Manfaat Pupuk SP36 Untuk Tanaman Padi

Diposting pada

Manfaat Pupuk SP36 Untuk Tanaman Padi – Padi merupakan bahan makanan pokok bagi masyarakat di Indonesia. Agar tanaman padi tumbuh subur dan hasilnya memuaskan, petani perlu melakukan pemupukan.

Manfaat Pupuk SP36 Untuk Tanaman Padi
Manfaat Pupuk SP36 Untuk Tanaman Padi

Pupuk sangat diperlukan karena merupakan sumber nutrisi yang baik bagi tanaman padi. Secara umum, pupuk sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu pupuk organik atau kandang (tersusun dari materi makhluk hidup) dan pupuk anorganik atau buatan (tersusun dari bahan kimia dan buatan pabrik).

Sesuai rekomendasi pemerintah, kedua jenis pupuk tersebut sama-sama dibutuhkan pada tanaman padi. Terdapat berbagai macam pupuk anorganik yang sering dipakai petani pada tanaman padi, salah satu di antaranya adalah Pupuk SP36 (Super Fosfat).

Mengenal Pupuk SP36

Pupuk SP36 yang diproduksi oleh PT Petrokimia Gresik ini merupakan pupuk yang mendapatkan subsidi dari pemerintah Indonesia, oleh karena itu banyak petani yang menggunakan Pupuk SP36 karena harganya yang cukup murah dan terjangkau.

Harga satu kilogram Pupuk SP36 kurang lebih Rp 2.500,00 atau Rp 95.000,00 untuk ukuran 50 kilogram.

Pupuk SP36 terdiri dari unsur hara fosfor (P) dalam bentuk P205 yang cukup tinggi, yaitu sebesar 36%. Unsur hara fosfor (P) berfungsi salah satunya untuk mempercepat pertumbuhan akar, sehingga dapat meningkatkan kekuatan akar pada tumbuhan tersebut.

Terdapat beberapa sifat dan ciri-ciri khusus pada Pupuk SP36. Pupuk ini tidak bersifat higroskopis (tidak mudah menghisap air), sehingga dapat disimpan dalam waktu yang lama walaupun tingkat kelembaban udaranya tinggi.

Meskipun sifat pupuk ini mudah larut di dalam air, namun reaksinya lambat, sehingga sangat cocok digunakan sebagai pupuk dasar tanam pada tanaman musiman.

Jenis pupuk ini juga mudah terbakar oleh sinar matahari. Sementara itu, ciri-ciri fisik Pupuk SP36 adalah berbentuk butiran kecil yang berwarna abu-abu kehitaman.

Manfaat Pupuk SP36 Untuk Padi

Tanpa menggunakan pupuk, tentunya tanaman padi tidak akan menghasilkan panen yang baik. Oleh karena itu, memupuk tanaman padi wajib untuk dilakukan agar hasil panen dapat memuaskan dan menguntungkan petani.

Seperti pupuk pada umumnya, tentunya terdapat beberapa manfaat dan kelebihan yang ditawarkan Pupuk SP36 untuk tanaman padi bagi petani, di antaranya adalah:

  1. Menjadi sumber unsur hara dalam bentuk fosfor (P)
  2. Memacu pertumbuhan akar sehingga tanaman menjadi lebih kuat
  3. Memacu tanaman sehingga mampu membentuk dan memproduksi bunga maupun biji
  4. Meningkatkan kualitas dan presentase pembentukan bunga dan biji
  5. Merangsang pembelahan sel dan memperbesar jaringan atau sel tanaman
  6. Waktu panen menjadi lebih cepat
  7. Terbebas dari gangguan hama dan penyakit karena daya tahan tumbuhan akan meningkat

Terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki Pupuk SP36 sehingga bisa dijadikan pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan tanaman padi akan unsur hara fosfor.

Pertama, kandungan unsur hara fosfor (P) yang cukup tinggi yaitu sebesar 36%.

Kedua, unsur hara fosfor yang terkandung di dalamnya hampir seluruhnya larut di dalam air.

Ketiga, Pupuk SP36 tidak mudah menyerap air sehingga pupuk dapat disimpan dalam waktu yang relatif lama (perlu diingat, harus tetap dalam kondisi penyimpanan yang baik dan benar).

Manfaat Fosfor (P) dalam Pupuk SP36

Setiap tanaman tentunya membutuhkan fosfor yang cukup agar pertumbuhannya berjalan dengan normal.

Hal ini disebabkan karena fosfor memiliki peranan yang penting dalam pertumbuhan tanaman, yaitu berperan aktif dalam proses respirasi, fotosintesis, berperan dalam mempercepat pertumbuhan akar dan perkecambahan, serta berperan dalam pembelahan dan perbesaran jaringan atau sel.

Fosfor juga berperan sebagai pemecah karbohidrat menjadi energi, penyusunan asam nukleat, pembentukan bibit tanaman dan penghasil buah, pemacu pertumbuhan akar sehingga meningkatkan daya tahan tumbuhan terhadap kekeringan, serta mempercepat masa panen tanaman padi.

Berdasarkan uraian di atas, terdapat banyak sekali manfaat dari fosfor terhadap tanaman padi. Oleh karena itu, Pupuk SP36 yang memiliki banyak kandungan unsur hara fosfor (P) sebesar 36% menawarkan banyak manfaat dan keuntungan bagi tanaman padi.

Penggunaan Pupuk SP36 pada tanaman padi merupakan pilihan yang tepat bagi petani agar hasil panen menjadi bagus, memuaskan, dan menguntungkan.

Cara Penggunaan Pupuk SP36

Untuk tanaman semusim, Pupuk SP36 sebaiknya digunakan dan dimanfaatkan sebagai pupuk dasar sebelum tanam. Sementara itu, untuk tanaman tahunan, Pupuk SP36 dapat diberikan pada awal dan akhir musim hujan.

Sebagai tambahan, pupuk tersebut perlu digunakan sesuai dengan takaran yang telah dianjurkan. Kapan jadwal pemupukan yang tepat juga harus diperhatikan agar pupuk dapat bermanfaat secara maksimal. Banyaknya jenis dan variasi pupuk yang tersebar di pasaran tentunya mampu memudahkan Anda dalam menentukan jenis pupuk terbaik bagi tanaman Anda.

Demikianlah penjelasan dan ulasan mengenai manfaat SP36 (Super Fosfat) untuk tanaman padi. Semoga hasil pertanian yang sedang Anda kerjakan memperoleh keuntungan yang besar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *