16 Manfaat Buah Sirsak : Kandungan dan Efek Samping Untuk Kesehatan

Diposting pada

Buah sirsak memang sudah lama dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaa atau khasiat bagi kesehatan.

16 Manfaat Buah Sirsak  Kandungan dan Efek Samping Untuk Kesehatan
16 Manfaat Buah Sirsak Kandungan dan Efek Samping Untuk Kesehatan

Buah yang memiliki nama lain sebagai ‘Nangka Landa’ ini memang mudah didapatkan karena bisa dikatakan sebagai salah satu buah khas Indonesia atau buah lokal.

Salah satu manfaat terkenal yang terkandung di dalam buah sirsak adalah digunakan sebagai pengobatan kanker.

Maka dari itu, buah sirsak menjadi salah satu buah favorit untuk dimakan, terlebih lagi bagi seseorang yang memang membutuhkan buah ini demi kesehatannya.

Bagi anda yang penasaran dan ingin lebih tahu tentang apa saja Manfaat Buah Sirsak : Kandungan dan Efek Samping Untuk Kesehatan, maka silahkan anda simak baik-baik penjelasan kami berikut ini.

Kandungan Buah Sirsak

Di bawah ini beberapa kandungan buah sirsak yang harus anda ketahui diantaranya :

  1. Serat
  2. Karbohidrat sebanyak 38 gram
  3. Kalium
  4. Vitamin C
  5. Air sebanyak 183 gram
  6. Fosfor sebanyak 27 mg
  7. Kalsium sebanyak 14 mg

Manfaat Buah Sirsak

Manfaat buah sirsak memang banyak sekali. Untuk itu, kami akan menjelaskannya secara lengkap khusus untuk anda.

1. Mencegah ambeien

Manfaat pertama yang terkandung di dalam buah sirsak adalah sebagai obat pencegah ambeien.

Masalah ambeien merupakan salah satu hal yang akan sangat mengganggu karena membuat kita tidak bisa duduk dan menyebabkan rasa sakit yang terkadang tidak bisa tertahankan.

Umumnya, penyakit ambeien memang dialami oleh orang yang sudah tua alias lansia, namun beberapa orang yang umurnya masih muda pun tidak jarang terkena ambeien.

Buah sirsak bisa menjadi solusi untuk mengatasi penyakit tersebut. Langkah yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan satu sampai dua buah sirsak dan kemudian anda harus mulai memerasnya.

Saring air perasannya dan kemudian anda hanya tinggal langsung meminumnya. Minum air perasan buah sirsak minimal 2 kali dalam sehari untuk dapat memperoleh hasil yang lebih maksimal.

2. Mencegah diare bayi

Jika orang dewasa yang mengalami diare memang akan membuat orang-orang terdekatnya merasa khawatir, namun bagaimana jadinya jika yang mengalami diare adalah bayi?

Tentu kondisi ini akan membuat orang tua merasa sangat khawatir dan bahkan keluarganya pun juga turut khawatir dan ingin segera membawanya ke dokter.

Namun ternyata diare yang dialami oleh bayi bisa disembuhkan dengan meminumkan buah sirsak. Sebenarnya untuk cara penggunaannya pun sama dengan ketika anda mengobati ambeien untuk orang dewasa.

Ya, anda hanya perlu menyaring perasan buah sirsak dan kemudian anda minumkan kepada anak anda. Minum sebanyak 2 sampai dengan 3 sendok makan setiap hari.

Berikan perasan buah sirsak tersebut secara rutin agar hasilnya bisa lebih maksimal sampai diare yang dialami oleh bayi anda benar-benar sembuh.

Namun jika ternyata pengobatan yang anda lakukan belum memberikan hasil, maka anda harus segera membawanya ke dokter.

3. Mencegah dari anyang-anyang

Anyang-anyang merupakan kondisi yang bisa dikatakan hanya dialami oleh pria. Orang yang mengalami anyang-anyang akan membuatnya mengalami buang air kecil dalam waktu yang sering alias pipisan.

Jika hal ini terjadi pada anda, tentu akan membuat aktivitas anda menjadi terganggu. Buah sirsak bisa menjadi solusi untuk anda yang mengalam anyang-anyang.

Caranya adalah anda harus merebus buah sirsak yang setengah matang dan kemudian anda harus menambahkan gula secukupnya.

Pastikan bahwa sebelumnya anda telah mengupas buah sirsak tersebut.

Jika sudah selesai, maka anda harus menyaring air rebusan dan tinggal meminumnya secara rutin. Minum ramuan tersebut minimal dua kali dalam sehari jika ingin memperoleh hasil yang maksimal.

4. Pencegah penyakit liver

Manfaat lain yang juga terkandung di dalam buah sirsak adalah dapat digunakan sebagai pencegah penyakit liver. Penyakit liver merupakan salah satu penyakit berbahaya yang menyerang organ utama tubuh.

Agar anda tidak sampai menderita penyakit liver yang parah, maka anda bisa mengobatinya dengan memanfaatkan buah sirsak.

Caranya sangat sederhana, yakni anda harus membuat jus sirsak dan anda harus meminumnya secara rutin. Minum jus buah sirsak minimal dua kali dalam sehari.

Efek Samping Buah Sirsak

Disamping banyak manfaatnya ternyata buah ini memiliki efek samping juga. Berikut ini adalah Efek Samping Buah Sirsak :

1. Gangguan pada uterus

Memang buah sirsak aman untuk dimakan. Namun bukan berarti anda harus memakannya secara berlebihan.

Jika anda sering makan buah sirsak dalam kadar yang berlebih, maka anda bisa mengalami gangguan pada uterus.

Selain itu, buah sirsak yang dimakan secara berlebihan bisa menyebabkan anda mengalami penyakit kardiovaskuler.

Dan karena masalah yang akan dialami terjadi pada uterus, maka ibu hamil tidak dianjurkan mengkonsumsi buah sirsak secara berlebihan.

Jika ada ibu hamil tetap memaksa mengkonsumsi buah sirsak, maka bisa menyebabkan bayi lahir secara prematur dan bahkan bisa menyebabkan keguguran.

2. Infeksi jamur

Buah sirsak memang mengandung banyak zat yang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan, namun jika anda mengkonsumsinya dalam kadar yang berlebihan malah akan menyebabkan anda mengalami penyakit infeksi, salah satunya adalah infeksi jamur.

Dengan kata lain, mengkonsumsi buah sirsak yang berlebihan bukan malah membuat tubuh anda sehat, melainkan malah akan mengundang penyakit.

Maka dari itu, anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah sirsak dalam kadar yang berlebihan agar tidak sampai menimbulkan masalah pada tubuh anda.

3. Menyebabkan tekanan darah rendah

Jika anda sebelumnya menderita darah rendah, memang buah sirsak bisa menjadi solusi untuk membuat tekanan darah anda normal kembali.

Namun jika sebelumnya anda merupakan orang yang memiliki tekanan darah normal dan mengkonsumsi buah sirsak berlebihan, maka yang anda dapatkan malah tekanan darah tinggi.

Seseorang yang menderita tekanan darah rendah akan membuatnya mengalami pusing dan terkadang konsentrasi menjadi menurun.

Maka dari itu, bagi anda yang tidak menderita tekanan darah rendah, jangan mengkonsumsi buah sirsak dalam takaran yang berlebih karena malah akan menimbulkan masalah untuk kesehatan anda.

4. Sembelit

Jika sebelumya kami telah menjelaskan bahwa buah sirsak mampu digunakan sebagai obat diare karena kandungan serat di dalamnya, namun jika buah ini dimakan dalam kadar yang berlebihan malah bisa menyebabkan seseorang tersebut menderita sembelit.

Sembelit merupakan sebuah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan dalam buang air besar.

Kondisi ini juga biasanya disebut dengan konstipasi. Bahkan, jika anda sering memakan buah ini dalam kadar yang berlebih, maka akan menimbulkan dehidrasi.

Dehidrasi merupakan sebuah kondisi dimana seseorang mengalami rasa haus berlebih yang terkadang tidak cukup hanya minum air mineral.

5. Membunuh bakteri baik

Efek samping yang juga harus anda pahami ketika mengkonsusmi buah sirsak adalah buah ini bisa menyebabkan terbunuhnya bakteri baik.

Bakteri baik memang dibutuhkan oleh tubuh sehingga jangan sampai bakteir tersebut malah mati karena anda sering mengkonsusmi buah sirsak.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai Manfaat Buah Sirsak : Kandungan dan Efek Samping Untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *