Syarat Tumbuh Tanaman Pinang

Diposting pada

Tanaman pinang atau dalam bahasa latin disebut sebagai Areca Catechu merupakan tumbuhan monokotil yang termasuk dalam famili tumbuhan palem-paleman. Tanaman ini memiliki buah berwarna orange kemerahan apabila telah masak dan berwarna hijau apabila masih mentah.

Syarat Tumbuh Tanaman Pinang
Syarat Tumbuh Tanaman Pinang

Buah pinang inilah yang biasanya digunakan sebagai bahan untuk menyirih para nenek moyang. Mereka akan membelah pinang dan meletakkannya pada selembar daun sirih dengan beberapa tambahan bahan lain yang dilipat, dan kemudian mereka kunyah.

Tradisi ini dipercaya bisa menyehatkan gigi dan mengobati masalah pencernaan. Selain itu pinang juga bisa dimanfaatkan menjadi pewarna kain dan bahan dasar pembuatan obat tradisional.

Oleh karena itu tak heran bila pinang termasuk dalam salah satu komoditas perdagangan internasional. Namun permintaan pasar yang tinggi tidak sebanding dengan jumlah produksi pinang di tanah air.

Hal ini dikarenakan masih sedikitnya petani yang membudidayakan tanaman pinang, padahal keuntungan yang diperoleh dari penjualan pinang cukup menjanjikan.

Syarat Tumbuh Tanaman Pinang

Bagaimana, Anda tertarik untuk budidaya tanaman pinang (Areca Cathecu) ini? Akan tetapi sebelum memulainya Anda harus memperhatikan beberapa syarat tumbuh tanaman pinang berikut ini, agar tanaman pinang yang Anda tanaman bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah pinang yang melimpah.

1. Iklim

Tanaman pinang merupakan salah satu tanaman yang cocok ditanaman pada kawasan yang memiliki iklim tropis dan subtropis. Dengan intensitas bulan basah 3 sampai 6 bulan setiap tahunnya, dan bulan kering selama 4 hingga 8 bulan per tahunnya.

Selain itu tanaman ini juga akan berkembang dengan baik apabila ditanam pada wilayah yang memiliki curah hujan selama 100 hingga 150 hari dalam setahun. Dan dengan intensitas curah hujan sebanyak 750 sampai 4.500 mm per tahunnya.

Kemudian tanaman pinang juga memerlukan penyinaran matahari yang cukup ya  sobat. Dengan intensitas penyinaran selama 6 hingga 8 jam dalam setiap harinya.

2. Suhu

Syarat tumbuh selanjutnya adalah suhu. Suhu yang cocok untuk tanaman pinang berkisar antara 20°C hingga 32°C. Apabila suhu yang ada melebihi batas maksimal dan batas minimal, maka akan menghambat perkembangan tanaman ini.

3. Kelembaban

Tanaman pinang akan tumbuh dengan baik dan optimal apabila ditanam pada tingkat kelembaban udara berkisar antara 50% sampai 90%.

Hal ini dikarenakan tingkat kelembaban yang rendah akan menghambat proses penyerapan unsur hara yang ada pada tanah, sehingga kebutuhan nutrisi tanaman kurang tercukupi.

Kemudian pH tanaman juga harus diperhatikan jika ingin tanaman pinang Anda tumbuh dengan baik. pH tanah yang baik untuk tanaman pinang berkisar antara 4 hingga 8, apabila melebihi batas tersebut maka akan berdampak pada pertumbuhan tanaman dan produktivitas buah pinang.

4. Media Tanam

Tanaman pinang sangat cocok ditanami pada lahan yang memiliki sistem drainase dan aerasi yang baik. Selain itu tanaman ini juga membutuhkan media tanam dengan solum tanah dalam yang tak memiliki lapisan cadas.

Dan jenis tanah yang baik digunakan untuk membudidayakan tanaman pinang adalah jenis tanah laterit, lempung merah, dan tanah aluvial

5. Ketinggian

Ketinggian lahan tanam yang dibutuhkan oleh tanaman pinang berkisar antara 0 hingga 1000 meter di atas permukaan laut.

Akan tetapi pertumbuhan tanaman ini akan lebih optimal jika ditanam di lahan yang berada pada ketinggian 600 meter di atas permukaan laut.

Nah, itulah beberapa syarat tumbuh tanaman pinang yang harus Anda perhatikan jika ingin membudidayakan tanaman ini. Semoga membantu dan mendapatkan hasil yang melimpah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *