Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa

Diposting pada

Hai pembaca yang budiman! Kali ini kita akan membahas salah satu tanaman yang memiliki seribu manfaat. Mengapa demikian?

Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa
Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa

Sebab setiap bagian tanaman ini mulai dari batang, buah hingga daunnya dapat dimanfaatkan untuk kehidupan. Tanaman tersebut yakni tanaman kelapa.

Tanaman kelapa (Cocos Nucifera L.) merupakan tanaman yang termasuk dalam suku aren-arenan (arecacae) dan berasal dari famili palmae.

Tanaman kelapa memiliki batang tunggal dan tidak bercabang dengan akar serabut yang sangat lebat. Ketinggian batang tanaman kelapa dipengaruhi oleh jenis varietasnya.

Daun tanaman kelapa tersusun melingkar pada batang pohon dengan ukuran sekitar 6-7 meter.  Pohon ini dapat berbuah sepanjang tahun.

Setiap bulannya, satu pohon kelapa dapat menghasilkan kisaran 20 butir pohon kelapa. Buah dari tanaman ini dapat berwarna kuning atau hijau serta dapat berubah coklat ketika sudah tua.

Buah kelapa terdiri dari tiga bagian. Yaitu lapisan kulit luar atau epicarp, lapisan kulit tengah atau mesocarp (sabut), dan lapisan dalam atau endocarp (tempurung).

Pada endocarp (tempurung kelapa), terdapat endosperm, yaitu daging buah yang melekat pada tempurung kelapa. Daging buah kelapa ini memiliki beragam kandungan, seperti kalori, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan lain-lain. Bahkan pada air kelapa, terdapat tanin atau antidotum yang bermanfaat sebagai anti racun.

Tanaman kelapa disebut-sebut sebagai pohon kehidupan atau tree of life karena banyaknya kegunaan keseluruhan bagiannya mulai dari akar, batang, daun, sampai buahnya. Pada setiap bagiannya saja memiliki berbagai macam manfaat yang multifungsi.

Dari banyaknya manfaat tersebut, selain serbaguna tanaman kelapa juga mempunyai nilai komersial yang tinggi.

Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa

Cara budidaya tanaman kelapa tidak terlalu sulit hanya saya anda harus tahu terlebih dahulu syarat tumbuh tanaman kelapa agar hasil yang didapatkan melimpah :

1. Iklim

Diketahui bahwa kelapa dapat tumbuh pada daerah dengan iklim tropis. Meskipun sebenarnya tanaman kelapa mampu hidup dengan cakupan iklim yang cukup luas, namun akan tumbuh dengan baik pada iklim yang panas dan lembab.

Tanaman kelapa akan sangat baik bila mendapat sinar matahari secara langsung, penyinaran tidak kurang dari 2000 jam setiap tahunnya.

Curah hujan yang dibutuhkan sekitar 1000-2250 mm, untuk kepentingan budidaya agar hasil menguntungkan membutuhkan antara 1800-2000 mm setiap tahun dengan curah hujan yang merata.

Pada daerah pantai, meskipun curah hujan rendah namun kelapa dapat tumbuh dengan baik karena adanya air yang cukup di bawah permukaan tanah.

2. Suhu

Suhu yang diperlukan tanaman kelapa agar tumbuh optimal rata-rata 27°C setiap tahunnya dengan fluktuasi 6-7°C. Suhu menjadi faktor yang memiliki pengaruh besar tehadap pertumbuhan dan produksi buah.

Jika suhu terlalu tinggi, dapat mengakibatkan berkurangnya buah dan mengeringnya tanaman kelapa yang masih muda.

3. Kelembaban

Tanaman kelapa menyukai kelembaban udara atau RH (relatif humadity) yang tinggi, sekitar  70-80% atau lebih. RH yang rendah mengakibatkan kelapa tidak tumbuh subur.

Namun jika terlalu tinggi, dapat mengakibatkan beberapa kemungkinan seperti mengurangi penguapan (transpirasi) yang menyebabkan berkurangnya kemampuan pengambilan unsur-unsur hara. Selain itu juga dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya.

4. Tanah

Keasaman tanah atau pH normal tanaman kelapa dapat tumbuh antara 5.0-8.0, tetapi pertumbuhannya akan baik dengan pH optimum sekitar 5.5-6.5.

Pada dasarnya, tanaman kelapa dapat ditanam pada berbagai macam jenis tanah. Namun harus memenuhi beberapa syarat, yakni struktur tanah yang baik, peresapan air yang baik, memiliki daya tampung air yang besar, serta dianjurkan kondisi air tanah yang bergerak.

Umumnya, pohon kelapa yang berada di tepi sungai dan dekat pantai pertumbuhannya sangat baik, karena dekat dengan air yang bergerak. Kandungan melimpah oksigen (O₂) yang dihasilkan air yang bergerak tersebut, sangat baik untuk pertumbuhan akar.

5. Ketinggian Tempat

Tanaman kelapa dapat tumbuh pada 0 m dpl (pesisir pantai) sampai 700 m dpl. Menurut jurnal karya M. Ariyanti, dkk (2018) pertumbuhan optimal tanaman pohon kelapa pada ketinggian 0-450 m dpl, lebih dari itu dapat mengakibatkan lambatnya waktu berbuah, kuantitas buah yang sedikit serta kadar minyak yang rendah.

Nah itulah syarat tumbuh tanaman kelapa yang wajib kita ketahui sebelum melakukan proses budidaya.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *