Syarat Tumbuh Tanaman Jeruk Nipis

Diposting pada

Tanaman jeruk nipis sudah lama tumbuh di Indonesia. Tanaman ini ditanam di halaman, dibudidayakan ataupun tumbuh secara liar.

Syarat Tumbuh Tanaman Jeruk Nipis
Syarat Tumbuh Tanaman Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang memiliki nama latin citrus aurantifolia termasuk dalam tanaman yang dapat tumbuh sepanjang tahun, namun tanaman ini tergolong pada tanaman yang lama tumbuh.

Tanaman jeruk nipis akan tumbuh berbuah baru ketika berusia 2,5 tahun setelah ditanam. Tanaman jeruk nipis memiliki nama yang berbeda-beda tergantung tempatnya.

Di daerah Sunda tanaman ini masih dikenal dengan nama jeruk nipis namun di beberapa daerah lain di Jawa tanaman jeruk nipis dikenal dengan jeruk pecel, sedangkan di Aceh nama tanaman jeruk nipis adalah kelangsa dan di daerah Kalimantan nama tanaman jeruk nipis berganti menjadi lemau nepi. Di negara Inggris, tanaman jeruk nipis dikenal dengan nama lime.

Tanaman jeruk nipis tergolong dalam tanaman perdu namun dapat menghasilkan buah dengan nama yang sama. Buah dari tanaman jeruk nipis memiliki bentuk yang bulat dan kulitnya berwarna hijau dan daging buahnya memiliki rasa asam dan banyak mengandung air.

Kualitas dari jeruk nipis dapat diketahui dari tekstur kulit buah jeruk nipis. Semakin tipis kulit dari buah jeruk nipis maka semakin banyak air yang ada pada daging buah jeruk nipis.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Jeruk Nipis

Syarat Tumbuh Tanaman Jeruk Nipis

Untuk memperoleh tanaman jeruk nipis yang subur dan produktif, diperlukan lingkungan yang sesuai agar tanaman jeruk nipis bisa tumbuh subur. Syarat Tumbuh Tanaman Jeruk Nipis antara lain;

1. Iklim

Tanaman jeruk nipis memerlukan tanah yang lembap untuk membantu perkembangan bunga dan buah. Untuk inilah dibutuhkan bulan basah setidaknya 5-6 atau 9-7 bulan dengan curah hujan sekitar 1000-1500 mm per tahun agar tanah tetap lembap, terutama pada bulan Juli-Agustus tanaman jeruk nipis sangat memerlukan air.

Selain curah hujan dengan bulan basah, faktor iklim lain yang memengaruhi pertumbuhan tanaman jeruk nipis adalah suhu.

Tanaman jeruk nipis akan bisa tumbuh pada tempat dengan suhu 25-30ºC namun tak menutup kemungkinan tanaman jeruk nipis tumbuh di tempat dengan suhu 38ºC.

Ketika tumbuh, tanaman jeruk nipis membutuhkan kelembapan udara sekitar 70-80% dengan sinar matahari penuh karena tanaman jeruk nipis tak menyukai tempat yang terlindungi dari sinar matahari.

Kecepatan angin dapat ditahan oleh tanaman jeruk nipis berkisar antara 40-48% karena lebih dari itu maka bunga dan buah tanaman jeruk nipis akan rontok.

2. Media tanam

Tanaman jeruk nipis memang membutuhkan banyak air untuk tumbuh, namun tanaman ini dapat ditanam pada tempat dengan kemiringan 30º.

Untuk jenis tanah yang sesuai ditanami tanaman jeruk nipis, tanaman ini akan tumbuh dengan baik bila ditanam di tanah lempung berpasir yang memiliki cukup humus dengan tata air dan udara yang juga baik.

Air tanah yang optimal berada pada kedalaman 150-200 cm di bawah permukaan tanah karena kedalaman perakaran yang baik untuk tanaman jeruk nipis berkisar antara 40 cm dari permukaan tanah.

Selain memiliki cukup humus, tanaman jeruk nipis akan tumbuh di tempat yang memiliki kesuburan sedang hingga tinggi.

Tanaman jeruk nipis memerluka tempat dengan keasaman tanah atau pH sekitar 4,0-9,0 namun akan tumbuh dengan lebih optimal bila ditanam pada tempat dengan pH 6,0.

3. Ketinggian tempat

Tanaman jeruk nipis menyukai tempat yang tersinari oleh matahari langsung. Tempat tumbuh tanaman jeruk nipis biasanya berada pada ketinggian 200-1300 m di atas permukaan laut.

Demikianlah yang bisa kami sampaikan dalam permasalahan ini mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Jeruk Nipis. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jeruk Nipis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *