Pengertian Budidaya Tanaman

Diposting pada

Pengertian Budidaya Tanaman – Istilah budidaya sangatlah familiar di kalangan masyarakat Indonesia yang kebanyakan bermata pencaharian sebagai petani.

Pengertian Budidaya Tanaman
Pengertian Budidaya Tanaman

Pada umumnya, budidaya tanaman sering dikaitkan dengan pertanian yang butuh pengelolaan lahan dalam skala besar. Namun, pada faktanya tidak semua seperti itu.

Pengertian Budidaya Tanaman

Ada banyak pengertian dari istilah budidaya tanaman sesuai jenis-jenisnya. Pada artikel ini akan menjelaskan mengenai beberapa pengertian budidaya tanaman menurut para ahli.

1. Secara Umum

Budidaya adalah upaya yang tersusun secara terencana untuk dapat memelihara dan mengembangbiakan tanaman atau hewan agar tetap lestari sehingga dapat memperoleh hasil yang bermanfaat dan berguna dalam pemenuhan kebutuhan hidup manusia.

Contohnya yang marak dibudidayakan adalah tanaman, banyak sekali jenis tanaman yang bisa dibudidayakan mulai dari jenis tanaman pangan, sayuran, serta tanaman hias sehingga dengan membudidayakannya bisa mendapatkan suatu keuntungan.

2. Menurut Chairani Hanum dalam Buku Teknik Budidaya Tanaman

Menurut Chairani Hanum, budidaya tanaman merupakan suatu proses menghasilkan bahan pangan dan berbagai produk agroindustri lainnya.

Hal ini memanfaatkan sumber daya tumbuhan. Yang menjadi objek budidaya nya sendiri antara lain tanaman holtikultura, tanaman pangan dan tanaman perkebunan.

3. Menurut PP RI No 18 Tahun 2010 tentang Usaha Budidaya Tanaman

Budidaya tanaman adalah berbagai macam kegiatan pengembangan dan pemanfaatan sumber daya alam nabati yang dilakukan oleh manusia dengan menggunakan modal, teknologi ataupun dengan sumber daya lainnya untuk menghasilkan suatu produk berupa barang yang bisa memenuhi kebutuhan manusia.

4. Menurut Sunjian

Pengertian budidaya menurut Sunjuian pada tahun 2012 adalah hasil pertanian yang dilakukan masyarakat untuk mendapatkan hasil sebagai keputusan secara kolektif atau individu untuk memenuhi kebutuhan pokok manusia.

5. Budidaya Tanaman Pangan

Pengertian budidaya tanaman dalam bidang pangan adalah langkah-langkah membudidaya berbagai tanaman yang akan menjadi kebutuhan pokok atau kebutuhan dasar manusia untuk memenuhi berbagai nutrisi seperti karbohidrat, mineral, protein, vitamin dan sebagainya.

Tanaman pangan ini dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis yakni tanaman umbi-umbian (contoh tanaman budidaya : talas, singkong, ubi jalar & kentang), tanaman kacang-kacangan (contoh tanaman budidaya : kacant tanah, kacang hijau & kedelai) dan tanaman serelia atau biji-bijian (contoh tanaman budidaya : padi, jagung, gandum & sorgum).

6. Budidaya Tanaman Obat

Suatu kegiatan budidaya beberapa macam tanaman yang memiliki khasiat obat atau tanaman yang seringkali digunakan sebagai obat untuk mencegah penyakit maupun mengobati penyakit merupakan pengertian dari budidaya tanaman obat.

Beberapa jenis tanaman obat diantaranya seperti pepaya (mengobati malaria), jintan hitam, blustru, pegagan, urang aring dsb.

7. Budidaya Tanaman Sayuran

Selanjutnya adalah pengertian budidaya tanaman sayuran yang berarti serangkaian kegiatan budidaya tanaman yang digunakan untuk sayur dan lalapan.

Tanaman sayuran dapat dikelompokkan menjadi sayuran daun (contoh tanaman budidaya : sawi, kangkung, bayam, kubis), sayuran batang (contoh : rebung, kailan, asparagus), sayuran akar (wortel & lobak), sayuran umbi (kentang, bawang merah), sayuran bunga (bunga kol, brokoli), sayuran buah (tomat, cabe, labu) dan sayuran biji (kacang merah, ercis).

8. Budidaya Tanaman Hias

Terakhir, budidaya tanaman hias adalah proses budidaya berbagai tanaman yang banyak digunakan sebagai dekorasi baik untuk indoor ataupun outdoor. Contoh tanaman hias seperti pakis haji, mawar, melati, palem kipas, cemara dan sebagainya.

Istilah budidaya memiliki arti sebagai usaha yang dilakukan manusia yang bermanfaat dan memberikan hasil.

Sedangkan pengertian budidaya tanaman adalah serangkaian kegiatan atau usaha manusia untuk mengembangkan dan memanfaatkan sumber daya alam nabati dengan berbagai cara, modal, dan teknologi untuk menghasilkan berbagai komoditas tanaman seperti bahan pangan dan produk industry dalam bidang pertanian lainnya untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan lebih baik.

Petani bahkan dapat menanam tanaman baik itu tanaman pangan, sayur-sayuranan, buah-buahan, sampai dengan tanaman hias.

Dari membudidayakan tanaman maka petani bisa menjual hasil dari proses produksi pertaniannya serta mendapatkan penghasilan.

Manfaat budidaya tanaman yang paling penting dan utama ialah untuk produksi tanaman lebih meningkat baik dari segi jumlah maupun kualitas seperti tanaman lebih besar, lebih berat, lebih manis, tidak mudah rusak, dan lain-lain.

Misalnya budidaya tanaman mangga untuk menghasilkan mangga yang lebih besar dan  manis atau budidaya sayuran untuk mendapatkan sayuran yang memiliki kualitas terbaik.

Baca Juga : Cara Mencangkok Tanaman Mangga

Bukan berarti semua kegiatan bercocok tanam dapat dikatakan budidaya tanaman. Yang bisa dikategorikan sebagai budidaya tanaman  ialah jika komoditi yang dilibatkan dalam jumlah atau volume yang besar dan proses produksinya relatif beresiko tinggi.

Sehingga beberapa kegiatan seperti menanam sayuran di halaman rumah atau menanam bunga di kebun sekolah belum dapat dikategorikan budidaya tanaman.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian budidaya menurut beberapa ahli dan jenisnya beserta dengan contohnya secara singkat.

Berdasarkan pembahsan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa budidaya adalah kegiatan usaha yang dilakukan dengan perencanaan yang matang untuk memelihara dan mengembangbiakkan tanaman untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan. Semoga tulisan ini bisa memberikan pemahaman dan referensi mendalam bagi pembaca.

Baca Juga : Jenis Pestisida Tanaman Cabe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *