Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Binahong

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Binahong – Tanaman binahong atau Anredera cordifol merupakan tanaman obat-obatan yang diketahui berasal dari negara Cina.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Binahong
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Binahong

Di negara asalnya, untuk tanaman ini disebut juga ‘dheng san chi’ dan untuk di dunia internasional, maka tanaman ini bernama ‘hearthleaf madeiravine’.

Anda mungkin sangat sering melihat tanaman ini sebagai sebuah gondola yang sering sekali digunakan sebagai sebuah gapura, melingkar di atas sebuah jalan taman, karena sifat dari tanaman ini menjalar.

Tanaman Binahong ini sangat berpotensi sebagai sebuah tanaman obat yang bisa mengatasi berbagai macam jenis penyakit.

Bagian yang paling sering dimanfaatkan untuk pengobatan yaitu akar, batang, daun, serta bunga yang telah menempel pada ketiak daun.

Manfaat daun tanaman binahong untuk kesehatan yaitu untuk bisa menyembuhkan penyakit diabetes, tifus, stroke, radang usus, sariawan, dan lain sebagainya.

Dengan banyak manfaat yang bisa Anda gali dari tanaman ini, maka tidak ada salahnya untuk Anda mengenal lebih tanaman Binahong.

Klasifikasi Tanaman Binahong

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Caryophyllanae
ORDO : Caryophyllales
FAMILI : Basellaceae
GENUS : Anredera Juss.
SPESIES : Anredera cordifolia (Ten.) Steenis

Morfologi Tanaman Binahong

1. Morfologi Daun Bihanong

Daun tanaman binahong ini yaitu daun tunggal dengan sebuah tangkai yang sangat pendek atau subssile. Pertulangan dari daun ini menyirip, serta letak dari daun ini tersusun berselang seling.

Bentuk daun tanaman binahong seperti jantung atau cordata. Tanaman ini  mempunyai warna hijau muda, berukuran panjang kira-kira sekitar 5 – 10 cm dan lebar kira-kira sekitar  3 – 7 cm.

Helaian daun tanaman ini cukup tipis dan lemas, pada bagian ujung daunnya terlihat meruncing serta pangkal berbelah, tepi daun tanaman ini rata ataupun kadang bergelombang, dan bagian dari permukaan daun halus serta licin.

2. Morfologi Rhizoma Bihanong

Rhizoma merupakan batang serta daun yang biasanya terdapat di dalam tanah. Tanaman binahong mempunyai rhizoma yang tumbuh secara mendatar serta bercabang-bercabang.

Tunas tanaman ini bisa tumbuh dari ujung rhizoma ini dan bisa merupakan suatu tumbuhan baru. Rhizoma ini bukanlah akar, tetapi melainkan sebuah penjelmaan dari batang serta berfungsi sebagai tempat dari cadangan makanan serta alat perkembangbiakan.

Rhizoma ini terlihat beruas-ruas ataupun berbuku-buku, dan berdaun, tetapi untuk daunnya tersebut berubah menjadi sisik-sisik.

Rhizoma tanaman binahong ini memiliki kuncup-kuncup, dan diketahui tumbuhnya tidak ke pusat bumi ataupun air, terkadang untuk tumbuh ke atas muncul dari permukaan tanah.

3. Morfologi Akar  Bihanong

Tanaman binahong mempunuai akar tunggang yang berdaging lunak serta mempunyai warna cokelat kotor.

4. Morfologi Bunga Bihanong

Bunga tanaman binahong yaitu bunga majemuk yang terlihat berbentuk tandan ataupun malai panjang. Bunga tanaman binahong ini bertangkai panjang, terlihat muncul di ketiak daun, dan mahkotanya mempunyai warna putih sampai krem.

Mahkota bunga berjumlah 5 helai dan tidak berlekatan. Panjang dari mahkota sekitar 0,5 – 1 cm dan mempunyai aroma yang wangi.

Manfaat Tanaman Binahong

1. Mengobati batuk

Dengan meminum air rebusan dari daun tanaman binahong ini ternyata bisa mengobati batuk. Sebab dalam ramuan daun tanaman ini terdapat sebuah senyawa antibakterial yang bisa untuk membunuh kuman ataupun bakteri penyebab dari batuk.

Baik batuk berdahak ataupun yang tidak berdahak, Anda bisa mengatasinya dengan cara meminum rebusan daun tanaman binahong.

2. Mengobati Maag

Daun tanaman binahong itu sangat terkenal dengan khasiat yang baik untuk sebuah sistem pencernaan, salah satunya yaitu untuk mengobati sakit maag.

Penyakit yang terjadi ini karena asam lambung yang berlebih ini bisa Anda sembuhkan dengan rutin mengonsumsi daun tanaman binahong.

Selain akan bisa mengembalikan asam lambung supaya bisa menjadi normal kembali, daun tanaman ini juga  mempunyai antioksidan yang sangat efektif menangkal radikal bebas yang ada pada tubuh.

3. Mengatasi Kolesterol

Daun tanaman binahong bisa dipercaya bisa mengatasi kolesterol jahat yang ada pada tubuh. Daun tanaman ini akan bisa menetralisir kandungan kolesterol jahat yang biasa terdapat pada pembuluh darah.

Dengan meminum air rebusan daun tanaman binahong ini secara rutin, maka kolesterol jahat yang biasa ada pada tubuh Anda akan hilang dengan sendirinya.

4. Mencegah Diabetes

Walaupun bukan termasuk dari kategori penyakit ganas, maka penyakit diabetes ini tetap saja akan membahayakan para penderitanya.

Belum ada obat yang bisa untuk menyembuhkan diabetes secara total. Anda hanya bisa untuk mengendalikan kadar gula darah supaya tidak menimbulkan komplikasi.

Tanaman ini mengandung senyawa alkaloid yang mempunyai sifat hipoglikemik, daun tanaman binahong ini dipercaya bisa membantu menurunkan kadar gula darah secara optimal.

Selain untuk menurunkan kandungan alkaloid, maka gula darah ini juga bisa untuk tetap stabil pada penderita diabetes mellitus.

Inilah klasifikasi dan morfologi tanaman Binahong serta manfaat yang bisa Anda ketahui. Banyak sekali manfaat yang dihasilkan oleh tanaman ini untuk kesehatan tubuh manusia. Jika Anda berminat untuk menanam tanaman ini maka Anda sudah  mengetahui dengan pasti seputar tanaman ini.

Baca Juga : Syarat Tumbuh Tanaman Binahong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *