9 Manfaat Akar Wangi Yang Wajib Anda Tahu

Diposting pada

Akar wangi adalah tanaman yang bisa menghasilkan minyak melalui proses penyulingan dan ternyata ada banyak sekali manfaat akar wangi yang perlu Anda ketahui.

9 Manfaat Akar Wangi Yang Wajib Anda Tahu

Tanaman akar wangi yang mempunyai nama ilmiah Chrysopogon zizanioides salah satunya adalah sebagai sumber wangi-wangian atau menjadi wewangian.

Akan tetapi, akar wangi selain sebagai wewangian ternyata juga baik untuk kesehatan.

Di mana apabila dilihat dari asal-usulnya, akar wangi masuk dalam kelompok Poleaxe Ace atau masih dalam satu keluarga dengan padi atau serai.

Kemudian, akar wangi juga mempunyai nama lain atau sebutan lain mulai dari serai wangi, rumput akar wangi, vetiver, dan lainnya.

Tanaman akar wangi juga merupakan sejenis rumput yang berasal dari India dan bisa tumbuh sepanjang tahun.

Akar wangi sebagai wewangian ini dengan cara akar tanaman tersebut dikeringkan dan lalu digunakan menjadi pengharum lemari pakaian atau yang lainnya.

Aroma wangi dari tanaman akar wangi ini sebenarnya berasal dari minyak atsiri yang terdapat atau dihasilkan pada bagian akar.

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui kalau tanaman akar wangi ini menjadi komoditas perdagangan meskipun nilainya tidak dalam jumlah yang besar.

Di negara Indonesia sendiri pusat pengolahan minyak akar wangi ini berada di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Akar wangi yang berasal dari Garut memang sangat populer sehingga selain dipasarkan di dalam negeri juga diekspor ke luar negeri.

Tanaman akar wangi juga menjadi produk unggulan ekspor Indonesia dari kategori minyak atsiri dan tanaman ini biasanya diolah menjadi minyak esensial yang berguna sekali untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga : Syarat Tumbuh Tanaman Akar Wangi

Manfaat Akar Wangi yang Wajib Anda Tahu

Rupanya tanaman akar wangi ini tidak hanya sebagai sumber wewangian seperti yang telah disebutkan di atas.

Tanaman akar wangi ini juga mempunya segudang manfaat yang penting bagi kesehatan.

1. Dapat digunakan untuk mengusir serangga

Manfaat akar wangi yang pertama adalah untuk mengusir serangga caranya adalah dengan cara melumurkan minyak akar wangi ke bagian tubuh sehingga Anda bisa terhindar dari gangguan serangga.

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2015 silam yang menyebutkan bahwa minyak akar wangi ini sangat efektif mengusir kutu serangga.

Pasalnya, minyak akar wangi ini mempunyai sifat racun dan efektif untuk mengusir berbagai macam serangga, termasuk kutu.

Namun perlu diketahui bahwa jangan mengoleskan minyak akar wangi pada kulit anak, karena belum ada penelitian mengenai pemakaian minyak akar wangi pada anak-anak untuk mengusir serangga.

2. Mencegah terjadinya kerusakan pada syaraf

Dalam akar wangi mempunyai kandungan tonic nervine terutama pada bagian minyaknya. Dengan rutin menggunakan minyak akar wangi ini dapat membuat kesehatan syaraf lebih baik.

Selain itu, minyak akar wangi juga dikenal efektif untuk menyembuhkan berbagi keluhan pada syaraf akibat depresi, stres, dan syok.

Dengan kata lain, minyak akar wangi ini juga mempunyai khasiat dalam mengatasi masalah trauma psikologis seperti epilepsi, kecemasan, histeria, tremor, dan parkinson.

Akan tetapi, tentunya dengan melakukan perawatan secara rutin dalam hal menggunakan minyak agar manfaat akar wangi bisa Anda rasakan lebih jauh.

3. Dapat meningkatkan kinerja otak

Dalam sebuah penelitian Scopmed tahun 2016 silam minyak aromaterapi dari akar wangi ini mempunyai manfaat dalam meningkatkan kinerja fungsi otak dan kewaspadaan.

Maka dari itulah, tanaman akar wangi ini baik dalam meningkatkan konsentrasi terutama bagi Anda yang mengalami kesulitan berkonsentrasi dalam hal apapun.

Dengan begitu Anda bisa lebih mudah foku dan berkonsentrasi dalam melakukan apa saja.

4. Dapat mencegah infeksi bakteri

Di negara India, akar wangi ini kerap digunakan sebagai pengobatan dalam mengatasi masalah pertumbuhan bakteri karena suhu yang terlalu panas di sana.

Hal ini menimbulkan banyak orang yang mengalami masalah pada luka yang menimbulkan risiko sepsis. Caranya adalah dengan menggunakan minyak akar wangi secara langsung.

Sebagaimana dilansir dari Food NDTV akar wangi adalah antiseptik yang ampuh. Dengan menggunakan akar wangi ini dapat membuat perkembangbiakan  bakteri Staphylococcus aureus dapat dicegah sejak dini.

Selain itu, kandungan minyak akar wangi tersebut  juga sangat aman apabila digunakan dalam pemakaian luar di bagian kulit yang terluka.

Oleh karena itu, jangan takut untuk menggunakannya sebagai obat luka agar tidak terinfeksi oleh bakteri.

5. Dapat meningkatkan imunitas tubuh

Dalam akar wangi ini mengandung zat antikosidan yang tinggi, sehingga ini baik dalam meningkatkan  imuntas tubuh.

Adapun cara kerja akar wangi ini adalah membasmi segala macam racun yang ada di dalam tubuh dan juga dapat memerangi masalah radikal bebas.

Anda bisa menggunakan akar wangi menjadi minyak esensial dan gunakan sebagai aromaterapi lalu ditaruh di tempat yang paling disukai di dalam rumah.

Dengan menghirup aromaterapi di dalam rumah yang terbuat dari minyak akar wangi ini akan  membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar sepanjang waktu apabila digunakan secara rutin.

6. Dapat mengatasi masalah susah tidur atau insomnia

Dalam akar wangi yang dibuat menjadi minyak ini mempunyai kandungan atau sifat sedatif sehingga dapat melumpuhkan kesadaran.

Akan tetapi, meskipun begitu tanaman akar wangi ini juga tidak berbahaya karena mempunyai aroma khas.

Maka dari itu sebaiknya menggunakan akar wangi ini apabila Anda mengalami susah tidur sehingga mampu menjadi lebih cepat mengantuk.

Oleh karena itu, apabila Anda menyukai aroma yang harum maka gunakan wangi dari minyak
essential oil akar wangi ini. Sehingga adalah solusi terbaik dalam mengatasi masalah susah tidur atau insomnia.

Kemudian, minyak akar wangi ini juga mempunyai peran dalam mengatasi masalah  kecemasan dan emosional yang dapat menyebabkan insomnia atau susah tidur tersebut.

7. Dapat mengatasi masalah peradangan

Manfaat akar wangi lainnya untuk kesehatan adalah dapat mengatasi peradangan.

Hal ini karena minyak akar wangi yang mengandung zat antiiflamasi ini dapat  memberikan efek yang menenangkan sehingga ampuh dalam meredakan segala jenis peradangan.

Terutama dalam mengatasi berbagai macam keluhan seperti sistem saraf dan masalah sirkulasi darah.

Kabar baiknya lagi, Anda cukup memberikan olesan minyak akar wangi sedikit saja ternyata sudah cukup membuat tubuh merasa nyaman.

Oleh sebab itu, apabila terjadi masalah seperti  pembengkakan karena dehidrasi atau kepanasan, hal ini bisa diatasi dengan menggunakan minyak akar wangi secara langsung.

8. Efektif cegah terjadinya penuaan dini

Kandungan antioksidan dalam akar wangi yang tinggi ini efektif dalam mencegah terjadinya penuaan dini.

Caranya adalah dengan menghirup aroma minyak akar wangi sebagai aromaterapi secara rutin akan membuat Anda terhindar dari masalah penuaan dini.

Selain dapat mencegah penuan dini, rupanya kandungan antioksidan dalam akar wangi ini juga bisa  membantu Anda terhindar dari masalah stres.

Pasalnya, seperti yang kita ketahui bahwa stres adalah salah satu hal yang dapat mempercepat proses penuaan dini.

9. Berperan aktif dalam menyamarkan noda pada luka

Adanya kandungan cicatrizant pada akar wangi ini adalah manfaat dalam menyamarkan noda luka.

Sehingga lebih efektif dalam mempercepat hilangnya masalah noda bekas luka atau bekas luka lainnya pada kulit.

Kandungan zat yang efektif pada akar wangi tersebut dapat mendorong terbentuknya jaringan baru di sekitar kulit yang terinfeksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *