Syarat Tumbuh Tanaman Bawang Daun

Diposting pada

Semua pasti telah mengenal tanaman bawang daun. Bawang daun yang memiliki nama ilmiah Allium fistulosum ini merupakan jenis bawang perennial.

Syarat Tumbuh Tanaman Bawang Daun
Syarat Tumbuh Tanaman Bawang Daun

Selain itu, bawang daun juga memiliki nama lain dalam bahasa asing seperti green onion, spring onion, salad onion, dan lain-lain.

Bawang daun merupakan salah satu jenis tanaman sayuran dari kelompok tanaman bawang yang memiliki ciri-ciri daunnya berbentuk panjang dan berwarna hijau tua di ujungnya, sedangkan batang daunnya memiliki warna hijau muda dengan tekstur yang sedikit keras.

Ada banyak sekali jenis bawang daun yang diketahui, namun jenis bawang daun yang paling umum dikonsumsi di Indonesia adalah Allium fitulosum dan A. ascalonicum. Berbeda dengan tanaman bawang lain pada umumnya, di dalam menanam bawang daun, kamu tidak akan menemukan umbi.

Tanaman ini dapat dengan mudah dijumpai baik di pasar tradisional maupun di swalayan. Hal ini dikarenakan tanaman bawang daun telah populer di kalangan masyarakat Indonesia sebab tanaman ini sering digunakan oleh masyarakat sebagai bumbu dapur pelengkap masakan.

Selain di Indonesia, tanaman ini juga banyak digunakan sebagai bahan makanan di negara Asia lainnya, terutama di Tiongkok, Jepang dan Korea. Penggunaan bawang daun biasanya dengan cara diiris kecil-kecil untuk untuk kemudian dicampurkan ke dalam masakan seperti soto, mie ayam, bakso, martabak telur, sop, dan masih banyak lagi tentunya.

Meskipun bawang daun banyak dan mudah ditemukan di pasar-pasar, tidak ada salahnya kok jika kamu tertarik untuk membudidayakan tanaman ini sendiri.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Bawang Daun

Nah, untuk mendapatkan kualitas tanaman bawang daun yang baik, kamu harus tahu dulu apa saja yang menjadi syarat untuk menanam bawang daun. Berikut adalah syarat tumbuh tanaman bawang daun yang wajib kamu ketahui.

Syarat Tumbuh Tanaman Bawang Daun

1. Suhu

Tanaman bawang daun membutuhkan suhu udara yang berkisar diantara 19 derajat celcius hingga 24 derajat celcius.

Apabila kamu menanam bawang daun pada suhu udara yan melebihi batas maksimum, maka proses fotosintesis tidak dapat berjalan dengan sempurna dan bahkan dapat terhenti. Suhu udara yang terlalu rendah juga dapat menyebabkan bawang daun mati.

2. Kelembapan Udara

Syarat Tumbuh Tanaman Bawang Daun yang kedua adalah kelembaban udara. Kelembapan udara yang optimal untuk pertumbuhan bawang daun adalah 80 hingga 90 persen. Sera curah hujan yang cocok bagi pertumbuhan bawang daun adalah sekitar 1.500 mm / tahun hingga 2000 mm / tahun.

3. Tanah

Keadaan tanah yang harus kamu perhatikan untuk menanam bawang daun adalah sifat fisik tanah, sifat kimia, hingga sifat biologisnya.

Sifat fisik tanah yang bagus untuk menanam bawang daun adalah tanah yang subur, gembur, dan mengandung banyak bahan organik, serta tata air dan udara di dalam tanah.

Untuk kondisi kimia tanah, tanah yang cocok untuk menanam bawang daun adalah tanah yang memiliki pH 6,5 hingga 7,5 dan sifat biologis tanah yang baik adalah tanah yang mengandung banyak bahan organik atau humur, memiliki unsur hara, dan organisme tanah yang menguraikan bahan organik tanah.

4. Ketinggian Tempat

Tanaman bawang daun pada dasarnya sangat cocok ditanam pada dataran tinggi (pegunungan) dengan ketinggian 900 hingga 1,700 meter di atas permukaan laut.

Namun tanaman ini juga cocok untuk ditanaman pada dataran rendah maupun dataran tinggi. Jika ditanam di dataran rendah, maka anakan bawang daun yang dihasilkan tidak akan terlalu banyak.