Syarat Tumbuh Tanaman Kapas

Diposting pada

Tanaman kapas mulai muncul di Indonesia sejak diadakannya tanam paksa pada saat zaman pemerintah Belanda. Kapas berasal dari serat tanaman yang menyelubungi biji tanaman berkayu jenis gossypium.

Syarat Tumbuh Tanaman Kapas
Syarat Tumbuh Tanaman Kapas

Serat tanaman kapas biasa digunakan pada industri tekstil. Namun sayangnya, saat ini pemenuhan kapas untuk industri tekstil di Indonesia masih bergantung pada impor.

Hal ini terjadi karena rendahnya produksi kapas dalam negeri dikarenakan banyak petani yang kurang memiliki minat untuk mengembangkan tanaman kapas.

Secara morfologi, tanaman kapas tergolong pada tanaman yang memiliki akar tunggang. Akar tunggang ini dapat tumbuh dengan cepat bahkan mencapai 20-25 cm sebelum kecambah muncul dari permukaan tanah.

Panjang akar pada tanaman kapas dewasa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kelembapan tanah, suhu serta varietas tanaman kapas.

Dari akar tunggang nanti, akan tumbuh akar lateral yang tumbuh secara horizontal. Batang tanaman kapas tergolong pada batang berkayu yang memiliki ruas dan tekstur yang keras.

Panjang dan ruas pada batang tanaman kapas akan menentukan tinggi tanaman kapas. Batang yang memiliki ruas pendek menyebabkan tanaman kapas akan lebih cepat menua. Pada daun tanaman kapas, terdapat berbagai variasi pada bentuk, ukuran dan tekstur.

Semua tergantung pada jenis tanaman kapas. Umumnya, daun tanaman kapas memiliki rambut halus dengan tangkai daun berwarna hijau muda hingga hijau tua. Tanaman kapas memiliki ketebalan daun yang berbeda, terdapat yang tebal menyerupai kulit namun ada pula yang tipis bagai kertas.

Bunga tanaman kapas tumbuh di ketiak dan tumbuh secara sendiri-sendiri. Bunga ini memiliki kuncup berbentuk piramid dan memiliki warna hijau. Pada tanaman kapas, serat berasal dari biji di dalam buah yang dihasilkan oleh tanaman kapas.

Buah tanaman kapas memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda tergantung dari jenisnya. Namun umumnya, buah tanaman kapas memiliki berat berkisar antara 5-8 kg dengan warna hijau pucat dan licin.

Memiliki kulit dan mengandung sedikit kalenjar minyak. Biji tanaman kapas tumbuh di dalam buah tanaman kapas. Biji ini memiliki bentuk seperti buah pear dengan lapisan yang terdapat pada bagian luar kulit biji. Berat kapas yang ada pada kulit luar biji biasanya berkisar antara sepertiga dari berat kapas berbiji.

Syarat Tumbuh Tanaman Kapas

Untuk memulai menanam atau budidaya tanaman ini yang harus diperhatikan yang pertama kali adalah Syarat Tumbuh Tanaman Kapas. Berikut penjelasannya :

1. Iklim

Tanaman kapas termasuk pada tanaman subtropis namun tanaman ini dapat tumbuh juga pada iklim tropis. Hal ini karena dalam pertumbuhannya, tanaman kapas membutuhkan iklim yang hangat.

Curah hujan yang dibutuhkan agar tanaman kapas dapat tumbuh berkisar antara 850-1100 mm per tahun.

2. Suhu dan kelembapan

Suhu yang dibutuhkan tanaman kapas untuk dapat berkecambah berkisar antara 16 -27°C dengan kelembapan udara berkisar antara 70%.

Pada saat pertumbuhan, tanaman kapas membutuhkan suhu sekitar 27-32°C dan suhu malam minimum 15°C karena bila suhunya dibawah 15°C atau diatas 40°C maka pertumbuhan tanaman kapas akan terhenti.

3. Media taman

Tanaman kapas termasuk dalam tanaman yang dapat beradaptasi pada berbagai jenis tanah. Namun tanaman ini akan lebih produktif apabila ditanam pada tanah jenis alluvial dengan banyak bahan organik dan gembur serta tingkat kelembapan yang baik.

Tanah jenis ini memiliki sifat gembur dan porositas yang tinggi sehingga memudahkan untuk mengikat air.

4. Ketinggian tempat

Ketinggian tempat pada tanaman memengaruhi faktor iklim tempat tersebut. Sehingga penting untuk memperhatikan ketinggian tempat menanam tanaman.

Pada tanaman kapas, tanaman ini dapat tumbuh pada dataran rendah dengan ketinggian 10-150 mdpl. Tanaman kapas masih dapat bereproduksi dengan baik saat ditanaman pada tempat dengan ketinggian diatas 150 mdpl namun pertumbuhan dan produksinya akan berkurang bila ditanam pada tempat dengan ketinggian di atas 260 mdpl.

Demikianlah pembahasan kali ini yang membahas mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Kapas. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kapas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *