30 Manfaat Tomat : Kandungan dan Efek Samping Untuk Kesehatan

Diposting pada

Tomat adalah buah yang sudah lama digunakan sebagai bumbu dalam masakan, tak terkecuali masakan di Indonesia.

30 Manfaat Tomat  Kandungan dan Efek Samping Untuk Kesehatan
30 Manfaat Tomat Kandungan dan Efek Samping Untuk Kesehatan

Manfaat tomat adalah salah satu alasan kenapa banyak yang membuat buah ini jadi favorit bagi orang yang sedang diet.

Kandungan Tomat

kandungan tomat bukan hanya terdapat pada daging buanya saja namun juga terdapat pada kulitnya. beberapa kandungan tomat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan adalah :

  1. Serat
  2. Vitamin C
  3. Kalium
  4. Vitamin K1
  5. Folat
  6. Kalsium
  7. Likopen
  8. Beta karoten
  9. Naringenin
  10. Asam klorogenik

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tomat memiliki kandungan yang melimpah, tentunya hal ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai manfaat tomat untuk kesehatan dan kecantikan yang harus anda ketahui :

1. Anti kanker

Tomat mengandung Likopen dalam jumlah tinggi, yang ternyata bisa menurunkan resiko terkena kanker pankreas, terutama bagi pria, sebanyak 31%.

Dikombinasikan dengan brokoli, Anda akan mendapatkan diet anti-kanker yang sehat.

2. Menjaga jantung tetap sehat

Potasium, Kalium, vitamin C, dan berbagai mineral lain dalam tomat akan sangat membantu dalam menjaga jantung Anda tetap sehat, dan membuat Anda bisa terhindar dari penyakit yang menyerang sistem kardiovaskular Anda.

3. Anti darah tinggi

Potasium yang tinggi dalam tomat juga akan membantu Anda menjaga tingkat tekanan darah Anda, membuatnya tetap berada dalam tingkat yang menyehatkan, dan tidak menembus batas.

4. Mengurangi rasa nyeri

Apakah Anda sering mengalami rasa nyeri di tubuh? Mungkin karena nyeri punggung ataupun arthritis?

Tomat bisa membantu Anda mengurangi nyeri tersebut, dengan kandungan karotenoid dan bioflavonoid. Kedua kandungan ini mampu membantu dalam peradangan dan sebagai penghilang rasa sakit.

5. Meningkatkan produksi ASI

Bagi ibu yang sedang menyusui, tomat bisa membantu memperbanyak produksi Air Susu Ibu, karena kandungan Likopen di dalamnya. Masak tomat lebih dahulu untuk memperoleh Likopen secara maksimal.

6. Memperkuat penglihatan

Beta karoten di dalam tomat, yang bertanggung jawab untuk memaksimalkan fungsi vitamin A di badan manusia, akan membantu Anda melihat lebih baik, dan juga mencegah terjadinya rabun senja.

Anda juga akan terjaga dari penyakit degenerasi kondisi mata yang disebut dengan makula, yang belum ada obatnya.

7. Makanan diet

Jika Anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, maka tomat adalah salah satu komponen makanan yang penting.

Kandungan serat dan air yang banyak akan membuat Anda cepat kenyang, tanpa harus menambah asupan kalori.

8. Melancarkan pencernaan

Tomat mempunyai banyak serat di dalamnya, yang akan membantu Anda dalam proses pencernaan. Demi kesehatan usus, konsumsi buah ini secara rutin.

9. Memperkuat tulang

Tidak hanya susu saja yang membuat tulang kuat, namun tomat pun mengandung banyak vitamin K, yang akan mencegah tulang mudah keropos. Konsumsi tomat, dan Anda akan terhindar dari osteoporosis.

10. Cegah diabetes

Tomat juga mengandung zat yang disebut dengan Kromium, yang sangat penting dalam membuat kadar gula dalam darah menjadi seimbang. Gula darah yang stabil akan membuat Anda tidak mudah kena diabetes.

11. Tabir surya

Tomat ternyata mampu mencegah kulit rusak karena sinar Ultraviolet matahari. Haluskan 1-2 buah tomat, lalu oleskan ke kulit Anda sebelum Anda pergi. Biarkan sampai 10-15 menit, lalu bilas sampai bersih.

12. Cegah jerawat

Takut timbul banyak jerawat di wajah? Bersihkan kulit wajah Anda dengan tomat yang mengandung banyak vitamin E.

Iris-iris tomat, tempelkan ke kulit yang berjerawat, dan biarkan kurang lebih 30 menit, lalu bilas. Lakukan dengan teratur, dan wajah akan kembali halus.

13. Mengurangi minyak di kulit

Untuk Anda yang punya kulit berminyak, masker dari tomat bisa jadi solusinya. Iris tomat seperlunya, tempelkan di kulit yang banyak mengandung minyak, tunggu 10-15 menit, lalu bilas. Agar lebih efektif, lakukan di pagi dan malam hari.

14. Mengatasi kerontokan di rambut

Kalau Anda mempunyai akar rambut yang lemah, vitamin A di dalam tomat akan membantu memperkuatnya, sekaligus membuat rambut lebih sehat berkilau.

Anda bisa melakukannya dengan sering memakan tomat mentah, atau keramas menggunakan jus tomat.

15. Atasi komedo

Kalau Anda melihat ada noda atau bintik-bintik hitam di wajah, hilangkan minyak dan sel kulit yang mati dengan masker tomat.

Tempelkan irisan tomat di bagian wajah yang kena komedo, dan biarkan 30 menit. Bilas, dan lakukan dengan rutin.

16. Mencerahkan kulit

Vitamin C di wajah akan membuatnya lebih cerah dan mengurangi kusam. Iris tomat, dan gosokkan irisan tersebut ke setiap bagian wajah dengan merata.

Biarkan kering dan bilas. Lakukan ini seminggu sekali, dan lihat kulit makin bersinar.

Masih banyak lagi manfaat tomat yang bisa Anda gunakan, seperti mengatasi luka bakar, memutihkan kulit, sebagai kondisioner dan anti-ketombe, dan masih banyak lagi.

Tomat tak hanya berfungsi sebagai makanan saja, tetapi juga sebagai bahan alami sumber kesehatan.

Efek Samping Tomat

Ternyata bukan hanya kesehatan dan kecantikan saja yang bisa didapat dari mengosumsi buah tomat. Tomat juga bisa menyebabkan efek samping yang mengerikan bila dikosumsi secara tidak tepat dan berlebihan.

Dibawah ini adalah rangkuman beberapa efek samping tomat bila dikosumsi secara berlebihan :

1. Nyeri sendi

Menurut beberapa studi yang telah dilakukan, mengosumsi tomat secara berlebihan bisa mneyebabkan nyeri dan pembengkakan.

Hal ini dikarenakan tomat memiliki kandungan yang tinggi akan racun solanin yang merupakan salah satu senyawa yang bisa membangun kalium didalam sebuah jaringan.

Apabila jumlah didalam tubuh berlebihan maka akan bisa menyebabkan neri dan juga peradangan.

Dilansir dari Medical Daily, efek samping paling umum saat mengonsumsi tomat berlebihan adalah pembengkakan dan nyeri.

2. GERD

Kandungan berupa asam sitrat dan malat yang dimiliki buah tomat ketika kandungan tersebut terlalu banyak berada didalam tubuh maka dapat menyebabkan gastroesophageal reflux disease (GERD).

Hal ini dikarenakan kandungan tersebut mampu menambah jumlah asam lambung semakin tinggi yang biasanya digunakan lambung untuk mengelolah dan mencacah bahan makanan yang masuk.

Oleh sebab itu bagi yang memiliki penyakit atau masalah lambung sangat tidak didarankan untuk memakan dan mengosumsinya.

3. Likopenodermia

Likopen merupakan kandungan pigmen karotenoid yang terdapat didalam buah tomat. kandungan tersebut berfungsi sebagai meningkatkan kesehatan jantung dan dapat digunakan untuk melindungi kita dari terkena penyakit  kardiovaskular lainnya.

namun perlu diperhatikan ketika kita mengosumsi buah tomat secara berlebihan maka kandungan tersebut akan menumpuk dan akan keluar kedalam tubuh yang berakibat terjadinya perubahan kulit.

Untuk menghindari akan hal tersebut disarankan untuk memakan buah tomat tidak lebih dari 75 miligram tomat per hari untuk mencegah terkenyanya gejala ataupun penyakit likopenodermia.

4. Reaksi alergi

Tomat memiliki kandungan histamin yang cukup tinggi, dimana kandungan tersebut mampu meningkatkan kekebalan tubuh dari ancaman eksternal.

Terlalu banyak memakan buah tomat menjadikan kandungan ini memiliki efek negatif karena bisa menyebabkan ruam dan reaksi alergi.

Demikianlah ulasan kali ini yang membahas mengenai 30 Manfaat Tomat : Kandungan dan Efek Samping Untuk Kesehatan. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *