Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Hijau

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Hijau – Anda pasti tahu tauge kan, tidak mungkin jika anda tidak mengetahuinya. Karena tauge merupakan bahan makanan yang umum kita jumpai di menu makanan kita.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Hijau
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Hijau

Jika anda penggemar masakan rawon, anda pasti menemukannya sebagai pendamping. Taug e juga banyak dijadika campuran tumisan dengan sayur-sayur lainnya.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Kacang Hijau

Enak sekali pastinya. Selain enak, tauge juga merupakan bahan makanan sehat yang kaya akan vitamin E yang baik untuk tubuh anda.

Lalu, apa sebenarnya touge ini? Bentuknya kecil-kecil seperti kecebong, berwarna putih susu, terkadang agak kekuningan, rasanya juga enak dan segar.

Bagi anda yang belum tahu, sebenarnya tauge adalah kecambah dari tanaman kacang hijau, walaupun ada juga tauge yang berasal dari biji tanaman kedelai, tapi yang umumnya kita temui adalah yang berasal dari kacang hijau. Tauge merupakan kacang hijau yang sengaja di buat berkecambah untuk di konsumsi.

Selain tauge, kacang hijau juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan lainnya. Tak kalah enak, kacang hijau yang masih berbentuk biji sering di jadikan bubur dan banyak dijajakan oleh pedagang keliling.

Kacang hijau juga banyak dijadikan isian onde-onde. Beberapa orang bahkan menjadikan kacang hijau untuk jadi campuran sayur.

Tanaman yang di percaya berasal dai India ini juga memiliki banyak khasiat lho,

Pertama, karena kacang hijau kaya akan mineral seperti kalsium dan fosfor maka kacang hijau berperan penting dalam pembentukan serta penguatan tulang dan gigi.

Kedua, karena kacang hijau juga mengandung banyak protein yang berperan dalam pembentukan dan regenerasi sel-sel tubuh kita.

Ketiga, kandungan lemak tak jenuh di kacang hijau yang mencapai 73% dapat membantu anda menjaga kesehatan jantung anda. Keempat, kacang hijau baik untuk vitalitas pria karena mengandung banyak vitamin contohnya adalah B1.

Lalu, kacang hijau yang enak dan sehat ini seperti apa sih bentuk tanamannya? Mari kita simak bersama – sama

Klasifikasi Tanaman Kacang Hijau

  • Kingdom : Plantae (tumbuhan)
  • Divisi : Spermatophyta (tumbuhan berbiji)
  • Subdivisi : Angiospermae (tumbuhan berbiji tertutup)
  • Kelas : Dicotyledonae (biji berkeping dua)
  • Ordo : Laguminales
  • Famili : Leguminosae (Polong-polongan)
  • Genus : Phaseolus
  • Spesies : Phaseolus aureus

Morfologi Tanaman Kacang Hijau

1. Morfologi Akar

Akar tanaman kacang hijau merupakan akar tunggang yang panjangnya sekitar 15-20 cm. Karena tanaman kacang hijau ada di keluarga Leguminosae (polong-polongan) maka di akarnya dapat ditemukan bintil – bintil akar (nodula) yang berfungsi mengikat nitrogen. Sehingga bisa menyuburkan tanah.

Akar cabang pada tanaman kacang hijau banyak  yang menyebar di dekat permukaan tanah (mesophytes) ada pula yang pertumbuhan akar cabangnya memanjang ke dalam tanah (xerophytes).

2. Morfologi Batang

Tanaman kacang hijau tidak tumbuh tinggi. Tipe pertumbuhannya ada tegak dan menjalar. Tingginya hanya sekitar 30 cm – 110 cm dengan diameter 2 mm – 5 mm.

Walaupun begitu, tanaman ini tumbuh tegak dan percabangannya menyebar ke segala arah. Ciri-ciri fisik yang tampak dari batang tanaman kacang hijau salah satunya adalah batangnya memiliki bulu – bulu halus dan ukuran batangnya kecil. Batang tanaman kacang hijau juga memiliki buku-buku dan berwarna hijau, kecoklatan atau kemerahan.

3. Morfologi Daun

Tipe daun tanaman kacang hijau adalah daun majemuk. Dalam setiap tangkai daun, terdapat iga helai anak daun yang letaknya berseling-seling. Tanaman kacang hijau daunnya berbentuk oval dengan bagian ujung yang meruncing.

Buku-buku tanaman kacang hijau mengeluarkan satu tangkai daun. Kecuali pada daun pertama setelah perkecambahan, daunnya saling berhadapan dan merupakan daun tunggal.

4. Morfologi Bunga

Tanaman kacang hijau memiliki bunga yang bentuknya seperti sayap kupu-kupu dengan diameter 1 cm -2 cm dan berwarna kuning.

Bunganya juga tergolong bunga sempurna karena memiliki putik dan benang sari. Letak bunga tanaman kacang hijau adalah di ketiak daun.

Lalu, dari setiap tandan bunga ini, terdapat 5 hingga 25 kuntum bunga. Sedangkan setiap tandan bunga panjangnya pun berbeda – beda mulai dari 2 cm hingga 20 cm.

Karena bunganya sempurna, penyerbukan terjadi pada malam hari sebelum bunga mekar. Lalu, pagi harinya bunga akan mekar, namun akan layu di sore hari.

5. Morfologi Buah

Kacang hijau merupakan buah yang berbentuk polong. Panjang dari setiap polong bervariasi mulai dari 10 – 15 cm. Dalam setiap polongnya, terdapat 6 hingga 16 butir biji.

Seperti namanya, kacang hijau memiliki biji yang berwarna hijau dengan bobot 0,5 mg – 0,8 mg per bijinya. Kacang hijau berkerabat dekat dengan kacang merah (P. vulgaris L) dan  kacang kapri (Pisum sativum L).

Buah tanaman hijau mirip seperti buncis hanya saja lebih ramping. Polongnya berwarna hijau saat muda, lama – kelamaan polong akan berangsur berubah warna menjadi kecoklatan dan kehitaman, polongnya juga memiliki bulu-bulu halus.

Baca Juga : Syarat Tumbuh Tanaman Kacang Hijau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *