Syarat Tumbuh Tanaman Wortel

Diposting pada

Wortel tentu sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Mulai dari dikelola menjadi minuman, untuk campuran lauk bahkan sebagai bahan campuran kue.

Syarat Tumbuh Tanaman Wortel
Syarat Tumbuh Tanaman Wortel

Bila dilihat dari asal usulnya, tanaman wortel sebenarnya bukan merupakan tanaman asli dari Indonesia. Tanaman wortel pertama kali ditemukan tumbuh dengan liar lalu dibudidayakan di daerah Laut Tengah.

Budidaya tanaman wortel kemudian menyebar ke berbagai wilayah seperti Eropa, Afrika dan Asia yang terkenal dengan daerah pertaniannya.

Syarat Tumbuh Tanaman Wortel

Tanaman wortel yang sehat tentu tumbuh di tempat yang ideal. Agar tanaman ini tumbuh dengan sehat, terdapat beberapa Syarat Tumbuh Tanaman Wortel yang harus dipenuhi dalam proses menanam tanaman wortel. Beberapa Syarat Tumbuh Tanaman Wortel tersebut antara lain;

1. Iklim

Syarat tumbuh iklim meliputi beberapa bagian yaitu curah hujan, suhu atau temperatur serta sinar matahari. Curah hujan biasanya akan memengaruhi ketersediaan air tanah.

Ketersediaan air tanah tentu menjadi salah satu hal penting bagi pertumbuhan tanaman tak terkecuali tanaman wortel. Tanaman wortel yang tumbuh pada tempat dengan iklim basah dan agak basah.

Tanaman yang tumbuh pada tempat yang dingin dan lembab ini membutuhkan curah hujan berkisar antara 1,5-4,5 bulan kering dalam satu tahun.

Suhu harian yang dibutuhkan agar tanaman wortel dapat tumbuh mencapai 15-21ºC. Bila suhu udara pada sekitar tempat tumbuh tanaman wortel terlalu tinggi, maka umbi yang dimiliki oleh tanaman wortel akan tumbuh sangat kecil dan memiliki warna yang pucat.

Sebaliknya, bila suhu yang dimiliki terlalu rendah atau sangat dingin, maka umbi tanaman wortel akan tumbuh sangat panjang namun berbentuk kecil.

Tanaman wortel merupakan tanaman yang bisa ditanam baik pada musim kemarau maupun musim hujan. Dalam proses pertumbuhannya, tanaman wortel membutuhkan penyinaran matahari sekitar 9-10 jam.

Proses pembentukan umbi pada tanaman wortel akan semakin cepat tumbuh bila intensitas penyinaran yang diterima oleh tanaman wortel semakin lama.

2. Media tanam

Tanah akan memengaruhi pertumbuhan tanaman karena tanaman mengambil unsur hara untuk yang akan menunjang pertumbuhan tanaman. Karena itulah perlu diperhatikan pula jenis tanah yang akan ditanami tanaman.

Bagi tanaman wortel, tanah yang sesuai untuk ditanami adalah tanah yang gembur, subur, banyak mengandung unsur hara dan memiliki tata air yang baik sehingga air tidak akan menggenang.

Tanah jenis andosol yang menjadi salah satu tanah yang terkenal untuk ditanami tanaman pertanian. Tanah andosol merupakan tanah dari daerah pegunungan yang memiliki warna hitam atau gelap kecoklatan. Tanah ini kaya akan unsur organik dan memiliki lapisan humus.

Kedua unsur tersebut merupakan unsur yang dibutuhkan tanaman wortel untuk tumbuh. Sehingga tanah jenis andosol sesuai bila ditanami tanaman wortel.

Selain unsur hara, faktor lain yang memengaruhi pertumbuhan dari tanaman wortel dapat dilihat dari keasaman tanah. Pada tanaman wortel, keasaman tanah yang bisa membuat tanaman wortel tumbuh berkisar antara 5,5-6,5 namun akan lebih optimal apabila tingkat keasaman yang dimiliki oleh tanah mencapai 6,0-6,8.

Bila tanaman wortel ditanam pada tanah dengan pH atau keasaman tanah kurang dari 5,0 maka pembentukan umbi akan sedikit mendapat kesulitan.

3. Ketinggian tempat

Tanaman wortel pada umumnya dapat tumbuh bila ditanam di dataran tinggi. Tanaman wortel dapat ditanam pada tempat dengan ketinggian 1000-2000 m di atas permukaan laut.

Namun tanaman ini sebenarnya masih dapat tumbuh bila ditanam pada tempat dengan ketinggian di atas 500 m di atas permukaan laut, hanya saja tanaman wortel tidak akan tumbuh dengan maksimal.

Nah demikianlah yang bisa saya sampaikan mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Wortel. Semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *