Syarat Tumbuh Tanaman Zaitun

Diposting pada

Seperti namanya, minyak zaitun berasal dari tanaman zaitun, tepatnya buah zaitun. Tanaman dengan nama latin  Olea europaea ini merupakan tanaman yang memiliki warna hijau abadi.

Syarat Tumbuh Tanaman Zaitun
Syarat Tumbuh Tanaman Zaitun

Dari buah zaitun, kita bisa memakannya secara mentah saat masih muda. Sedangkan buah yang sudah tua akan diekstrak menjadi minyak zaitun seperti yang sekarang banyak beredar dipasaran.

Kayanya manfaat minyak zaitun menyebabkan permintaan pasar meningkat. Akhirnya, banyak produsen mengeluarkan brand baru dan saling bersaing perihal kualitas minyak zaitun.

Tapi tahukah Anda,  jika minyak zaitun terbaik juga dihasilkan dari tanaman zaitun terbaik?

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Zaitun

Syarat Tumbuh Tanaman Zaitun

Dibawah ini adalah beberapa Syarat Tumbuh Tanaman Zaitun yang harus kita pahami bersama sebelum melakukan proses budidaya  :

1. Iklim

Sebenarnya tanaman zaitun bisa tumbuh baik pada musim panas maupun musim dingin. Namun musim yang terlalu dingin dan membawa es akan dapat memperlambat pertumbuhan zaitun.

Begitu juga ketika musim panas, keadaan tanah yang terlalu kering juga bisa menyebabkan kematian pada zaitun. Tak jarang kematian zaitun mencapai 50 % dari total yang ditanam. Dengan tingkat kematian karena hujan lebih tinggi dibandingkan karena panas.

Pastikan agar bunga zaitun mekar saat musim panas, hal ini akan memudahkan penyerbukan oleh angin. Apabila bunga zaitun mekar saat musim basah, penyerbukan akan lebih sulit berhasil.

2. Tanah

Tanah yang digunakan adalah tanah yang kaya akan humus dan gembur, tanah dengan drainase yang baik atau ketersediaan air yang cukup. Tambahkan pula pupuk yang kaya nitrogen jika dirasa tanaman zaitun kekurangan nutrisi.

Dalam proses penanaman Zaitun tanah yang digunakan sebagai media tanam terdiri atas campuran arang sekam, pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 1:1:1. Media tanam yang baik memiliki kemungkinan besar untuk hidup tanaman zaitun yang ideal.

3. PH

PH tanah untuk menanam tidak boleh kurang dari 6,5 dan akan lebih baik dengan tambahan kapur.

Pembibitan

Sekarang ini telah banyak toko pertanian yang menjual bibit zaitun terbaik dengan beraneka harga yang rata-rata memang terbilang mahal, Anda bisa menyesuaikan dengan  kebutuhan ya. Pastikan bibit yang kita pilih memiliki produktivitas unggul.

Pembibitan bisa dilakukan dengan polybag berdiameter 50 cm. Namun zaitun juga bisa ditanam di drum untuk pertumbuhan yang lebih besar dan cepat, diameter drum sekitar 120 cm.

4. Suhu

Suhu ideal diatas 25 derajat celcius. Sekalipun tanaman ini asli Timur Tengah, namun dengan penanaman suhu diatas 25 derajat celcius, zaitun akan bisa bertahan. Pada dasarnya tanaman ini mudah beradaptasi pada cuaca yang panas maupun dingin.

5. Perawatan

Pemangkasan pada zaitun tidak terlalu sering dilakukan atau biasanya setahun sekali saja. Tanaman ini terbilang lambat bertumbuh, pemangkasan dilakukan ketika ada ranting yang mengganggu, mati, atau untuk sedikit mempercepat pertumbuhan.

Pada masa muda, tanaman ini lebih rentan terkena kutu sehingga perlu lebih sering dilakukan pembersihan, penyemprotan insektisida juga bisa dilakukan.

Pemberian pupuk untuk zaitun muda (minimal usia 30 hari) cukup segenggam pupuk NPK dan apabila telah dewasa pemberian pupuk 3 – 6 bulan sekali dengan penyiraman dilakukan sehari sekali dan sebaiknya dilakukan di sore hari.

6. Masa Panen

Tanaman zaitun tergolong berusia panjang hingga mencapai ribuan tahun. Tanaman ini akan mulai tumbuh ketika usia 5 tahun. Masa pemanenan bisa dimulai saat tanaman zaitun berusia muda sampai saat berubah warna menjadi keunguan.

Itulah tadi beberapa syarat ideal untuk menghasilkan tanaman zaitun yang berkualitas. Jangan lupa untuk menyiapkan lahan yang luas dalam menanam zaitun karena lambat laun ia akan tumbuh menjadi pohon besar.

Bagaimana? Demikianlah yang bisa saya sampaikan mengenai pembahasan Syarat Tumbuh Tanaman Zaitun. Semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *