Syarat Tumbuh Tanaman Jarak

Diposting pada

Tanaman jarak dengan nama latin jatropha curcas Linn merupakan tanaman yang berasal dari daerah Amerika Tengah. Tanaman ini dapat tumbuh di daerah tropis maupun subtropis.

Syarat Tumbuh Tanaman Jarak
Syarat Tumbuh Tanaman Jarak

Saat ini tanaman jarak telah tersebar ke beberapa daerah tropis seperti Asia Tenggara. Tanaman jarak merupakan tanaman yang masih satu famili dengan tanaman ubi kayu dan karet. Persebaran tanaman jarak ke berbagai wilayah menyebabkan terjadinya berbagai perbedaan variasi tanaman jarak.

Secara morfologi, tanaman jarak dapat dikenal melalui akar serabut dan bagian batang dari tanaman jarak merupakan batang berkayu dengan bentuk silinder dan mengeluarkan getah saat dipotong.

Tanaman jarak termasuk tanaman yang menggugurkan daunnya saat musim kering maka dari itu tanaman ini akan bisa beradaptasi bila ditanam pada tempat yang kering.

Batang tanaman jarak memiliki warna abu-abu atau coklat pucat dan tingginya bisa mencapai 5-10 m. Daun tanaman jarak merupakan daun tunggal berlekuk dengan bentuk bersudut 3-5 dan memiliki tulang menjari.

Pada tanaman jarak, bagian yang diambil biasanya adalaah bagian bijinya. Biji pada tanaman jarak dibungkus oleh buah dari tanaman jarak.

Buah ini menyerupai kapsul yang membungkus biji. Setiap buah dari tanaman jarak memiliki setidaknya tiga biji berwarna hitam.

Syarat Tumbuh Tanaman Jarak

Tahukan anda mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Jarak, penjelasannya di bawah ini, silahkan disimak ya :

1. Iklim

Unsur iklim sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman. Kekurangsesuaian antara beberapa faktor iklim tentu akan mempengaruhi produksi suatu tanaman. Beberapa unsur iklim yang harus dipenuhi antara lain suhu dan curah hujan.

Pada tanaman jarak, suhu yang akan membuat tanaman jarak berkembang secara optimal berkisar antara 11-38°C. Tanaman jarak tidak tahan terhadap suhu yang sangat dingin sehingga tanaman ini pun takkan sensitif terhadap panjang hari. Tanaman jarak merupakan tanaman yang dapat beradaptasi pada kondisi kering.

Curah hujan minimum yang diperlukan tanaman jarak agar dapat tumbuh bisa mencapai sekitar 600 mm per tahun.

Kendati dapat tumbuh di tempat kering, namun bila curah hujan mencapai dibawah 600 mm per tahun maka maka tanaman jarak akan menggugurkan daunnya dan bila ini terjadi secara berkepanjangan maka tanaman jarak akan mengalami stagnasi pertumbuhan. Curah hujan yang akan membuat tanaman jarak tumbuh dengan optimal berkisar antara 900-1200 mm per tahun.

Namun pada beberapa daerah, misal daerah Bogor yang memiliki curah hujan mencapai 3000 mm per tahun, tanaman jarak masih dapat tumbuh, namun bila iklim terlalu basah maka pertumbuhan bunga dan buah tanaman jarak akan berkurang.

2. Media tanam

Salah satu keuntungan dari tanaman jarak adalah tanaman ini dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah. Tanaman jarak dapat tumbuh pada daerah berbatu, berlereng, atau sepanjang saluran air.

Meskipun demikian, tanaman jarak akan memperoleh hasil biji yang optimal bila di tanam pada tanah dengan tekstur lempung berpasir.

Tanah dengan lahan ringan yang memiliki drainase serta aerasi yang baik juga akan membuat pertumbuhan tanaman jarak menjadi lebih optimal.

Tanaman jarak yang sudah tumbuh perakarannya akan toleran terhadap tanah masam atau tanah alkalin. Keasaman tanah yang sesuai untuk mendukung pertumbuhan tanaman jarak mencapai pH 5,5-6,5. namun tanaman jarak masih dapat ditanam pada tanah dengan pH mencapai 8,0

3. Ketinggian tempat

Tanaman jarak merupakan tanaman tropis dan subtropis yang akan tumbuh dengan baik bila ditanam pada tempat dengan ketinggian 0-1700 m di atas permukaan laut.

Bahkan tanaman jarak masih dapat tumbuh apabila ditanam pada tempat dengan ketinggian 2750 m di atas permukaan laut.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan dalam kesempatan kali ini mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Jarak. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jarak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *