ukuran yang terbilang mini, namun pada faktanya pada tiap sel terdapat bahan kimia yang berfungsi sebagai energy, reproduksi, dll.

Perbedaan sel eukariotik dan sel prokariotik

Dari segi bentuknya, sel eukariotik berukuran lebih besar dari pada sel prokariotik.

Ukurannya hingga sepuluh kali lipat dari sel prokariotik hingga mencapai 100 skala micron. sel eukariota juga berkembang lebih awal dari pada sel prokariotik.

Demikianlah selengkapnya mengenai Perbedaan sel eukariotik dan sel prokariotik :

  • Membran inti

Perbedaan paling terlihat nyata dari kedua sel ini adalah pada membara inti. sel eukariotik mempunyai inti sel, sel prokariotik tidak mempunyai.

  • Mesosom

Proses pernafasan sel eukariotik terjadi di mitokondria karena tidak punya mesosom. sel prokariotik memiliki mesosom sebagai tempat terjadinya pernafasan sel.

  • Nukleus

nucleus merupakan inti sel. sel prokariotik tidak punya karena tidak ada membrane inti. Sebaliknya sel eukariotik mempunyai membrane inti.

  • Pembawa Sifat

sel eukariotik sifatnya tersimpan dalam kromosom sedangkan sel prokariotik sifatnya tersimpan pada DNA.

  • Ribosom

sel eukariotik mempunyai ribosom lebih besar dan terletak pada ritekum endoplasma. Sedangkan sel prokariotik mempunyai ribosom lebih kecil terletak pada sitoplasma.

  • Organel

sel prokariotik tidak memiliki organelle sedangkan sel eukariotik organel lengkap.

  • Dinding Sel

sel eukariotik belum tentu mempunyai dinding sel seperti tumbuhan. dinding sel prokariotik mengandung peptidoglikan.

  • Ukuran

Diameter ukuran sel eukariotik mencapai 10-100 nm sedangkan sel prokariotik hanya 1-10nm.

  • Alat gerak

Alat gerak pada eukariotik adalah silia, amoeba atau flagella. dalam sel prokariotik alat bantu gerak hanya sel flagella.

  • Mitosis dan meiosis

Eukariotik melakukan meiosis dan mitosis sedangkan sel prokariotik tidak melakukannya.

Demikianlah pembahasan kita dalam kesempatan kali ini mengenai Perbedaan Sel Eukariotik dan Sel Prokariotik. Semoga bisa bermanfaat.

Baca Juga : Pengertian Keragaman Somaklonal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *