Pengertian Biologi Adalah : Manfaat dan Cabang-Cabangnya

Diposting pada

Pengertian Biologi Adalah : Manfaat dan Cabang-Cabang Biologi – Biologi bukan hanya saja penguasaan dalam kumpulan ilmu pengetahuan yang terdiri dari fakta fakta yang ada, konsep yang ada hinga prinsip yang kita gunakan, namun ilmu biologi berkaitan dengan cara mencari tahu dan memahami alam secara sistematis hingga terjadi suatu proses penemuan.

Pengertian Biologi Adalah Manfaat dan Cabang-Cabang Biologi
Pengertian Biologi Adalah Manfaat dan Cabang-Cabang Biologi

Pendidikan Biologi diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari dirinya sendiri dan alam sekitarnya.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian biologi dan manfaat serta cabang-cabang yang ada pada ilmu biologi. Penasaran bukan? Simak penjelasan berikut ini!

Pengertian Biologi

Manusia dengan akalnya telah menunjukkan kelebihannya dibandingkan dengan makhluk lainnya, yaitu ia mampu belajar dan mengembangkan berbagai ilmu pengetahuan.

Sebagai seorang calon ilmuwan tentu kamu dapat membayangkan bagaimana kondisi orangtuamu ketika masih kecil. Bukan dari fisik mereka, tetapi ilmu dan teknologi yang pernah digunakan di masa mereka.

Apalagi jika membayangkan kondisi bagaimana kehidupan manusia purba! Ini membuktikan bahwa manusia dengan akalnya telah berhasil mengangkat peradabannya dari zaman ke zaman berkat pengetahuan yang ditemukan dan dikembangkan itu.

Berbagai disiplin ilmu pengetahuan telah berkembang dan memberikan sumbangan terhadap peningkatan kualitas hidup bagi manusia.

Sama halnya dengan ilmu Biologi yang memiliki peranan sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang mengkaji tentang segala sesuatu yang ada hubungannya dan berkaitan dengan makhluk hidup dan kehidupannya.

Melalui biologi, manusia belajar memahami dan mengenali dirinya, agar menyadari diciptakan sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna. Dalam artikel ini kita akan membahas apa itu pengertian biologi hingga manfaatnya serta cabang-cabang yang ada pada biologi.

Suatu penelitian yang berjudul “ Interaksi antara musuh alami, herbivora, dan tanaman kakao”, berhasil menemukan solusi untuk mengatasi hama penyakit yang menyerang kakao secara alami.

Hal ini tidak pernah terpikirkan sebelumnya bukan?

Padahal selama ini kita beranggapan bahwa semut sendiri merupakan hama. Itulah salah satu hal yang menarik jika kita mengkaji seluk beluk kehidupan semut lebih mendalam. Di dalam biologi ada ilmu khusus yang mempelajari kehidupan serangga yaitu Entomologi.

Biologi berasal dari kata “Bios” yang berarti hidup dan “Logos” yang berarti ilmu pengetahuan. Jadi biologi adalah ilmu yang mengkaji dan mempelajari tentang mahluk hidup.

Ilmu pengetahuan yang paling dekat dengan kehidupan ialah Biologi, karena Biologi adalah bidang ilmu yang yang juga dengan ilmu ilmu lain seperti fisika, kimia dan geografi yang juga memiliki jangkauan yang luas dan termasuk bagian dari IPA.

Biologi merupakan cabang dari Ilmu Alamiah (Natural Sciences) bersama-sama dengan ilmu lain seperti Fisika, Kimia, Metereologi, Astronomi, Geologi dan Matematika.

Kalau dilihat dari asal usul istilah “Biologi” berasal dari bahasa Yunani yaitu 2 kata yaitu “bios” = hidup dan logi atau “logos” = ilmu.

Sehingga Biologi adalah cabang ilmu Alam yang mempelajari tentang seluk beluk kehidupan atau benda-benda yang masih hidup dan yang pernah hidup di permukaan bumi ini.

Sebagai ilmu yang mempunyai disiplin tersendiri, maka Biologi juga memiliki ruang lingkup pembicaraan tertentu. Ilmu ini dalam pengembangannya mempunyai hubungan yang sangat erat dengan berbagai ilmu lain.

Beberapa ilmu menjadi penunjang dasar adalah Matematika, Fisika, dan Kimia kemudian memberi dan menerima informasi dari Geologi, Sosiologi, Antropologi, Psikologi dan sebagainya.

Karena Biologi sebagai ilmu alamiah (Sains murni), maka dalam mempelajarinya sangat berkaitan dengan bidang ilmu alamiah lain serta ilmu terapan (teknologi).

Dibidang lain ilmu Biologi menjadi ilmu dasar (basic science) dari berbagai ilmu pengetahuan terpakai (applied science) seperti Kedokteran, Farmasi, Pertanian termasuk Perikanan, Peternakan, Kehutanan dan sebagainya.

Manfaat Biologi

Berkembangnya suatu ilmu diharapkan memberikan kontribusi kepada kesejahteraan bagi kehidupan. Perkembangan yang ada pada cabang-cabang biologi akan memberikan manfaat yang semakin besar pada kehidupan kita, seperti contoh di bawah ini, antara lain.

  1. Memberikan pemahaman lebih mendalam kepada diri seseorang yang dapat diterapkan sebagai dasar untuk meningkatkan taraf hidupnya.
  2. Memberikan pengetahuan akan berbagai sumber daya hayati yang bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan hidup manusia.
  3. Memberikan rangsangan pada manusia untuk melakukan diversifikasi pemanfaatan sumber daya hayati sehingga diperoleh sumber baru yang berbeda.
  4. Kita bisa melakukan konservasi terhadap sumber daya hayati agar tidak punah, manfaat dari pengetahuan dari biologi.

Ilmu biologi memiliki banyak manfaat, diantaranya:

1). Bidang Pertanian

Dalam bidang pertanian, ada banyak sekali penelitian biologi untuk meningkatkan hasil dan produktivitas tanaman pertanian, beberapa diantaranya yaitu pengolahan lahan, seperti rotasi tanaman, penaman tumpang sari, dan penyediaan bibit unggul dengan teknik penyilangan, mutasi buatan berbagai komoditi pertanian.

Disamping itu telah dikembangkan teknik-teknik pemberantasan hama secara terpadu dengan menggunakan musuh alami sebagai pengendalian biologi sehingga tidak merusak lingkungan.

Kemajuan yang pesat dalam bidang pertanian telah memberikan peningkatan kesejahteraan para petani, menanggulangi kekurangan pangan dan meningkatakan produktivitas komoditi hasil pertanian. Berikut ini contoh manfaat dari biologi dalam bidang pertanian:

  • Penemuan bibit unggul dan pola pemupukkan yang sesuai dapat meningkatkan produksi pertanian.
  • Diciptakannya jenis tanaman hasil budidaya yang bisa menghasilkan insektisida sendiri melalui rekayasa genetika contohnya adalah apel, pir, kol, brokoli, kentang, buah-buahan tanpa biji (semangka, pepaya, tanaman jeruk, anggur).
  • Dapat melakukan budidaya atau perbanyakan dari tanaman unggul dalam waktu singkat melalui teknik kultur jaringan tanaman unggul dalam waktu yang singkat (tanaman kelapa sawit, anggrek, pisang, wortel).

2). Bidang Industri Makanan

Dalam bidang industri, ada banyak penemuan biologi dari hasil penelitian yang memberikan sumbangan yang berarti bagi peningkatan produk industri, seperti industri pengolahan bahan pangan, industri farmasi, industri tekstil, industri pupuk dan sebagainya.

Pemanfaatan beberapa jenis mikroorganisme dalam industri makanan, sehingga makanan yang dihasilkan bersifat tahan lama, memiliki rasa yang disukai, serta memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

3). Bidang Kedokteran

Dalam bidang kedokteran dan kesehatan penelitian bidang biologi  telah memberikan bantuan yang sagant berarti dalam upaya mengobati berbagai penyakit menular serta mengurangi berkembangnya wabah penyakit.

Disamping itu teknik kedokteran modern telah memungkinkan pengobatan penyakit dalam dengan alat-alat bantuk yang canggih yang dapat mendeteksi penyakit serta mengobatinya, seperti dengan radiasi.

Begitu pesat kemajuan dalam bidang kedokteran , beberapa penyakit yang sulit diobati seperti tumor, kanker, penyakit jantung, sudah dapat ditanggulangi dengan penemuan teknik pengobatan modern tanpa operasi.

Berbagai obat-oabat telah ditemukan sebagai antibiotika dan Kemajuan dalam bidang mikrobiologi kedokteran molekuler telah memungkinkan produksi senyawa baru seperti insulin dengan penyisipan gen-gen pada bakteri Eschericia coli.

Kemajuan yang telah dicapai dalam bidang kedokteran pada akhirnya dapat memperpanjang rata-rata usia manusia, menurunkan angka kematian serta peningkatan gizi dan mempertinggi daya tahan tubuh.

Berikut ini merupakan contoh manfaat biologi dalam bidang kedokteran:

  • Ditemukan metode transplantasi atau pencangkokan organ bagi seseorang yang mengalami kerusakan atau disfungsi atau membutuhkan organ tubuhnya.
  • Dengan dipelajarinya berbagai macam virus (virologi) membantu manusia untuk menciptakan berbagai macam vaksin dari virus itu sendiri.
  • Penemuan teknik bayi tabung membantu masalah pasutri yang tidak memiliki keturunan.
  • Mikrobiologi kedokteran telah berhasil menemukan berbagai macam antibiotik untuk berbagai macam bakteri penyebab penyakit.

4). Bidang Peternakan

  • Dengan adanya ilmu fisiologi dan anatomi hewan ditemukan teknik inseminasi ataukawin suntik yang berfungsi untuk mendapatkan hewan ternak dengan kualitas yang baik serta produksi yang meningkat.
  • Teknik vertilisasi in vitro. Penjelasannya adalah menghasilkan embrio hewan ternak yang unggul yang bisa disimpan dalam jangka waktu yang tidak lama pada nitrogen cair dengan suhu 196oC dihasilkan di luar uterus dalam jumlah tertentu, dan kemudian dapat diimplantasikan ke induk betina tidak unggul dari spesies yang sama dengan demikian akan cepat diperoleh banyak ternak unggul.

Cabang-Cabang Biologi

Biologi memiliki ruang lingkup sangat luas karena menyangkut segala permasalahan kehidupan makhluk hidup. Sebagai suaha untuk memperdalam berbagai objek dan permasalahan tersebut, para biolog membuat kajian-kajian khusus sehingga muncul berbagai cabang biologi.

Dengan berkembangnya berbagai pendalaman ini, para biolog dapat menanggapi berbagai masalah biologi dengan lebih baik.

Biologi dibagi ke dalam berbagai cabang dapat digambarkan seperti keratan-keratan pada kue lapis. Coba kalian pahami secara saksama.

Keratan vertikal menggambarkan berbagai cabang biologi berdasarkan kelompok makhluk hidup yang dikajinya.

Sedangkan keratan horizontalnya menggambarkan cabang-cabang Biologi dengan berbagai cabang ilmunya memberika¬¬¬n banyak peluang karier atau pekerjaan bagi Anda.

Biologi sebagai ilmu hayati berkaitan erat dengan berbagai bidang pekerjaan yang berguna bagi masyarakat luas. Dengan perkembangan peradaban manusia, orang memperluas pengetahuannya dan mereka tertarik dalam bidang Biologi berdasarkan kebutuhan pribadi.

Mereka mulai meneliti berbagai benda untuk mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan hidup. Berikut ini disajikan beberapa cabang-cabang yang ada dalam ilmu biologi:

  1. Genetika

Genetika merupakan ilmu yang mempelajari tentang susunan gen, pengaruh gen dalam makhluk hidup, dan hukum pewarisan sifat serta rekayasa genetika.

  1. Taksonomi

Taksonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang pengelompokkan makhluk hidup.

  1. Zoologi

Zoologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang seluk-beluk serta perilaku binatang.

  1. Ornitologi

Ornitologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang seluk-beluk serta perilaku aves/burung.

  1. Limnologi
  2. Limnologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan di perairan darat atau perairan tawar.
  3. Sitologi

Sitologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang sel dan fungsi serta aktivitasnya.

  1. Enzimologi

Enzimologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang serba-serbi enzim dan nutrisi bagi makhluk hidup.

  1. Virologi

Virologi adalah ilmu yang mempelajari tentang serba-serbi, fungsi, dan aktivitas suborganisme seperti virus.

  1. Neurologi

Neurologi adalah ilmu yang mempelajari tentang saraf dan sistem saraf serta penyakit-penyakit yang berhubungan dengan saraf.

  1. Bioteknologi

Bioteknologi merupakaan ilmu yang mempelajari tentang fungsi penerapan proses biologi secara terpadu yang meliputi proses biokimia, mikrobiologi, rekayasa kimia untuk bahan pangan dan peningkatan kesejahteraan manusia.

  1. Radiologi

Radiologi adalah ilmu untuk melihat bagian dalam tubuh manusia menggunakan pancaran atau radiasi gelombang, baik gelombang elektromagnetik maupun gelombang mekanik.

  1. EKOLOGI

Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan ligkungannya.

  1. EVOLUSI

Sejarah perkembangan makhluk hidup dari tingkat rendah ke tingkat tinggi.

  1. PALAEONTOLOGI

Fosil dan hubungannya dengan sejarah bumi.

  1. ZOOLOGI

Dunia hewan

  1. BOTANI

Dunia tumbuhan

  1. MIKOLOGI

Jamur dan seluk beluknya

  1. MIKROBIOLOGI

Mikroorganisme/jasad renik dan seluk beluknya

  1. VIROLOGI

Virus dan seluk beluknya

  1. SITOLOGI

Struktur dan fungsi sel tubuh mahluk hidup

  1. HISTOLOGI

Struktur dan fungsi jarigan tubuh makhluk hidup

  1. MORFOLOGI

Struktur luar tubuh makhluk hidup

  1. ANATOMI

Letak dan struktur organ-organ tubuh makhluk hidup

  1. FISIOLOGI

Faal/fisiologi kerja organ-organ tubuh makhluk hidup

  1. TAKSONOMI

Pengelompokan/klasifikasi makhluk hidup

  1. EMBRIOLOGI

Perkembangan embrio dari zigot sampai janin beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya

  1. GENETIKA

Mekanisme dan hukum-hukum pewarisan sifat

  1. ORNITOLOGI

Burung atau bangsa unggas dan seluk beluknya

  1. MAMALIA

Hewan menyusui dan seluk beluknya

  1. ENTOMOLOGI

Serangga dan seluk beluknya

  1. HIGIENE

Kesehatan

  1. PATOLOGI

Penyakit-penyakit yang menyerang makhluk hidup

  1. BAKTERIOLOGI

Bakteri dan seluk beluknya

  1. PARASITOLOGI

Parasit dan seluk beluknya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *