Syarat Tumbuh Tanaman Bawang Putih

Diposting pada

Sobat, ingat dengan salah satu dongeng yang berjudul “Bawang Merah Bawang Putih” tidak? Pasti ingat lah. Dongeng ini memang sempat viral pada masanya dan bahkan selalu terbesit dalam ingatan hingga sekarang.

Syarat Tumbuh Tanaman Bawang Putih
Syarat Tumbuh Tanaman Bawang Putih

Mengapa harus dua nama tanaman itu yang dijadikan ikon pada dongeng ini? karena dua warna yakni merah dan putih selalu menggambarkan watak jahat dan baik. Betul kan?

Berbicara mengenai bawang putih, yang memiliki watak baik, perlu nih kita belajar juga tentang seluk beluk satu tanaman ini.

Bawang putih (dalam bahasa latin disebut Allium sativum, sedangkan dalam bahasa inggris disebut garlic) merupakan nama tanaman dari jenis genus Allium dan juga merupakan nama dari jenis umbi-umbian.

Menurut sejarahnya, bawang putih ini telah digunakan manusia dalam kurun waktu kurang lebih 7.000 tahun. Perlu kita ketahui, bahwasannya bawang putih ini banyak tumbuh di kawasan Asia Tengah.

Bahkan saat ini telah menjadi bumbu utama yang menyebar di wilayah Asia, Afrika, tak lupa Eropa. Jika kita melihat masyarakat yang ada di kawasan Mesir Kuno, sebagian dari mereka mempercayai bawang putih ini sangat manjur digunakan sebagai obat.

Namun, karena kita hidup di Indonesia maka sudah jadi kebiasaan menggunakan bawang putih ini sebagai bumbu untuk memasak. Yummy!

Bawang putih ini memiliki rasa yang getir, dan bau yang sangat menyengat. Hal itu diakibatkan oleh zat kimia yang ada di dalamnya.

Zat itu bernama alliin. Jangan khawatir, karena rasa itu akan semakin menambah sedap masakan kita. Bahkan bawang putih ini memiliki khasiat yang lumayan besar lho untuk kesehatan.

Karena masuk dalam kategori umbi-umbian, maka sesungguhnya tidaklah sulit menanam bawang putih ini. Bahkan seiring perkembangan zaman kita bisa saja menanamnya sendiri di rumah, agar tidak jauh-jauh beli dan bisa langsung memetiknya.

Eits, tapi ingat ya. Meski dirasa mudah ditanam, sejatinya bawang putih juga memiliki syarat untuk bisa tumbuh dengan sempurna. Apa saja syarat-syarat itu? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Syarat tumbuh tanaman bawang putih

1. Iklim

Menjadi warga Indonesia memanglah sebuah kebanggan, karena daratan di negara kita ini sungguh ajaib karena bisa ditanami segala jenis tanaman dan pohon.

Bahkan disebutkan dalam sebuah lagu, orang bilang tanah kita tanah surga tongkat kayu dan batu jadi tanaman. Luar biasa kan?

Termasuk bawang putih, bisa hidup dan berkembang di tanah Indonesia. karena memiliki iklim yang sangat sesuai, yakni iklim tropis.

Sungguh sebuah keberuntungan karena bisa menumbuhkan segala tanaman dengan subur, termasuk bawang putih.

Dan jika pada daerah yang beriklim subtropis, tanaman bawang putih akan sangat baik dilakukan penanaman pada musim semi, dan akan memanen pada musim panas.

2. Suhu

Untuk bisa menanam bawang putih ini, maka suhu yang sesuai yaitu sekitar 20 derajat Celcius, sehingga membutuhkan lokasi yang cukup sejuk. Dan beruntungnya lagi, tanah Indonesia sangat cocok untuk menanam bawang putih ini. Subhanallaah.

3. Kelembaban

Cahaya matahari yang cukup dirasa mampu membantu kelangsungan hidup si  bawang putih ini. Jangan khawatir, karena jika lokasi di daerahmu tidak begitu sejuk dan dingin, kamu bisa menambahkan lokasi buatan untuk menanamnya agar kelembaban tanah tetap terjaga.

4. Media tanam

Para petani yang menanam bawang putih biasanya akan memilih jenis tanah lempung dengan tekstur sedikit berpasir, ada juga jenis tanah lain yakni gembur.

Bawang putih sangat baik bila ditanam di tanah yang demikian. Tak cukup itu ternyata kadar tanah dengan PH 5 sampai 7 sangat tepat untuk menanam bawang putih.

5. Ketinggian tanah

Menanam bawang putih ini bukan hal yang sulit dilakukan. Terutama jika kamu hidup di daerah pegunungan. Karena bawang putih akan tumbuh subur di daerah dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 700 hingga 1.000 meter diatas permukaan laut.

Sekali lagi, di Indonesia merupakan lokasi yang sangat cocok untuk membudidaya tanaman yang satu ini. Sebab di Indonesia sendiri banyak sekali dataran tinggi atau pegunungan, sehingga menjadi lokasi yang sangat tepat untuk menanam si kecil putih ini. Tentunya dengan tetap memperhatikan segala syarat yang telah disebutkan diatas tadi.

Oh iya sobat, jika saat ini sudah banyak pupuk organik maupun kimia yang khusus untuk tanaman bawang putih, maka kamu bisa menggunakannya untuk memupuk bawang putih ini. Tetapi ingat sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tanaman. Agar hasil bawang yang dipanen menjadi lebih maksimal.

Okee, kami rasa cukup sekian. Itulah penjelasan mengenai syarat tumbuh tanaman  bawang putih yaa. Jangan lupa perbanyak membaca dan nantikan artikel selanjutnya dengan pembahasan yang lebih menarik lagi tentunya. Selamat menanam ya!

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bawang Putih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *