Syarat Tumbuh Tanaman Singkong

Diposting pada

Singkong (manihot utillisima) merupakan sebuah perdu (tumbuhan kayu bercabang)  tahunan  dari tropika, dan ia juga merupakan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Tanaman singkong bisa tumbuh sepanjang 7 meter , dan cabangnya juga agak jarang.

Syarat Tumbuh Tanaman Singkong
Syarat Tumbuh Tanaman Singkong

Untuk ukuran umbi singkong,  biasanya memiliki garis tengah 2 – 3 cm  serta panjang 50-80 cm , namun ukuran tersebut bisa berubah tergantung dari klon (hasil kloningan). Selain itu, warna dari bagian dalam umbi singkong adalah putih atau kekuning kuningan.

Varietas Tanaman Singkong

Saat ini, Umbi Singkong terdapat 10 varietas. Dari 10 varietas tersebut, dikelompokan lagi menjadi 2, yakni kelompok untuk pangan dan juga kelompok industri. Berikut adalah kelompok varietas umbi singkong:

1. Varietas Untuk Pangan

  • N1 Mekarmanik
  • Adira 1
  • Malang 1
  • Malang 2
  • Darul Hidayah

2. Varietas Untuk Untuk Industri

  • N1 Mekarmanik
  • Adira 2
  • Adira 4
  • Malang 4
  • Malang 6
  • UJ 5
  • UJ 3

Syarat Tumbuh Tanaman Singkong

Ada beberapa syarat yang harus anda perhatikan saat menanam umbi singkong agar umbi singkong bisa tumbuh dengan sempurna sehingga hasilnya bisa diolah. Berikut adalah Syarat Tumbuh Tanaman Singkong :

1. Iklim

Iklim di Indonesia yang tropis cocok untuk menanam umbi singkong. Namun, anda perlu perhatikan bahwa walaupun cocok di daerah tropis, curah hujan yang sesuai untuk umbi singkong adalah 1.500-2500 mm/ tahun, sehingga umbi singkong memiliki ketersediaan air di  dalam tanah.

Selain curah hujan yang dibutuhkan tanaman umbi singkong,  sinar matahari juga dibutuhkan untuk tumbuhnya tanaman umbi singkong. Dibutuhkan sekitar 10 jam  / hari sinar matahari agar tanaman umbi singkong bisa tumbuh dan juga subur.

2. Suhu

Suhu udara yang dibutuhkan untuk tanaman umbi singkong adalah sekitar 10 derajat celcius. Jika suhunya di bawah 10 derajat celcius maka tanaman singkong tidak akan tumbuh dengan sempurna .

Tanaman umbi singkong hanya bisa di daerah dataran tinggi, karena suhu disana cukup tinggi sehingga membuat tanaman umbi singkong menjadi tumbuh.

Atau jika anda ingin menanam singkong di dataran rendah, anda bisa menanamnya di indoor dengan menggunakan pendingin ruangan.

3. Kelembapan Udara

Agar tanaman umbi singkong bisa tumbuh, Kelembapan Udara (konsentrasi uap air di udara)  adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh anda.  Untuk umbi singkong, kelembapan udara yang diperlukan adalah 60-65%. .

Dengan kelembapan udara yang tinggi, maka umbi singkong akan bertumbuh dengan baik, dan tanaman umbi singkong tidak akan terserang bakteri yang menyebabkan penyakit pada umbi singkong tersebut.

4. Media Tanam

Tanaman umbi singkong harus memiliki tanah yang berstuktur remah, gembur dan tidak terlalu liat, poros, serta kaya akan bahan organik. Selain itu,  jenis tanahnya juga harus berjenis aluvial latasol, podsolik merah kuning, gromosol dan juga andosol.

Derajat keasamannya pun juga harus diperhatikan, yakni berkisar 4,5-80 dengan pH ideal 5,8. Umumnya, tanah di Indonesia ber pH sekitar 4,0- 5,5 sehingga keasaman ini cukup netral untuk kesuburan tanaman umbi singkong.

5. Ketinggian Tempat

Ketinggian tempat juga merupakan salah satu hal yang membuat tanaman umbi singkong menjadi tumbuh.   Untuk ketinggian yang cocok bagi tanaman umbi singkong adalah antara 10-700 mdpl dengan toleransi antara 10-1.500 mdpl, sehingga tanaman umbi singkong tumbuh dengan baik.

Demikianlah yang bisa ane sampaikan dalam kesempatan ini mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Singkong. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Singkong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *