Syarat Tumbuh Tanaman Tembakau

Diposting pada

Tembakau memang sudah sering kita jumpai dimanapun bahkan bisa juga ditanam di pekarangan rumah. Nyatanya tembakau kini telah menjadi barang komoditas yang sangat menjanjikan di pasaran.

Syarat Tumbuh Tanaman Tembakau
Syarat Tumbuh Tanaman Tembakau

Bagaimana tidak, coba hitung ada berapa merek rokok saat ini dan berapa ribu bungkus rokok yang habis dalam sehari. Pemandangan seperti itu memang telah menjadi lagu lama di negara kita ya.

Indonesia ternyata menjadi penghasil tembakau terbaik di dunia lho! Hebat kan? Sampai-sampai ada museum tembakau yang berada di Jember – Jawa Timur.

Hal ini menunjukkan bahwa tembakau bisa hidup dengan baik di tanah Indonesia, sehingga bisa menghasilkan tembakau terbaik bahkan sampai ke tingkat dunia.

Jika sudah seperti ini, rasanya tidak lengkap jika Anda tidak turut membudidayakan tanaman tembakau sendiri di pekarangan rumah atau di lahan yang lain.

Mengingat kebutuhan rokok semakin hari juga semakin bertambah, maka tembakau yang dibutuhkan pasti juga semakin besar. Di bawah ini ada syarat tumbuh tanaman tembakau yang bisa kamu cermati.

Syarat tumbuh tanaman tembakau

1. Iklim

Tembakau sangat tepat ditanam di daerah yang memiliki iklim hangat sekaligus kering seperti di Indonesia ini. Curah hujan yang dibutuhkan untuk menanam tembakau sekitar 1.500 sampai dengan 2.000 mm/tahun.

Saat merawatnya berikan pengairan yang cukup akan tetapi ketika hendak memanen sebaiknya tanpa air yang berlebihan.

Karena hal itu bisa menjadikan daunnya menjadi tipis dan mengelupas. Jadi ketika kamu ingin menanam tanaman tembakau ini, bisa dimulai pada musim penghujan. Nah ketika tiba pada musim kemarau bisa dipanen dan hasilnya akan lebih memuaskan.

2. Suhu

Tanaman tembakau ini sebenarnya sangat fleksibel untuk ditanam dimana saja. Karena hanya membutuhkan tempat dengan intensitas suhu udara antara 21-32 derajat Celcius saja. Ini berarti sebenarnya bisa kita tanam sendiri di rumah kan?

Selain itu jika kamu berada pada daerah yang bersuhu dingin juga bisa menanam tembakau ini, atau sebaliknya kamu berada pada daerah yang bersuhu panas sangat bisa menanamnya karena akan menghasilkan tembakau yang lebih baik.

3. Kelembaban

Berada pada daerah yang beriklim hangat namun kering, maka kelembaban yang dibutuhkan juga harus cukup. Cukup terkena sinar matahari sebab inilah nutrisi terbaik bagi si tembakau.

Jangan menanam tembakau pada daerah yang basah, sebab bisa jadi mematikan tanaman ini karena bisa menyebabkan mudah terkena hama dan daunnya akan menjadi tipis.

4. Media tanam

Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik pada lokasi  atau tanah yang mudah terkuras, seperti tanah lempung berpasir. Namun jika ingin tanaman ini tumbuh subur, bisa ditanam pada tanah gembur dan mudah mengikat air.

Karena tanaman tembakau ini sangat dipengaruhi oleh media tanamnya seperti apa. Jika dirasa cocok maka tembakau bisa tumbuh subur.

Seperti tembakau yang berwarna gelap itu biasanya juga ditanam di tanah yang gelap, namun sebaliknya tembakau berwarna cerah biasanya hidup di tanah yang berwarna cerah juga.

So, tentukan media tanam terbaik agar bisa menghasilkan tembakau harus yang terbaik juga. Siapa tahu ketika dijual harganya akan menjadi sangat istimewa.

5. Ketinggian tanah

Jangan khawatir tidak bisa menanam tembakau, karena tanaman ini bisa hidup pada daerah dengan ketinggian 200 sampai 3000 meter dpl. Nah bagi kamu yang di pegunungan sangat bisa menanamnya, apalagi kamu yang di dataran rendah sangat bisa banget.

Banyak warga yang menanam tembakau ini di tanah pegunungan yang berwarna merah dan terang. Karena di tanah ini biasanya akan mudah mengikat air dan bisa menjadi nutrisi tambahan si tembakau saat musim kemarau.

Sedikit tambahan bahwasannya tanaman tembakau juga bisa diberi pupuk agar bisa menghasilkan tembakau yang lebih baik. Usahakan memberi pupuk organik sebab akan menjaga kualitas tembakaunya juga.

Oke semoga artikel mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Tembakau bermanfaat ya, dan jangan lewatkan artikel-artikel selanjutnya. Selamat mencoba menanam tembakau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *